Super SUV? Penjelajah bermesin monster…

Hihihi… kali ini gw cukup tergelitik untuk mengulas tentang Super SUV hiiihihihihi…. soalnya belum ada media massa yang membahas kelas yang satu ini hihihihi… padahal faktanya udah dari dulu yang namanya Super SUV ini ada lho hihihihiiii….. (udah ah, kayak orang gila)

So… yang namanya Super SUV ini memang udah mulai ada sejak tahulamborghini-lm002-front-1_149n1980, produsen supercar asal Itali, Lamborghini mendapat pesanan dari seorang bangsawan timur tengah untuk menciptakan sebuah supercar yang bisa menjelajah 2 alam. Mimpi itu terwujud di tahun 1983 bernama Lamborghini LM002. Dengam bodi yang mengotak layaknya Humvee andalan Tentara AS di dalamnya terdapat mesin V12 5167CC yang meledakkan 444HP milik supercar Countach. Platformnya juga dari frame tubular dengan bodi alumunium, bahkan LM002 juga dipesan oleh Tentara Arab Saudi dan Tentara Libya untuk kepentingan militer. Produksi LM002 kemudian dihentikan pada tahun 1993 dan segmen super SUV menjadi kosong sejak tahun tersebut.

Saat luxury SUV cayenneturbos_1-thumb-500x375alias mid-size SUV sedang ramai-ramainya digandrungi karena kemewahannya dan keandalannya di off-road. Salah satu produsen sportscar ternama Porsche tertarik membuat SUV bertenaga. Sontak hal ini membuat berbagai kalangan otomotif bertanya-tanya, seperti apakah rupa SUV yang dibuat sportscar itu. Pada tahun 2002 setelah berbagai bocoran spyshot yang mulai beredar di internet akhirnya Porsche mengeluarkan produknya bernama Cayenne berbasis VW Touareg, saat itulah mulai kembali kebangkitan Super SUV. Kemudian Porsche mengeluarkan Cayenne Turbo 4800cc V8 bertenaga 500HP, melihat penjualannya yang  cukup signifikan Porsche akhirnya mengeeluarkan lagi varian yang lebih bertenaga yaitu Cayenne Turbo S yang bertenaga 550HP. Bahkan Porsche-pun bakal mengeluarkan Cayenne Hybrid untuk mendukung varian Cayenne lain.

Melihat kesuksesan Cayenne, produsen mobil lainnya kepincutrange_rover_sport_limited untuk mengeluarkan varian Super SUV. Land Rover langsung melakukan riset Super SUV berbasis Range Rover. Setelah berbagai spyshot hasil para fotografer digelontorkan di internet, akhirnya mobil misterius ini berhasil dirilis. Bernama Range Rover Sport, dengan muka yang sangat gahar layaknya supercar. Modalnya kehandalan Tradisi 4X4 ala Land Rover dan keganasan mesin Jaguar AJ-V8 4200cc yang dapat memuntahkan tenaga 450HP, Land Rover turut mengambil kue penjualan Porsche.

Mercedes-Beml63_amg1nz mulai ikut-ikutan di segmen ini, setelah M-Class mereka baru difacelift . Langsung mereka boyong M-Class mereka untuk diriset oleh Tuner Product mereka, AMG. Alhasil M-Class lebih poweful dengan mesin 6200cc V8 510HP, body kit ala AMG turut disematkan guna meningkatkan kemampuan. Mobil bernama ML 63 AMG mulai diperkenalkan di New York International Auto Show mengingat pangsa pasar M-Class di AS cukup besar.

Volvo pun sempat membuat konsexc90puv04_03_w8002p Super SUV berbasis XC90 di tahun 2004 bernama Volvo XC90 PUV. PUV? PUV adalah singkatan dari Power Utility Vehicle. Disebut begitu lantaran jantungnya berkapasitas V8 yang meletupkan 650HP, body kit-nya juga cukup gahar. Dilaburi pula dengan cat merah menyala ala Ferrari dengan label tameng berwarna kuning dengan gambar rusa kutub di kiri dan kanan body depan. Sayang ini cuma konsep, huuuhh…..

Perusahaan induk Potouaregw121rscvw-touareg-r50-preview-bighe, Volkswagen juga kepincut buat Super SUV. Generasi pertamanya direalisasikan dengan VW Touareg W12 berkapasitas 6000 cc bertenaga 444 hp dengan torsi 599Nm. Hanya saja dengan body kit yang simpel tidak dapat membuat semua mata tertuju padanya. Kemudian VW memperbaikinya dengan mengeluarkan Touareg R50 buatan divisi R dari VW yang terkenal. Mesinnya pun benar-benar revolusioner, V10 TDI Diesel bertenaga 350HP, walau tenaganya lebih rendah namun torsinya sangat besar yaitu 850Nm. Torsi ini jauh lebih besar daripada Touareg W12 bahkan hanya selisih 150Nm dengan Bentley Continental GT yang bertorsi 1000Nm. Body kit ala divisi R juga menghiasi Touareg ini bahkan lebih menggoda daripada Touareg W12.

Untuk meraaudi-q7-v12-tdiyakan kemenangannya di Balap Ketahanan Le Mans 24 Hours, Audi pun mencoba mencari peruntungannya dengan meracik Q7 V12 TDI. Bentuk mobil ini pun menakjubkan dengan saringan udara serba besar dan velg serba lebar. Mereka juga memakai mesin diesel seperti VW namun ini bukan Diesel sembarangan, melainkan mesin legendaris Audi R10 saat berkompetisi di Le Mans. Tenaga mobil ini sangat melimpah yaitu 500HP bahkan torsi pun membanjir sekitar 1000Nm. Akan Tetapi Audi belum merencanakan mobil ini masuk jalur produksi.

Yah, mungkin cuma sedikit ulasan gw tentang berberapa SUV yang semakin menyemarakan kelas Super SUV ini. Tapi dengan berberapa poin yang telah gw gambarkan bukannya gak mustahil kelas ini bakal semakin membesar…. mengembung…. dan…… DUAAARRR!!! semakin populer. Bahkan konon Ferrari juga membuat Super SUV dengan kode F151, kubu BMW pun sebentar lagi akan memamerkan X5 M kepada publik. Mungkinkah ada Aston Martin SUV dan bakal kembalinya Lamborghini LM002 di masa depan? Walaupun krisis melanda toh kreatifitas takkan surut, kita lihat saja…. 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Super SUV? Penjelajah bermesin monster…

  1. Pingback: Wew Lamborghini Bikin SUV Juga Akhirnya, Perkenalken Lambo Urus…. « Yudakusuma's Automotive Blog

  2. pertama-X sepertinya.

    saya sih ga perlu suv mewah2.
    kalo bila cukup nissan terrano aja dikawinkan dengan rb26dett (mesin skyline gtr) yg konon katanya bisa dituning sampe 1000hp. hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s