Honda Civic Wonder – The First Grip Enemy Indonesia Street Killerz-

Kemarin kita sudah mengangkat topik Mitsu Eterna sebagai Indonesia Street Killerz, berikutnya kali ini kita akan mengupas habis mobil dengan karakter yang berbeda. Honda Civic Wonder 3-doors dan Civic Estilo. Mungkin kita semua sudah mengenali estilo sebagai spesies “Grip Enemy Legendaris”, namun Civic Wonder juga mempunyai jiwa yang sama. Kali ini kita angkat cerita dulu tentang si kakak.

Honda Civic SB3 3-Doors a.k.a Honda Civic Wonder Setrikaan

honda cr-x masih satu sodara bareng civic wonder 3doors

Civic Wonder muncul pada tahun 1985, Honda Civic Wonder dirancang ulang secara signifikan sehingga sangat berbeda dengan pendahulunya. Suspensi secara radikal telah dikonfigurasi ulang  memakai double-wishbone pada keempat sudut, wheelbase  meningkat menjadi 98,4 inci (250 cm), dan tubuh didesain ulang dengan garis kap mesin dan kaca lebih rendah. Namun karena kalimat diatas diambil dari situs luar negeri, pada kenyataannya suspensinya masih ber-Torsion Bar Springs ria di indonesia. Walau begitu menurut saya civic ini tetap empuk, figur bensinnya juga baik dengan 1 liter 14 km (itu kalo standar loh ya), 12 katup memegang andil dalam keiritannya, sangat berbeda dengan zebraku yang 16 katup. (-_-;)

versi mugen dari civic wonder

Honda Civic Wonder sendiri di indonesia memakai mesin karburator 1.3L EV 4-silinder segaris  SOHC bertenaga 71 hp dan torsi 105 nm. Mengecewakan? tidak juga, karena beratnya sendiri hanya 835 kg. Dengan berat segini, mesin kecilnya tetap sanggup berakselerasi cepat. Di kandangnya sendiri, jepang atau JDM,  terdiri dari berbagai tipe dan facelift: Civic 23 dengan mesin sama dengan civic IDM (80hp), Civic 25 bermesin EW 4-silinder segaris SOHC dengan tipe carbu (90hp) dan PGM-Fi (100hp) dan favorit street killer adalah Si bermesin ZC 4-silinder segaris DOHC (135hp). Selama beberapa generasi SB3, berat Civic Wonder hanya bermain di 800-900 kg. Apalagi Civic Wonder masih satu darah dengan CR-X sehingga feel berkendara CR-X terdapat pula di Civic Wonder. Senjata pamungkas inilah yang dapat disetarakan dengan sportscar Lotus Elise 111R dengan tenaga dan berat tidak jauh berbeda.

sering dipakai dalam acara touring OMR tahun 1987

Selidik demi selidik harga pasaran mobil ini 30-35 juta. Lumayan-lah kalo pembaca menginginkan retro car yang berkarakter “Si Gesit Irit” atau mau yang lebih heboh lagi? pasang B16B bertenaga 185 hp (saya rasa dudukannya tidak jauh berbeda), saya yakin balapan bersama Lotus Elise versi baru berharga 1 M pun bisa sejajar. BTW, Honda Civic Wonder ini dapat ditemui di game GTA San Andreas dengan nama Blista Compact, karakternya pun tidak jauh dengan Civic Wonder, ringan dan cepat.

eh ada reviewnya di blog bro mitra… tilik bro!

berikutnya Honda Civic Estilo EG6! ditunggu dulu hidangannya ya sedulur….

bonus nih sedulur, bule edan pake wonder buat drag race

Advertisements

24 thoughts on “Honda Civic Wonder – The First Grip Enemy Indonesia Street Killerz-

  1. mobil ane wonder 4 pintu 84…standar…cuma ganti knalpot racing, filter udara racing sama kabel busi racing…sudah lumayan kenceng..120kpj masih bisa..cuma ngeri aj kalo mesin tiba2 meledak..namanya mobil tua…gak tau mana material mesin yg udah gak bagus…yg penting masih bsa bejaban sama jazz ato yaris baru..dan mobil2 laen yg 1300an cc..apalagi kalo ac dimatiin…nah kalo ketemu yg 1500an cc ke atas..baru keliatan..kalo beda power..cuma pernah coba balapan dengan accord baru…buat start lampu merah wonder gue menang jauh akelerasinya..sampe 300m..masih menang…selepas itu…diasepin deh..he..he…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s