Mitsubishi Evo XI Bakal Menggunakan Diesel Hybrid?? Positif atau Negatif?

Apa lebih tepat disebut Mitsubishi L300 Evo ya? xixixi.... 😆

Para sedulur, tentu jaman sekarang orang-orang sudah mulai memikirkan energi yang perlahan mulai habis di bumi ini. Maka tidak aneh bagi kita bila terlah melihat kendaraan yang serba ekonomis dan canggih sudah wara-wiri di Tanah air ini. Apa di benak sedulur bila disinggung topik mobil hybrid atau tepatnya mobil listrik? pasti sejenis Toyota Prius yang notabene pelaan…. tapi pasti (iritnya). Sebenarnya hybrid listrik  sekarang malah seperti diputarbalikkan, inilah senjata setara dengan penggunaan twin turbo untuk para “monster kecepatan”. Project yang tersohor dengan hal ini adalah Porsche 918 Spyder dan BMW i8 (full electric). Ternyata pabrikan Jepun pun ingin menggunakan hybrid di sportscar mereka agar lolos regulasi yang tiap tahun semakin ketat. Hal ini diwujudkan di Mitsubishi Evo XI. Pasangan yang ingin “dikimpoian” hybrid untuk mobil sekaliber Evo justru memakai diesel. Cari mati? yaa nggak tahu juga, banyak yang menilai penggunaan diesel kurang cocok dipakai di sportcar. Hal ini masuk akal sebab karakter diesel sendiri torsinya tinggi tetapi putarannya rendah, agak bertolak belakang dengan sportcar yang mengutamakan akselerasi. Data yang ada menyebutkan bahwa mesin yang digodok adalah 4 silinder, turbo(diesel) bertenaga 300hp, masih belum jelas apakah ini hasil sebelum kawin atau sesudah kawin dengan mesin listrik. Tapi melupakan spec tenaga, penulis sebenarnya lebih penasaran dengan torsinya. 😕

Masih ingatkah sedulur akan kemunculan Audi R8 V10 dimana V10 yang dipakai adalah diesel? jelas tidak diragukan lagi soal torsinya yang pastinya meluap-luap. Bisa jadi Evo terinspirasi dengan R8, lagipula bukan hanya mitsubishi saja yang berani  pakai diesel hybrid. Peugeot dan Citroen juga melakukan hal yang sama, namun karakter mesin yang mau dibangun memang beda dengan Mitsubishi. Duet Perancis ini lebih suka memakaikan di flagship mobil mereka seperti 508, ya pemakaiannya memang lebih masuk akal. Mengesampingkan kritik pedas para auto otaku, ada kemungkinan memakaikan Evo ke diesel hybrid juga taruhan pencitraan. Bila berjalan dengan baik, tentu Mitsubishi akan mendapat imej positif dalam pembuatan diesel hybrid di segala lini. Yaah, lebih baik ditunggu saja kabar baiknya… :mrgreen:

Advertisements

3 thoughts on “Mitsubishi Evo XI Bakal Menggunakan Diesel Hybrid?? Positif atau Negatif?

  1. Hybrid
    Diesel
    tapi pakai turbo & masih AWD + Active Stability Control

    jadi penasaran.

    BTW, sepertinya kemungkinan memakai Diesel lebih pas dipasangkan ke 3000GT / GTO reborn, yang udah lama gak muncul lagi di pasaran, soalnya pas dengan imej sport-tourer…Evo pakai hybrid-elektrik model CR-Z aja

  2. Dulu pernah denger emang Si EVO ga dibuat dgn mesin ber BBM dr fosil,, tapi yo embuh,, denger2 jg,, Mits Eclipse jg mau di discontinue…
    *Sambil ngimpii Numpak LEW alias Lancer Evolution Wagon* :mrgreen:

  3. @ P2TM
    Rindu juga sih dengan GTO, tapi kalau mau reborn GTO sebaiknya mitsubishi “prepare” matang2. Karena kompetisinya lebih berat dengan jamannya dahulu, dia harus melawan GT-R, 911 turbo atau F430 yang notabene sudah di angka 500-600hp. Dalam hal ini mode elektrik juga masih dianggap lemah di efisiensi baterenya, kalau saya pikir yang harusnya mode elektrik ya FT-86. 😛

    @khabibhsxrider
    Iya ya… sportcar jepang kok semakin loyo, padahal negeri tetangganya joss bener tuh bikin sportcar. :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s