Menilik Spec Kiat Esemka Rajawali Pilihan Walikota Solo, Hayoo Siapa Mau Ngikutin…

mobil lamanya, camry arwana, ng orang disamping bukan penuliz loh ya 😳

Para Pembaca masih ingat bukan dengan mobil nasional alias mobnas yang pernah booming (beritanya doank) tahun 2010? Kini di awal tahun kita mulai dikejutkan dengan gebrakan para anak SMK dan pejabat yang mewadahi bakat mereka. Siapa lagi kalau bukanΒ Walikota Solo, Joko Widodo dan Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang saat ini digembar-gemborkan sudah memakai armada berjuluk Kiat Esemka Rajawali. Sebelumnya Duet pemimpin ini memang malas mengganti mobil Toyota Camry lama model arwana dengan Toyota Camry baru, Jokowi sendiri menggangap camry arwana ini masih layak dipakai sehingga gak perlu lah rajin-rajin ganti mobil. Ane sih setuju aja, walau camry baru lebih cakep dari camry arwana tapi rasanya si arwana ini masih sama pride-nya dengan camry baru. Loh jadi bicara camry sih? oke kita balik lagi ke topik. Impresi pertama pak Jokowi memakai Rajawali ini adalah tempat duduknya cukup nyaman dan suspensi yang lembut. Sayang belum ada spesifikasi mendetail yang penuliz temukan, namun tentu sebuah kemajuan melihat para pejabat sudah mulai memakai mobil yang kandungan komponen dalam negerinya 80% ini. :mrgreen:

ngambil muka CR-V dengan bodi ala SUV Amerika, idenya tokcer neh πŸ™„

“Intinya kita harus mulai menghargai produk dalam negeri. Itu hal yang terpenting. Jangan ngomong soal kualitas yang belum teruji atau apapun. Tapi setelah saya coba tadi, ternyata suspensinya juga empuk kok,” tutur Joko seusai melakukan uji coba kendaraan di halaman balaikota Surakarta, Senin (2/1/2011).

So… Pak Jokowi sudah memberi gambaran positif tentang mobil ini. Dikutip dari oto.detik.com, mobil ini juga telah mengajukan izin agar mobil mereka itu bisa diproduksi massal. Izin tersebut termasuk izin kelaikan, standar keamanan nasional maupun uji keselamatan. Nahh, sekarang mari kita melihat preview tentang mobil Kiat Esemka Rajawali tersebut.

hayoo... siapa yang mau ngikutin pak jokowi... πŸ˜›

Kiat Esemka Rajawali ini adalah proyek yang dilakukan SMK 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta, bekerjasama dengan Kiat Motor, sebuah bengkel otomotif yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Mobil ini berbasis SUV dan mukanya meminjam Honda CR-V, melirik dari bodi yang besar sepertinya cerminan desainnya diambil dari mobil SUV amerika yang biasa dipakai konvoi pejabat macam Chevrolet Suburban. Garis desain mereka ambil dari Isuzu Panther. Melirik dari pemakaian ban dan velg sepertinya memakai R16-R17 seperti SUV lainnya, soal racikan kaki-kaki memang masih belum ada spesifikasi lebih lanjut. Menurut penuliz, Desain ini memang masih berasa konvensional dibanding mobil jepang di harga segitu. Tapi penuliz akui, pridenya jelas terlihat dibanding mobil jepang di kelasnya. Gagah dan macho layaknya SUV Amerika.

nuansa two tone, sayang desainnya kurang rapi. yang penting langkah pertama lah πŸ™‚

Melirik bagian dalam kabin, dashboardnya dibuat mewah dengan warna two tone beige dan coklat kulit, ditambah nuansa kayu di bagian tengah dashboard. Dilengkapi juga double DIN dan fitur AC dengan double blower dan perlengkapan standar seperti tempat penyimpanan, pemantik, power steering, central lock, power windows dan sensor parkir. Menurut penuliz fitur ini sudah worth it sesuai harga, akan lebih baik jika menambah fitur terobosan. Ga usah canggih2 amat, pakaikan saja kursi pemijat atau fitur premium yang tidak mungkin didapatkan di mobil jepang dengan harga segitu. Kalau di R2, ini seperti strategi Bajaj dengan produk Honda Tiger dan Yamaha Scorpio, dimana hal ini jelas menambah value kendaraan tersebut. Kursi 7 penumpang adalah yang terbaik, karena ini cerminan masyarakat indonesia. Spec kabin belakang? kita belum tahu. πŸ™„

gambaran mesinnya kayak gini tapi kalo SOHC kayaknya ga twincam deh... coba kalo lebih besar lagi cc-nya πŸ™„

Dari ukuran, Rajawali ini cukup besar lo… memiliki panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm,dan tinggi 1.630 mm, jelas kenyamanan sangat terjamin. Ukuran segini adalah ukuran para triple cabin sekelas Ford Everest dan Toyota Fortuner. Sekarang menilik mesin, Rajawali dibekali mesin Timor Injeksi berkapasitas 1500cc SOHC 4 silinder bensin dengan teknologi multi point injection yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 Hp pada putaran 5.500 RPM dengan torsi maksimum hingga 145 Nm di 4.100 RPM. Not bad lah… tapi kalau mau yang bertenaga ternyata ada juga versi 1800cc, 2000cc, 2200cc dan 2500cc diesel. Mobil ini berpenggerak roda belakang, hmm sayang ya coba kalo 4×4 pasti lebih multifungsi tuh. πŸ˜•

belakangnya mirip pajero sport ya, coba kalo si mas ini ga nutup-nutupin lampunya πŸ˜†

Harga yang ditawarkan sekitar 95 juta, konon banyak yang menanyakan kapan mobil ini bisa diproduksi bahkan ingin membelinya. Roy Suryo salah satu anggota dewan DPR katanya sudah inden mobil tersebut. Menurut penuliz, gak usah takut kalah kompetitif dengan mobil jepang. Racikan mobil indonesia sih menurut penuliz seharusnya begini : besar, kuat, mesin simple dan mudah dioprek, 7-penumpang sudah angka pasti, bagasi luas, dan satu lagi yang belum bisa dipenuhi mobil jepang (bahkan sekelas avanza) adalah penggerak 4WD. Sepele? tapi penting loh, realitanya jalanan indonesia belum banyak mulus kan… So daripada bikin mobil kecil tandingan negeri india lebih baik kita buat mobil yang memang nuansa nusantara seperti esemka ini kan?? πŸ˜€

Advertisements

19 thoughts on “Menilik Spec Kiat Esemka Rajawali Pilihan Walikota Solo, Hayoo Siapa Mau Ngikutin…

  1. hemm, kalo ngeliat dari tutp klepnya, saya malah jadi inget dengan mesin Corolla jadul tipe A series, yang sesudah K series keluarnya. Kalo twin cam ya berarti bener mreka ambil basis mesin A (4A)…..

    kalo mereka ambil basis Timor berarti ya asal comot tuh emblem, hehehehe………harusnya Single Cam kan :mrgreen:

    overall, saya sempet kaget juga kita bisa ngerakit mobil sebagus ini, apalagi pembuatnya ya anak2 SMK…..berarti kita punya potensi yang bagus untk dikembangkan….siapa bilang anak Indonesia tidak bisa?

    • mesin timor kan ada dua versi, SOHC dan DOHC. kebetulan adanya gambar mesin timor esemka versi DOHC hehehe… πŸ˜†

      sebenarnya indonesia sudah bisa bikin mobil, era kemunculan kijang innova, avanza, granmax-luxio dan apv membuktikan kalau indo bisa buat mobil. Sayangnya produk masih disponsori pabrikan mobil jepang. so walaupun avanza research dan perakitannya di indo trus komponen avanza 80% dari indo tetap aja namanya “toyota” avanza.

      yaah moga2 kiat esemka bisa jadi perusahaan sebenarnya dan meneruskan cita2 mobnas lama seperti timor dan bimantara deh…. :mrgreen:

      • oooh……….iya bener, maklum, jaman2nya Timor populer saya masih kecil, jadi belum banyak info yang didapet. Skarang jadi tau dah kalo ada spek DOHC juga.

        Betul, mobil nasional ituh :mrgreen:

        aminn πŸ˜€

  2. ayo produksi … jaya indonesia…. terimakasih kepada penulis… kata-kata anda menggelegar…..””Racikan mobil indonesia sih menurut penuliz seharusnya begini : besar, kuat, mesin simple dan mudah dioprek””…

    • thanks broo… kalo boleh tambahan, identitas mobil kita nyaris sepeti mobil amrik. Tapi memang dari segi geografis yang luas dan bermacam2 karakter alamnya, kita mempunyai selera otomotif yang sama dengan amerika.

  3. industri otomotif itu modalnya bukan cuma optimisme doang, banyak banget tantangannya. Misalnya, gimana dengan servis berkala nya? Teknikal supportnya? Kesediaan spareparts? Jaminan keselamatan penumpang? Uji performa di berbagai medan? DSB DSB.
    Bukannya mau mengecilkan hati, yang gua mau bilang, ini baru permulaannya aja, dan ke depannya PASTI bakal banyak masalah. Tapi kalo emang serius dan tidak menyerah, pasti bisa sukses.

    • memang benar msbro, sebenarnya menurut pribadi sy mutu kualitas ini masih disangsikan karena tidak ada ulasan mengenai test berbagai medan, suhu dan sebagainya… hanya pernah dibilang pernah ditest solo-bali kalo gak salah. Tapi kalau ternyata mobil ini rebagded mobil lain saya rasa gak masalah, tinggal jaringan 3snya saja. Saran saya sih lebih baik rakit mobil yang sudah ada saja daripada bikin baru. sambil merakit kan bisa mempelajari tiap komponen. alhasil bisa membuat kendaraan sendiri.

      setidaknya sudah ada bibit baru yang bagus… πŸ™‚

  4. Sip makasih infonya mas…
    Moga2 pengunjungnya makin rame
    Numpang promosi ya !!!
    Jual Games PC Obat Kesehatan Termurah Terlengkap Berkualitas
    Jual DVD games PC termurah terlengkap berkualitas kunjungi http://jualpcgamesterlengkaptermurah.blogspot.com/
    Jual DVD games PC games berkualitas supermurah kunjungi
    http://jualpcgamesberkualitassupermurah.blogspot.com/
    Jual obat kesehatan terlengkap termurah berkualitas kunjungi :
    http://jualobatsehatberkualitassupermurah.blogspot.com/

  5. sebenernya sih kalo di jadiin 4×4 mesinnya bisa dibuat teknologi semacam variabel klep. tapi kalopun pake mesin esemka yang ini bisa pake final gear daihatsu terios. sekedar info, di eropa aja terios juga ada versi 4×4.

  6. sebenernya sih kalo di jadiin 4×4 mesinnya bisa dibuat teknologi semacam variabel klep. tapi kalopun pake mesin esemka yang ini bisa pake final gear daihatsu terios. sekedar info, di eropa aja terios juga ada versi 4×4. alternatof lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s