On The piSpot > 7 Kategori Komik Otomotif Termantap-gontap Versi Penuliz

Berhubung penuliz lagi padat karya (red. padat tugas) kuliah, jadinya penuliz agak jarang online. Situasi yang serba penjara ini membuat jatah ngeblog penuliz menjadi sangat sedikit, namun kalau ada waktunya pasti penuliz sempatkan buat update artikel. Naah berikut ini penuliz mau share tentang komik, para sedulur juga pastinya pernah baca komik dong… Sayang banyak yang salah menduga bahwa komik itu konsumsi anak2. Padahal yang nuansa LAKI juga ada lo misalnya olahraga, action, otomotif, hentai (upz…), dan sebagainya… Kali ini ga jauh dari tema blog penuliz, tentu saja otomotif… Berhubung penuliz rajin-rajin pinjem komik di deket tempat kuliah jadinya ada saja komik yang menarik padahal sampulnya tergolong biasa-biasa saja. Baiklah gak perlu lama-lama intronya, so mari kita ulas satu per satu 7 komik otomotif menarik menurut penuliz….

Wangan Midnight

Illustrated : Michiharu Kusunoki

Published : Shogakukan, Kondansha

Original Run : 1990-2008

komik tandingan initial-D, mobilnya juga sama legendarisnya dengan AE86 😎

Wangan Midnight ini adalah komik balap yang mempunyai nuansa sama dengan Initial D, hanya saya perbedaannya mereka lebih terkonsentrasi di balapan jalan tol, lebih tepatnya Tokyo’s Shuto Expressway Bayshore Route. Namun jangan meng-underestimate komik ini karena treknya, karena sejatinya jalan tol tokyo termasuk padat lancar. Truk trailer, taksi, van, dll yang melaju dalam kecepatan normal menjadi handicap di dalam komik ini. Ceritanya berkisah tentang Akio Asakura yang kesal karena mobilnya, Nissan Fairlady Z (Z31) dikalahkan oleh Tatsuya Shima yang memakai Porsche 911 Turbo (964) berkelir hitam yang dijuluki Blackbird. Suatu hari ia mendatangi junkyard untuk membangun kembali mobil yang dapat mengalahkan Blackbird. Lalu ia tertarik kepada Fairlady Z (S30) berkelir biru, karena seingatnya ia pernah melihat mobil yang serupa sebelumnya dengan penumpang seorang wanita cantik. Tertarik akan mobil itu, ia pun membelinya dan membangunnya kembali. Ternyata spesifikasi mobil ini cukup mencengangkan, mesin L28 yang di bore-stroke up 3.1 L twin-turbo, bahkan ia menemukan masa lalu mobil ini. Pemilik-pemiliknya dahulu selalu meregang nyawa karena mobil ini seakan memberontak terhadap drivernya, oleh karena itu mobil ini bertitel Devil Z. Kisah ini menceritakan pertempuran para street killer untuk mengungguli trek Wangan.

Over Rev

Illustrated : Yamaguchi Katsumi – Team 39

Published : Shogakukan

Original Run : 1997-2004

tandingan initial-D dari para ladies, sudah dibuat versi tv series πŸ˜›

Over Rev juga mempunyai kemiripan yang sama dengan Initial D maupun Wangan Midnight, namun yang membedakan disini adalah karakternya yang kebanyakan wanita. Ya, Over Rev menceritakan bagaimana seorang Ryoko Shino, seorang pelari atletik yang terpaksa pensiun karena cedera otot Achilles menemukan kembali sensasi kecepatan. Ia pun melihat sekilas balap mobil antara Nissan Skyline GT-R (R32) vs Nissan Silvia (S14) yang dimana driver Silvia adalah seorang wanita. Ia pun mulai tertarik dengan otomotif dan bertemu driver silvia tersebut bernama Sawako Morita. Perlahan lahan ia mulai kenal dengan penghuni jalanan Yokoyama Pass dan mempunyai “mainan”-nya yaitu Toyota MR2 1600-Supercharger (AW11). Ia pun mulai kenal dengan sesama driver wanita lainnya yang mempunyai karateristik berbeda, Aika Katayama dengan Honda Civic siR (EG6) dan Sari Tachibana dengan Peugeot 106 Rallye. Walau bukan bertitel grup balap, namun mereka selalu kumpul bareng di Yokoyama Pass dan mengikuti kejuaraan bersama. Dalam cerita ini tidak hanya bercerita balap saja, namun terkadang ada side story tentang kisah suka-duka driver dengan mobilnya.

Michel Vaillant

Illustrated : Jean Graton

Published : Le Lombard, Novedi, Fleurus, Graton editeur

Original Run : 1957-on going

komik otomotif pertama yang berasal dari perancis, paling kental nuansa racingnya 😎

Komik ini menawarkan sesuatu yang beda dari yang lainnya, karena ia menjual cerita tentang kehidupan balap eropa perusahaan asal Perancis bernama Vaillante yang berkompetisi dalam balapan juga saat penjualan. Awalnya Vaillante adalah sebuah keluarga yang mempunyai perusahaan jasa pengangkut asal Perancis, namun perlahan perusahaan ini dapat membuat truk dan mobil sendiri. Balapan membuat keluarga Vaillant ini tertarik untuk ikut berkompetisi seperti, indy car, enduro dan formula. Perlahan tapi pasti, tim Vaillante ini menapaki puncak sukses balap, namun terkadang ada saja penghalang bagi mereka untuk meraih juara baik dari dalam tim maupun luar tim. Cerita asal Belgia-Perancis ini menginspirasi banyak pembalap dan pemilik perusahaan otomotif, bahkan terakhir dibuat sekuel filmnya tahun 2003. Menariknya lagi kompetisi ini terkadang membawa nama tim seperti Ferrari, Lotus, Ford dan lainnya. Bahkan pembalap terkenal seperti Aytron Senna dan Juan Manuel Fangio pun turut tampil dalam komik ini.

Gunsmith Cats

Illustrated : Kenichi Sonoda

Published : Kodansha

Original Run : 1989 (Bean Bandit), 1991-1996 (GC), 2004-2008 (GC Burst)

hot rod muscle car, senjata dan cewek, waow fan service lelaki banget nih :mrgreen:

Cover luar komik ini memang terbilang cute karena menampilkan pemeran wanita, namun begitu membacanya benar-benar cadass!! Yang menjual dari komik ini adalah sensasi hot-rod muscle car amerika yang juga dipadu dengan retro cars lain macam BMW 635CSi (E24) dan Lotus Elan (S1). Mengisahkan tentang kehidupan pemilik toko senjata “Gunsmith Cats” yang juga maniak senjata api dan otomotif bernama Rally Vincent yang juga mempunyai side job bounty hunter dengan ditemani partnernya bernama Minnie May Hopkins, wanita mungil maniak bom. Dalam misinya sebagai bonty hunter, Rally dilengkapi 2 senjata favoritnya yaitu Handgun buatan Ceko, CZ75 dan Shelby Cobra GT500. Musuh-musuhnya juga terkadang licik sehingga terkadang membuat duet wanita ini kewalahan menghadapinya, namun mobil musuhnya juga tak kalah cadass. Tak hanya itu, teman-temannya pun juga memiliki mobil yang mantap jaya, bahkan terkadang balap mobil muscle car lebih ditonjolkan daripada aksi tembak-tembakan. Komik ini pun punya remake dari sekuel sebelumnya “Bean Bandit” dan tahun 2004 diterbitkan kembali dengan judul “Gunsmith Cats Burst”.

Trafficker

Illustrated : Mitsunaga Yasunori

Published : Shogakukan

Original Run : 2001-2003

hanya 3 jilid, namun sudah menggambarkan bahwa pengarang ini sangat mengidolakan ducati πŸ™„

Kali ini komik yang mengisahkan tentang bikers R2, adalah Shuta Mikoshi seorang pelajar SMA yang bekerjasambilan sebagai kurir kilat Cup-Cup yang cara berkendaranya pun “kilat” (red.cepat). Bayangkan saja, motor kurir yang biasanya hanya memakai cub atau sebangsa Honda Megapro lawas, si doi lebih memilih Ducati 996 SPS yang bertitel “Sport Production Special” untuk kegiatan kurirnya. Dipandu oleh Ayano Shiomizaka sang navigator, Shuta menjalankan kurirnya tanpa halangan berarti. Tidak hanya cepat, duet rider-navigator ini juga berhasil menghindari handicap yang menggangu pengantaran paket. Walau paketnya hanya selama muat di boks motor alias skala kecil-sedang, namun terkadang barang yang dikirim adalah barang berharga sehingga pemiliknya berani membayar tinggi. Motor yang menjadi pesaing si Ducati terkadang adalah Kawasaki hingga MV Agusta. Cerita dari komik ini cukup beragam walaupun hanya 3 buku yang dikeluarkan. Namun Om Mitsunaga sendiri memang bikers sejati, bahkan titel komik berikutnya, Princess Resurecction yang temanya berbeda pun tetap dipaksa beraroma bikers olehnya. Salah satunya ialah tokoh bernama Riza Wildman yang mengendarai motor enduro Husqvarna TE250.

My Favorite Carrera

Illustrated : Kia Asamiya

Published : Shueisha

Original Run : 2004-on going

exotic car dan cewek, lagi lagi fan service untuk para pria hehehe πŸ˜†

Kali ini balik lagi ke mobil, My Favorite Carrera mempunyai kemiripan dengan Over Rev yang memfokuskan kepada driver wanita, namun yang membedakan dari semua adalah mereka adalah pengguna mobil-mobil eksotis. Ini terlihat dari titelnya yang mengambil nama Porsche 911 Carrera. Komik yang dikenal juga dengan Kanojo No Carrera ini mengisahkan tentang seorang editor manga wanita bernama Reina Todoroki yang diwariskan oleh almarhum ayahnya sebuah Porsche 911 RS (964) berwarna pink. Namun Reina sendiri tidak tahu menahu soal otomotif jadi terpaksalah ia menerima mobil tersebut. Walau kurang begitu mengerti tentang Poro-kun (panggilan sayang Reina pada Porsche-nya) namun Reina mencoba untuk mempelajari dan mengemudikannya sehari-hari. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak juga owner-owner ladies mobil eksotis yang akhirnya Reina kenal. Selain itu dalam komik ini kita disuguhi oleh bodi-bodi cewek mobil lain yang menarik, jadi menarik untuk disimak (BTW walaupun bukan hentai tapi ini BB17+ loo…).

Restore Garage 251

Illustrated : Ryuji Tsugihara

Published : Shogakukan

Original Run : 2004-on going

kisah restorasi mobil yang tidak biasa, penuh semangat haru dan membara πŸ™„

Komik ini menjual sesuatu yang berbeda dengan komik-komik sebelumnya, umumnya komik otomotif fokus kepada balap namun Om Tsugihara lebih memfokuskan kepada perbengkelan. Menariknya lagi, walau temanya bengkel namun dikemas dengan kekuatan cerita yang menggugah pembaca. Menceritakan tentang Satomi Yumejiro yang mempunyai usaha restorasi mobil kunonya yang terkenal bersama sang cucu Tetsuya Ichinose atau akrabnya Tetsu. Mbah Yumejiro ini dikenal bertangan dewa dalam merestorasi mobil namun jasa restorasi yang terbilang murah membuat bengkel ini tidak mengalami surplus berarti. Dalam merestorasi terkadang Mbah Yumejiro juga mengikuti kisah para pelanggan yang menginginkan restorenya mobil kenangan. Sehingga komik ini tidak hanya menjual penampilan berbagai mobil retro cars saja namun juga cerita mengharukan para owner retro car. Dari sini Mbah Yumejiro menyampaikan bahwa pekerjaannya tidak hanya sekedar memperbaiki mobilnya saja tapi juga memperbaiki kehidupan para ownernya juga. Ngomong-ngomong Mbah Yumejiro pernah menjadi cameo dalam komik Angel Heart, si mbah pernah menangani Mini Cooper-nya Ryo Saeba walau penuliz gak ingat chapter berapa.

Itulah berbagai 7 komik otomotif favorit penuliz dalam segmen On The piSpot. Bila ada komik-komik atau anime otomotif lain yang sedulur tahu boleh-lah share disini juga biar bisa cari2 juga gituh… Nantikan segmen On The piSpot selanjutnya. Semoga menambah wawasan kita akan otomotif!

Advertisements

14 thoughts on “On The piSpot > 7 Kategori Komik Otomotif Termantap-gontap Versi Penuliz

  1. “Ternyata spesifikasi mobil ini cukup mencengangkan, mesin L28 yang di bore-stroke up 3.1 L twin-turbo,”

    Kitami Jun memang tuner dari Neraka, mesin 3000cc setan tapi lulus uji emisi level 3 dengan ambang bawaan L28

    Talk about bastard luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s