Nissan e-NV200 aka Evalia Electric, Gini Mungkin Kalo Eco Car Ala People Carrier.

modelnya mirip-mirip Leaf sih, yah masih sodaraan juga kok πŸ™„

dari belakang terlihat biasa, yah eco car kan tidak harus keren πŸ˜€

Sedulur-sedulur pasti pernah melihat konsep electric car bukan, seperti di IIMS (Indonesia International Motor Show) 2011 lalu di PRJ Kemayoran. Contohnya Toyota Aqua, mereka terlihat mentereng di atas podium dengan teknologi super “WAH” untuk eco car, namun boro boro dengan teknologinya, bahkan dari segi kelasnya di mini-MPV (honda jazz, suzuki swift, dll) saja sudah sulit membayangkan kalau eco car bakal dekat dengan masyarakat indonesia. Sebab favoritnya orang indonesia kan yang “masih muat, masih muat” gituu…. Namun ada gambaran lebih gamblang lagi dari nissan, mereka memunculkan Nissan e-NV200 aka Evalia listrik di Detroit Motor Show 2012, Amerika Serikat. Yah mungkin Evalia masih dalam penantian (bersama Suzuki eR-3tiga) untuk head2head dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Luxio dimarih namun paling tidak Evalia Listrik ini menggambarkan people carrier yang bersahabat dengan keluarga indonesia ini menjadi eco car yang tentunya bersahabat.

C-Clusternya seperti ini, indikatornya serba digital, bahkan ev meternya juga mencantumkan berapa mil lagi mobil ini sanggup berjalan. πŸ™„

Kalo sedulur perhatikan, moncong Evalia listrik ini mirip dengan Nissan Leaf yang menjadi acuan Nissan dalam mengembangkan electric car. Belum lagi imbuhan warna aqua blue yang sami mawon dengan si “daun”, menjadikan Evalia ini kental nuansa eco-nya. Kalo sedulur lirik bagian dalamnya, kabinnya lebih homy daripada evalia biasanya (ya iyalah, kan concept car). Namun yang menarik adalah instrument cluster yang tidak biasa, disebut Nissan bernama C-Cluster. Ada juga yang dinamakan EV-meter, yang dimana ini berupa alat pengukur baterai, penggantinya jarum bensin gituh.

tampilan kabin lebih fresh daripada evalia standar πŸ™„

e-NV200 ini adalah gambaran Nissan akan electric van, karena mobil yang dilaminasi 24kWh Lithium-ion battery ini nyaris sama dengan yang punya sedulurnya, Nissan Leaf, disokong oleh motor listrik 80kW yang menghasilkan 207 pound-feet of torque. Oleh karena itu jangkauan jarak tiap pengecasan baterai kira2 antara 47 sampai 105 mil. Lumayan lah ya…, niat Nissan, mobil ini akan menjadi mobil listrik yang memang dikhususkan untuk penumpang dan kargo, ya seperti penggunaan Evalia di New York sana, dijadikan Taksi. Paling kalo disini gak jauh beda, wong di tempatnya penuliz aja Toyota Avanza dan Ford Focus Sedan dijadikan taksi. Walaupun ini masih konsep, namun Nissan memang sangat berkeinginan membuat massal Evalia listrik ini.

Eco car sudah bukan mimpi lagi buat Indonesia, walau mungkin penetrasi pasarnya agak pasti lama sih. gimana menurut sedulur? πŸ˜€

Advertisements

One thought on “Nissan e-NV200 aka Evalia Electric, Gini Mungkin Kalo Eco Car Ala People Carrier.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s