Shelby/AC Cobra 427S/C -The British-American Muscle Car American Street Killerz-

yak, icon shelby cobra 427s/c tentu saja adalah Riff Raff dari komik Gunsmith Cats. Kali ini kita ulik history-nya mobil si neng ini. Mariii.... 😀

Apakah sedulur familiar dengan mobil satu ini, setidaknya mobil ini cukup sering mendapatkan peran di film-film yang berbau balap dan game-game balap macam Gran Turismo, Forza, dll. Namun mungkin belum banyak yang tahu ini spesies apa sih? oke, penulis perkenalkan, inilah Shelby Cobra! Berbeda dengan Shelby Cobra GT500, Cobra 427SC ini sejatinya adalah lightweight british car dari perusahaan bernama AC Cars yang dikawinkan dengan mesin V8 Ford dengan sentuhan ala Shelby. So Modelnya yang sangat classic dicampur steroid-steroid V8 menghasilkan mobil yang jelas menegangkan. Yak, ini seperti Henessey mengambil sasis lightweight elise dari lotus dan mengawinkannya dengan V8 Corvette (kapan2 saja mobil ini dijelaskan). Bagaimana ceritanya mobil darah british ini bisa menjadi line up Shelby? mari kita flashback kembali…..

Mobil lightweight pertama bangsa inggris, AC Ace 1958. Kekompakannya membuat Carrol Shelby tertarik memodifnya 🙄

AC Cars adalah sebuah pabrikan mobil british yang terkenal era dulu, bahkan manufaktur terlama di tanah inggris ini (1901) adalah embrio pertama sportscar lightweight yang menjadi trademark dari mobil-mobil inggris sampai sekarang. AC cars didirikan pada John Weller di desa bernama Thomas Ditton, Surrey, Britania Raya. Pabrikan kecil ini memproduksi sebuah mobil bernama Autocarrier. Mobil tigaroda atawa R3 ini dilengkapi dengan mesin satu silinder bertenaga 5,6 hp dan berpendingin air.  Ternyata mobil ini cukup laku di pasaran dan pada akhirnya nama Autocarrier dijadikan nama perusahaan dengan singkatan AC.

Generasi ketiga Shelby/AC Cobra 427S/C dengan bobot 1000 kg lebih sedikit dan mesin V8 425 hp. Wah tergolong sleeper nih mobil, ahihihi 😆

Seperti perusahaan-perusahaan jaman revolusi industri lainnya, saat Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2 perjalanan mereka kembang kempis. Namun saat-saat tidak lancar ini membuahkan hasil dengan diluncurkannya mobil R4 lightweight pertama mereka pada tahun 1953, AC Ace. Ya, inilah nama asli Shelby Cobra yang masih berdarah biru inggris. Mobil yang punya kontur bahenol ini memang banyak menjadi favorit saat itu dikarenakan bodi alumunium ditambah pasokan mesin V8 dari Bristol dan keluaran terakhir menggunakan V8 Ford Zephyr. Pada tahun 1961, Caroll Shelby bersama Ford Motor Company mengadakan negosiasi bersama AC untuk mengawinkan Ace dengan mesin V8 Windsor 260 cu in 4.2 L powerful Ford yang telah dimodifikasi oleh Shelby. Tujuannya adalah ingin menyaingi kedigdayaan Chevrolet Corvette. Alhasil keluarlah Shelby/AC Cobra 260 mk1.

yak, ini jeroan V8 Windsor Ford 427 cu in atau 7000 cc, hemm bener-bener brutal mesinnya bro! 😯

Pada tahun 1964, Shelby/AC Cobra mengalami perubahan dengan menggunakan mesin Ford Windsor V8 yang kapasitasnya lebih besar yakni 289 cu in 4.7 L dan steering model rack and pinion yang dikawinkan per daun. Model ini dijuluki Shelby/AC Cobra 289. Perubahan yang paling signifikan berada di tahun 1967 yang menggunakan mesin V8 Windsor yang di stroke up menjadi 427 cu in 7.0 L. Generasi terakhir ini berjuluk Shelby/AC Cobra 427 S/C (S/C singkatan dari Semi Competition), mesin ini menghasilkan tenaga 425 hp dengan topspeed mencapai 164 mph atau 262 kpj dan versi kompetisinya mengeluarkan tenaga 485 bhp dengan topspeed mencapai 185 mph atau 298 kpj. Untuk yang versi 428 ini Ford telah mengupgrade menjadi per keong untuk semua kakinya, membuatnya menjadi lebih panjang 102 mm dan memperbesar radiator di moncongnya. Mobil ini sempat diproduksi kembali di tahun 1983-1990.

AC Cobra mkVI racikan Jerman, tanpa Windsor, Shelby dan double stripe. Gantinya adalah V8 Corvette dan german engineering, hmm it looks fine.... 🙄

Kini lisensi AC Cars telah dibeli oleh Gullwing GmbH. yang berasal dari Jerman, ini berarti AC Cobra mulai diproduksi di Jerman. Gullwing GmbH. pun memperkenalkan seri mkVI AC Cobra pada tahun 2009. Mesinnya sudah tidak menggunakan V8 Windsor Ford, Gullwing menggantinya dengan mesin 6.2 V8 bawaan Corvette bertenaga 437 hp untuk versi GT dan 550 hp untuk versi GTA. Memang seri mkVI ini tidak mempunyai darah biru inggris maupun sentuhan dingin Carrol Shelby. Namun AC Cobra mkVI ini menandakan antusiasme masyarakat dunia terhadap Cobra masih sangat tinggi. Walaupun tampilannya sederhana namun legenda  “Cobra” yang diusungnya tak pernah padam.

COBRA NEVER DIE! 😈

Ingin merasakan sensasinya? coba main Gran Turismo aja sedulur…. 😀

Advertisements

5 thoughts on “Shelby/AC Cobra 427S/C -The British-American Muscle Car American Street Killerz-

    • padahal GT2 giginya 4, GT3-4-5 malah diturunin 1 gigi. Apa iya cuma 3 gigi ya? 😕

      kalo AC Cobra mkVI ini kayaknya bisa lebih dari 4, mesin corvette terbaru soalnya. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s