Holden Overlander 4×4 -Another Different Muscle Car Based on Crossover, Australian Street Killerz-

Holden Monaro GTS HQ/HJ/HZ yang menjadi kiblat para kingswood owner karena masih satu basis dengan Kingswood ๐Ÿ™„

Buat para penggemar muscle car di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Holden bukan? Bisa dikatakan merek ini adalah salah satu perwakilan muscle car di daerah asia. Namun entah kenapa Holden tiba-tiba tidak bersinar namanya dan menghilang dari daratan asia di pertengahan ’90an. Kini Holden hanya bermain di daerah Australia dan Selandia Baru, mungkin ini kebijakan GM Motors sebagai perusahaan induk Holden sebagai strategi pasar. Wah padahal bila line-up holden juga dihadirkan kembali oleh ATPM GM Motors di Indonesia, GMAI, boleh jadi demam muscle car kembali membooming seperti apa yang telah terjadi di R2 Indonesia, kembalinya Piaggio yang membuat demam vespa menjadi bangkit. Okelah Penuliz tidak akan membahas soal itu, hanya ingin mengulik saja nostalgia tentang Holden yang belum sempat dikuak, wah apakah itu?

Agak ganjil memang tapi namanya juga crossover kok, menurut penuliz sih keren kok ๐Ÿ™‚

Dalam sejarah otomotif Indonesia, Holden yang dijual ada beberapa varian. Kingswood adalah yang cukup laris saat itu, sebagian lainnya adalah Premier, Commodore, Statesman, Sandman, Gemini, dan lainnya. Namun ternyata Holden juga membuat sebuah crossover disaat itu, bukan tidak mungkin Volvo XC70 Cross Country dan Audi Allroad sebenarnya terinspirasi makhluk satu ini. Penuliz perkenalkan, doi adalah Holden Overlander 4×4 HZ. Bagaimana bisa Crossover ini tercipta pada tahun ’70-an? Adalah Arthur Haywood yang memikirkan ide tidak lazim ini di era saat itu. Beliau adalah seorang engineer sekaligus penggemar otomotif asal Tasmania, sebuah pulau di selatan Australia. Saat itu impor mobil amerika ternyata tidak bisa dibilang murah di Australia, dimana mobil amerika yang diimpor adalah SUV dan Truk yang besar dan handal di segala medan. Hal ini menarik minat Mr.Haywood untuk membuat Utility Vehicle berbasis dalam negeri (red.Holden).

mesin serupa dengan Monaro GTS yaitu chevy small block 350 cu in V8 300 hp yang dipadu dengan transmisi AT 3-percepatan ๐Ÿ™„

Diambillah sasis Holden Sandman sebagai proyek crossover pertama beliau, dan bentuknya diadaptasi dari Holden Kingswood H-series. Sementara masih menerima layanan konsultatif dari GM, proyek ini dibiayai oleh perusahaan Haywoodโ€™s Launceston Vehicle Engineering and Modifications. Mr.Haywood percaya kalau holden sudah punya sasis yang baik untuk dikonversikan dengan 4WD. Beliau ingin merealisasikan Holden tangguh dengan mesin V8, Turbo 400 Hydramatic auto, power steering, radiator besar dan box chassis. Oleh karena itu, Beliau sengaja terbang ke Amerika untuk membeli Dana M20 Transfer Case dan Dana 44 untuk front drive axle dan Dana 60 yang dipesan khusus lantaran rear axle ori Holden tidak cocok. Dengan aplikasi ini, Overlander menjadi mobil dengan kaki2 terkuat dibandingkan dengan yang lain.

gardan segede kepala dan per daun menjadi ciri khas overlander ๐Ÿ™„

Fitur yang dimanjakan oleh Holden Overlander ini antara lain adalah mesin Holden 350 cu in (5.7 liter) V8 bertenaga 300 hp dan bertorsi 520 nm, dengan T-bar 3 speed Hydramatic transmission dan rear limited slip differential. Banย 10R15LT radial All Terrain TA Goodrich, bullbar, suspensi heavy duty dengan double actingย  sokbreker demi ground clearance, disc brake di depan dan drum atawa tromol di belakang, Power steering, AC, bucket seat, piranti audio, instrumen seperti jam, speedo-tacho, temperatur radiator, oil pressure dan charge baterai (batre tabung lo bukan batre hape). Overlander pun mempunyai dua model, versi Ute dan Station Wagon dengan aplikasi 4WD atau 2WD FF. Asyiknya walau ini produk di luar Holden namun Holden menggangap mobil ini salah satu line up mereka sehingga mereka memberi garansi bagian kaki-kaki 50.000km kepada pengguna Overlander, tentu saja ada juga garansi dari Mr. Haywood.

suksesornya Overlander nih, Holden Adventra. Sayang produksinya diberhentikan tahun 2008, digantikan dengan Chevrolet Holden Captiva. ๐Ÿ™„

Overlander diproduksi dari tahun 1976 dan sempat berhenti di tahun 1980 karena kesehatan dari Mr.Haywood yang memburuk. Namun mobil ini kembali diproduksi pada tahun 1982 sampai akhirnya discontinue pada tahun 1989. Umurnya yang 14 tahun membuktikan bahwa Overlander saat itu diminati konsumen karena ketangguhannya. Mengingat modelnya yang cukup ciamik rasanya bukan tidak mungkin ada pengguna Sandman yang memodifikasikan ala Overlander. Berminat Sedulur? ๐Ÿ˜€

dengan ground clearance setinggi ini dijamin bisa blusukan deh! :mrgreen:

kalau sedulur perhatikan kolongnya bakal nampak ada tuas transfer case ๐Ÿ™„

iklannya nih.... manteb tenan ๐Ÿ˜€

Source from justauto.com.au and theamazoeffect.blogspot.com

Advertisements

9 thoughts on “Holden Overlander 4×4 -Another Different Muscle Car Based on Crossover, Australian Street Killerz-

    • australia memang jagonya bikin sedan tahan banting. Holden kingswood saja dinamai seperti itu karena bisa diajak blusukan hutan, cuman offroad ringan sih. ๐Ÿ˜€

  1. Inspiring!

    Jadi pingin punya project :

    Body Vantrend
    Penggerak Mazda 323 GT-X
    Mesin diesel RF-CX Comprex dari Capella

    ๐Ÿ™‚

    • hahaha nice! :mrgreen:

      sebenarnya banyak orang yang memodifikasi sedan ala alto yang mirip2 seperti ini. Tapi menurut saya sih lebih baik model estate aja biar lebih masuk temanya.

      • Hihihi…Tapi aku sudah kesengsem sama Audi Allroad Quattro C5, sayang harganya…

        Cocok buat bawa keluarga mudik…Soo Indonesian ๐Ÿ˜€

  2. Hi teman2 ada ga ya yang jual Holden Monaro Gts thn ’60 an pintu 2 yg harga murah n aq kepingin sekali (Original) klo ada n dapat.

    Bila ada teman2 megetahui boleh info d ksh kesaya vina 0813 1572 0418

    Mksh Teman2 info semoga ALLAH yg membalasnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s