Datsun Berkibar Lagi Dengan Menggusung Compact Car! Rival Baru Daihatsu??

reborn nama dan logo saja dengan suasana yang lebih fresh, tapi formatnya beda dengan dulu πŸ™„

Sedulur pasti ngeh dengan brand Datsun kan? merek ini sejatinya adalah nenek moyangnya Nissan sebelum tahun 1986. Di era seventies dan eighties ini memang datsun sedang heboh2nya dengan line up mobil mewah dan kencang. Sebut saja B120 pick up, 120Y coupe dan sedan (Sunny series), 1600 (bluebird), serta yang tersohor adalah varian SSS (triple S) serta 240Z alias Fairlady Z. Walaupun mereka sejatinya masih ada penerusnya dengan titel nissan namun bila menyebutkan beberapa tipe legendaris Nissan yang masih berdiri kokoh atawa belum discontinue, masih teringat saja bayang2 Datsun. Memang model-model nissan yang legendaris sampai sekarang ini berasal dari Datsun awalnya. Namun untuk kali ini Nissan membuat kejutan, dan yang membuka kotak pandora itu adalah Carlos Ghosn, CEO Nissan Motor Company yang lagi singgah di Jakarta. Ia mengumumkan reborn-nya Datsun sebagai brand ketiga dibawah bendera Nissan Motor Company setelah Nissan sendiri dan Infiniti (brand premium NMC). Mungkin kita sekalian berharap akan produk kencang dengan ciri khas Datsun dulu kembali populer, namun penuliz yakin sedulur bakal kecewa 100% karena mobil ini sejatinya adalah brand mobil compact!

naah bakal ada perlawanan gak ya dari daihatsu, kayaknya sih adem ayem aja nih kubu merah wkwkwk 😎

Datsun yang diusung kembali oleh NMC sejatinya hanya diperuntukkan untuk mobil low-cost green car dan compact car. Intinya apa? ini adalah format Datsun yang sama sekali baru, yang reborn cuma namanya. Datsun akan menjadi spesialis mobil murah untuk beberapa pasar yang menjadi “kerajaan mobil” seperti Indonesia yang penjualan kendaraannya terus meningkat. Negara sasaran lainnya adalah China, Brazil, Russia, India, Thailand, dan negara2 berkembang lainnya. Sepertinya ini salah satu strategi NMC agar Nissan tetap terjaga citranya sebagai kendaraan menengah mapan, Datsun dikhususkan sebagai kendaraan pembeli pemula dan kendaraan ekonomis dan Infiniti diatas Nissan dengan citra kendaraan premium.

bakal ada datsun march 1.0 dan low-cost green car lainnya ala Datsun untuk menggebrak pasar πŸ™„

Hal ini jelas tidak jauh berbeda dengan sedulur jauhnya, Renault. Mereka membeli brand Dacia, merek mobil asal Rumania dan menjadikan Dacia sebagai merek dibawah Renault yang menyajikan kendaraan ekonomis dengan kualitas Renault. Dulu juga Mazda pernah mempublikasikan Autozam sebagai brand compact car Mazda.Β  Hal serupa juga dilakukan oleh Toyota saat dulu membeli Daihatsu, alhasil Daihatsu sampai sekarang hanya membuat mobil compact saja. Ini mengindikasikan bahwa Datsun bakal head 2 head dengan Daihatsu yang menempati posisi penjualan terbesar kedua setelah Toyota di Indonesia. Datsun juga bakal rajin-rajinnya mengupdate 2 varian tiap tahun dengan jaminan sesuai selera pasar global, bahkan mudah dimodif. Mustahilkah Datsun bakal menandingi Daihatsu? nggak juga, mengingat Carlos Ghosn ini adalah orang yang bertangan dingin. Nissan mau kolaps aja bisa diperbaiki sama dia, bahkan bisa melahirkan kembali Godzilla (GT-R). Maka besar kemungkinan Datsun ini bisa berjaya sama si om Carlos ini….

Sebenarnya sih penuliz menyesal Datsun jadi brand compact, kasihan kan citra datsun lama yang terkenal dengan speed loperrss… πŸ˜₯

Advertisements

5 thoughts on “Datsun Berkibar Lagi Dengan Menggusung Compact Car! Rival Baru Daihatsu??

    • suzuki ini memang satu2nya tembok nissan. Lagipula dari dua kubu ini lagi sembunyi2an mengeluarkan kartu as utk low-cost green car

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s