Alpine Bangkit Lagi! Bakal Sedulur Sama Nissan GT-R Lhooo!! Berlinette With Samurai’s Blood!

biasanya mobil identitas perancis terkenal akan desainnya yang indah, check this out! hmm indah nian lekukanmu, yang

mesinnya menyemburkan 120 hp, nyaris sama dengan nissan skyline gt-r "hakosuka" di tahun yang sama. apa iya cuma kebetulan

Dulu di jaman rally model penggerak roda belakang masih jaya, ada mobil yang berdesain menarik, penuliz sangat mengidolakan mobil ini. Dia adalah Alpine A110 yang beredar pada tahun 1961-1973 atau dinamai Berlinette (namanya bagus yah). Mode ini mempunyai kekhasan bentuk yang landai, bodi depan yang membulat dan yang paling khas adalah mesin di belakang! ya mobil ini punya karakter yang sama dengan Porsche…. naah mobil ini juga yang menginspirasi Lancia menjagokan Stratos di kancah WRC. Alpine A110 ini memakai banyak komponen dari perusahaan otomotif yang berbeda, Renault, Dauphine, Berlinetta dan Gordini, wuih cantik-cantik ya namanya. Mesin mengandalkan 1.1 liter R8 Gordini 95 hp SAE saat 6000 rpm. Setelah Renault membeli Alpine, Renault merasa A110 perlu di tune lagi sehingga mesin R8 yang terbuat dari besi tuang tersebut dikawinkan dengan blok almunium mesin TS Renault 16. Sehingga dengan dua dual-chamber karbu Weber 45 , mesin TS mampu meletupkan 125 hp (93 kW) DIN di 6000 rpm. Bersamaan dengan versi legalnya, 1600S, mereka dapat mencapai top speed 210 km/h (130 mph), wuih dewa sob!

dijoki oleh Jean-Claude Andruet berhasil merebut pertamax di WRC 🙄

Saat itu Alpine mendulang sukses dimana pun kompetisi rally seperti Monte Carlo Rally 1971 dengan joki asal swedia Ove Andersson. Kemudian saat World Rally Championship pertama kali digelar pada tahun 1973, Renault menngkombinasikan A110 dengan joki Bernard Darniche, Jean-Pierre Nicholas, Jean-Luc Therier dan Jean-Claude Andruet. Seketika pada tahun itu juga Renault memenangkan kompetisi WRC untuk pertama kalinya dengan A110.

Renault Alpine Concept pada tahun 2009 yang berhasil menghipnotis orang2 saat itu 🙄

heemm lekukannya itu loh, gak nahaaann!!!

Sekarang setelah Renault beraliansi dengan Nissan, ada wacana dari Carlos Ghosn, CEO Renault-Nissan, tentang kebangkitan Alpine. Hal itu disampaikan di Paris Motor Show 2012 lalu. Basisnya bakal mencomot dari Nissan GT-R, akankah mesinnya VR38DETT 3.8 liter V6 twin-turbo bertenaga 550 hp? wew bakal lahir godzilla asal perancis dong…. jadi terkenang akan Venturi Atlantique yang sudah lama tiada. Mungkinkah sosoknya akan seperti Renault Alpine Concept 2009 lalu? mbuhlah… kita lihat saja nanti. Kompetitornya juga tak kalah seru, tilik saja Porsche 918, Lotus Esprit, BMW i8 dan SRT Viper GTS,  persaingan supercar makin panas sob! Namun menilik abad 21 ini adalah booming green car. Apa iya green car adalah supercar? siapa tahu, teknologinya memang menjadi surga bagi produsen untuk menciptakan mesin bombastis dan efisien, oleh karena itu ia eksklusif. wong Toyota Prius masih mahal untuk kita.

 

Advertisements

4 thoughts on “Alpine Bangkit Lagi! Bakal Sedulur Sama Nissan GT-R Lhooo!! Berlinette With Samurai’s Blood!

  1. Pingback: Renault Nissan Bakal Gencar-gencarnya Melancarkan Serangan Mobil Kembar Gan! « Yudakusuma's Automotive Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s