(Mungkin Kalau Dijual Disini Bisa Jadi Avanza Killer Bag.2) Skoda Roomster

Yak bila kemarin kita sudah membicarakan tentang pabrikan asal Rumania yaitu Dacia (lihat disini), maka kita mulai menggeser sedikit ke negara Czech atau yang biasa kita sebut Ceko. Di negara ini, ada sebuah perusahaan otomotif yang kondang di dalam eropa bernama Skoda. Skoda Auto adalah pabrikan yang kiprahnya sendiri sudah lama sekali yaitu tahun 1895. Pabrikan ini merupakan spesialis mobil mobil kecil dan menengah seperti toyota yang kita kenal disini. Skoda pun berjalan sebagai industri yang terbesar di Cekoslovakia (saat itu masih bergabung dengan Slovakia). Negara ini masih menganut paham Komunis dulunya sehingga Skoda dirancang sebagai mobil rakyat berharga murah demi kesejahteraan rakyat Cekoslovakia. Setelah komunisme punah dari negeri itu pada tahun 1990 maka Skoda mulai diprivatisasikan oleh Ceko, dan yang memperoleh hak saham adalah Volkswagen Auto di Jerman. Sampai sekarang Skoda masih menjadi anak perusahaan VW dan semakin merajai pasar, bahkan Skoda tidak hanya bermain di pasar Eropa namun sudah merambah ke India dan China.

Skoda Octavia (sekelas Toyota Camry) sering terlihat wara wiri di jakarta pusat dengan plat nomor CD

Skoda yang sempat mampir ke Indonesia adalah Skoda Octavia, dimana ia adalah rival jauh dari Toyota Camry. Mobil ini kadang bisa penulis temukan di jalanan Sudirman, Jakarta, tepatnya dengan plat nomor CD. Yup, memang mobil ini kebanyakan konsumsi para duta besar, terutama dari eropa (apalagi dubes Ceko). Karateristik yang dijual dari mobil2 Ceko ini nyaris mirip dengan Toyota disini, yakni kemewahan dengan harga terjangkau. Namun bedanya Toyota mengedepankan unsur kemewahan berpadu dengan kemodernan namun kalau Skoda menerapkankan kemewahan aristokrat ala Mercedes-Benz.

yak kali ini kita akan mengulas Skoda Roomster, nama yang agak hiperbola nih wokwokwokwok…..

Sebagai anak perusahaan VW yang bergerak di bidang mobil terjangkau, Skoda juga terpancing mengeluarkan people carrier kompak. Mobil tersebut sudah direncanakan masuk produksi pada tahun 2006 lalu. Terlahirlah Skoda Roomster yang sesuai namanya mengandalkan ruang yang lega dan luas. Walau tidak seaneh Peugeot Partner atau Renault Kangoo, namun basic city car dicampur van ala eropa tetep memberi kesan aneh. Menurut penulis malah serasa 2 jenis mobil yang disatukan, untung bisa terakomodir dengan tampilan gril dan lampu yang lebar dan manis sehingga kesan kereta kencana begitu kuat. Mobil yang dihargai £12,285 – £15,855 atau sekitar Rp.147 juta – Rp.190 juta,- di Eropa ini mengandalkan sliding door seperti yang digunakan Daihatsu Luxio dan Honda Freed. Yang mantap adalah basis yang digunakan berasal dari Skoda Fabia, sebuah compact hatchback setingkat Toyota Yaris. Skoda Fabia terkenal dengan pengendaliannya yang menyenangkan, tidak mustahil sebab Fabia sudah lama berkecimpung di World Rally Championship dan Incontinental Rally. Sehingga dengan basis Skoda Fabia yang sudah diriset sedemikian rupa dari WRC dan IC, mengemudi Roomster menjadi menyenangkan.

tata dashboard yang apik dan rapi dan pengendaraan yang baik, ciri khas people carrier eropa banget

Bicara soal dalamnya, tentu begitu Roomy seperti namanya, Roomster. Menilik sisi depan terdapat dashboard yang ditata apik dan kualitas pembuatan tentu kelas eropa. Dilengkapi Double DIN terintegrasi, AC dengan Climate Control, tilt steering dan MID serta remnya dilengkapi ABS dan EBD. Kekurangan paling fatal adalah dia hanya tersedia 5-seater, tidak seperti pesaingnya. Namun 5-seater yang dirancang oleh Skoda tidak biasa, Mereka mengaplikasikan teknologi pintar VarioFlex System. Teknologi ini memudahkan pembagian porsi tempat duduk belakang. Jarak kabin yang tadinya 40-60 dapat terbagi menjadi 40-20-40  sehingga bila bagasi sedang tidak membawa barang tinggal geserkan kursi belakang sampai poll dan terciptalah ruang belakang super luass setingkat Toyota Alphard. Kalau kita geser mode 40-20-40, maka terciptalah bagasi luas yang saking luasnya bahkan sepeda utuh tetap bisa masuk dengan leluasa, tanpa mengorbankan penumpang di baris kedua. Jujur aplikasi ini yang membuat penuliz kepincut dengan Roomster walaupun ia 5-seater, sayang tidak dijual disini hikz….

seperti 2 mobil jadi satu ya…. positif atau negatif?

Sekarang menilik faktor mesin, sejatinya Skoda Roomster menawarkan banyak pilihan mesin di Eropa, total varian mesin bensin dan mesin diesel adalah 15. Namun yang membuat penuliz tertarik adalah varian 1.2 TSI, walau kapasitas hanya 1200cc namun jangan lupa ini adalah mesin kecil ciri khas eropa sekarang. Dikembangkan oleh VW, mesin berspesifikasi 4-silinder, 8 valve, DOHC ini mempunyai tenaga 103 hp @ 5000 rpm dan torsi 175 nm @ 1550-4100 nm. Bandingkan dengan Toyota Avanza Veloz yang membutuhkan mesin 1500cc agar mendapat tenaga 104 hp @ 6000 rpm dan torsi 128 nm @ 4400 nm. Dari sini dapat terlihat bahwa turbo racikan VW membuat Roomster menjadi raja tanjakan meliha torsi besar yang sudah melimpah dari awal.

VarioFlex System, kalo bagasi gak ada barang ya tinggal geser poll… jadilah ruang kabin super luas ala Toyota Alphard

Overall walaupun ia tidak berasal dari pabrikan ternama namun Roomster menunjukkan kelebihan yang tidak dapat ditunjukkan people carrier mini lainnya. Menilik dari sektor mesin dan fitur Honda VarioFlex System ia memang menang mutlak dari Avanza namun kalau masalah kapasitas penumpang dan harga, Avanza masih dapat podium. Skoda Roomster sejatinya mengingatkan penuliz pada Suzuki Aerio, mesin canggih, kaya fitur, 5-seater, model MPV.

dan om jeremy clarkson dari top gear pun suka Roomster, MAK NYOOOSS!!

Tertarik?? beli di luar negeri dulu gan, kalo nggak mau jauh ke Ceko ya ke India. wokwokwokwok….

Advertisements

16 thoughts on “(Mungkin Kalau Dijual Disini Bisa Jadi Avanza Killer Bag.2) Skoda Roomster

  1. 140jt udah ABS, EBD, mantep…
    tp kalo masuk sini pasti dirombak lagi, desainnya kurang cocok buat pasar Indonesia, menurut saya 😀

    • hahaha ga salah kok… soalnya kan semua produsen mobil rata-rata ingin mengambil “kue”nya avanza, tapi belum kesampaian mendatangkan jagoannya. disini ane cuma share kandidat yang kemungkinan bisa jadi opsi untuk dateng ke indonesia aja, nice comment 😀

  2. Salam
    Sebelumnya maaf kalo info saya mungkin kurang akurat,
    Beberapa tahun silam,merk skoda auto sempat hampir dijual diindonesia,info dari majalah (maaf agak lupa sumbernya), skoda sempat mendaftarkan unitnya untuk tes kelayakan di indonesia.
    Bahkan skoda sempat membuat “calon” showroom di bilangan cideng, jika mungkin ada yg pernah lihat, logo skoda auto terpampang di dinding atas. Saat itu ketika saya lihat masih dalam tahap pembangunan.terakhir saya lihat calon showroom tsb menjadi showroom mobil cbu,lokasi kurang lebih dekat kfc cideng.
    Entah kenapa rencana itu tidak pernah dilanjutkan,apa mungkin merk skoda dianggap kurang menjual di indonesia atau hal perizinan.
    Saya pribadi sempat melihat 1 unit skoda octavia keluaran 02/03 dengan warna champagne,di daerah tanah kusir bintaro pada tahun 2006.sayang saat itu tidak sempat saya foto, tapi saya yakin itu skoda yg octavia yg dijadikan basis octavia wrc.
    Sejujurnya saya ingin mengetahui keberadaan skoda tersebut.
    Maaf kalau post saya dianggap spam karena sumber hanya dari penglihatan saya saja. Hanya sekedar share mengenai skoda,karena saya seorang penggemar octavia wrc yg mengharapkan skoda jadi dijual di indonesia.hehehe
    Salam
    Herlambang A.

  3. Jangan bandingkan mesin Skoda Roomster dgn Avanza Veloz dong, jauh banget..

    Mesin kecil dgn turbo yg dikembangkan VW = mesin high-tech dgn standar emisi Euro tinggi = di Indonesia STRICT cuma bisa pake bensin RON 95 sekelas Pertamax Plus yg cuma dijual di kota2 besar.. Dipakein RON 92 ky Pertamax pasti ngadat, apalagi dipakein Premium pasti jebol mesinnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s