Hot News! Nissan Punya Niat Membangkitkan Sportscar Kecil, Silvia Reborn??

Sedikit OOT soal loreca ya sedulur, kisah ini berawal dari niat sebuah media otomotif online Australia bernama drive.co.au mewawancarai chief designer Nissan Shiro Nakamura tentang kelanjutan versi Z dari Nissan. Tentu sedulur yang sering main game balapan atau nonton drift baik cinemanya atau realnya tahu baik tentang seri Z ini. Terlahir dari Datsun Fairlady Z alias 240Z, mobil ini menggugah publik dunia tentang engineering jepang, Sedikit flashback ke jaman dahulu saat sportscar panggung dunia ini muncul, nama yang diberikan juga punya arti yang mendalam. Nama Fairlady terinspirasi dari keanggunan seorang wanita yang diterjemahkan ke dalam bentuk mobil ini sedangkan Z menandakan flagship nissan saat itu [skyline waktu itu masih mati suri], Z dalam abjad berarti huruf terakhir, innovasi tertinggi dan tidak ada yang mengalahkannya [yaah agak hiperbola sih….]. Namun generasi terakhir seri Z yang bernama 370Z [penamaan merujuk pada kapasitas mesin 3700cc ] masih ada yang belum tahu apakah generasi selanjutnya akan bermesin lebih besar lagi atau justru turun.

the family of  Z, mau dibawa kemana masa depannya?

“I much prefer smaller sports car,” says Nakamura. “It is the time to look at that [smaller engines]. With 370Z, we still don’t know next generation will have a larger or smaller engine.”

Dari kalimat atas sepertinya Nakamura-san ingin mengatakan secara tersirat bahwa bisa saja Nissan memilih opsi sang “Z” di-spec down mesinnya dan bakal mementingkan soal light weight. Sepertinya di jaman yang menuntut efisiensi seperti ini justru rancang bangun ala produsen inggris Lotus lebih bisa diterima. Superleggera? Menurut penuliz bukan ide yang buruk. Bahkan Nakamura-san menambahkan mesin BMW M5 yang tadinya 5.0 liter V10 saja sekarang downgrade menjadi 4.4 liter V8 twin-turbo namun justru lebih powerfull dibanding versi lamanya. Bahkan untuk soal penamaan tidak perlu ambil pusing, bisa saja 240Z kembali seperti versi lamanya atau malah 200Z.

Haa? Kok jadi 200Z? Maksudnya 200SX aka Silvia kah?

wow, silvia mulai ngedrift lagi, gaz puoooooolll

“I cannot say,” was his eventual response, earlier saying he was a big fan of the idea.

“Light, sport coupe is a nice concept, I like it.”

He said sports cars were a key component of the Nissan range, which in Australia has been dominated for a decade by four-wheel-drives and utes.

“Sports car is a core of Nissan. We … really we have to sit down and work out what the future sports car should be for us.”

Weleh dalah, malah ralat wkwkwkwk….. Tapi ini bener2 berita yang bagus apabila sportscar yang discontinue kembali dilanjutkan, mungkinkah bakal menjadi Z yang bernyawa silvia atau malah silvia dibangkitkan dan Z terus jalan? huuh jadi bingung. Drive.com.au pun memancing lagi, apakah suatu saat three musketeers Nissan akan kembali? [Silvia, Fairlady Z dan GT-R]

era sportscar murah dimulai kembali, ini boilku mana driftmu?

“If there is a market we will do it,” says Nakamura.

Wew, heeh aja deh, walaupun ngga bisa beli sebagai penikmat otomotif tentunya kita berharap silvia kan datang suatu saat nanti….

Sepertinya Nissan terpancing Toyota karena kebangkitan 86-nya, booming penggerak FR lagi nih….

perang yang tertunda jadi memanas lagi deh… 86 vs z or sx[?]

Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjooooooooooosss!!!

Source from : drive.com.au

Advertisements

2 thoughts on “Hot News! Nissan Punya Niat Membangkitkan Sportscar Kecil, Silvia Reborn??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s