Yakin Astra Cuma Kembar Dua? Peugeot 107 Pun Ada Kesamaannya Dengan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya Looo….

Agya dan Ayla selalu menjadi topik pembicaraan dimana-mana, sebagai loreca generasi pertama tentu mobil ini menjadi sosok pertimbangan bagi orang yang beralih dari roda dua ke roda empat. Bahkan ada yang menjulukinya duo astra saking terkenal dengan kerjasama Toyota dan Daihatsu. Namun apa iya mereka pantas disebut duet Astra? Ternyata mereka harusnya disebut trio kwek-kwek astra. Lha yang satunya lagi mana, sedulur tidak akan menduga kalau sebenarnya untuk segmen loreca mereka punya versi luxury-nya yang nggak bisa disebut mobil murah [ya iyalah, yang namanya lux pasti mahalll]. Mobil ini adalah Peugeot 107! Haa? Kok bisa?

Jelas… karena sejatinya Agya dan Ayla mengambil basis desain dari dua mobil, satunya Daihatsu Mira e:S dan satunya Toyota Aygo yang seperti kita kenal. Namun Toyota Aygo di Eropa sana juga punya kembaran, bekerjasama dengan PSA Peugeot Citroen jadilah Peugeot 107 dan Citroen C1. Sehingga secara tidak langsung, walaupun bule tapi Peugeot 107 masih sedarah sama Agya Ayla. Uniknya karena APM Peugeot, PT. Astra International Peugeot – Sales Operation [AIP-SO] masih satu atap dengan Astra International maka penjualan 107 sepetinya memang masuk rencana mereka. Bisa saja 107 sengaja dijual disini untuk membantu kelancaran Agya dan Ayla. Lagipula mereka bertiga seharusnya bisa saling membantu di soal spareparts dan jaringan 3s. Kira-kira bagaimanakah strategi Astra dalam menggelontorkan trio astra mereka? Mari saksikan penjabaran otak khayalan inyong oke….

kembaran bule Agya dan Ayla, Peugeot 107 dan Toyota Aygo mempunyai dapur pacu yang sama persis, 1KR-DE.

Astra Daihatsu Ayla sebagai mobil rakyat memang ia punya ciri khas dan tampang sendiri. Dari sisi penampilan memang ia tampil atraktif sekaligus manis, disini astra tidak berani membuat desain ekstrem terhadap Ayla seperti A-Concept. Tentu saja agar desainnya bisa dicerna khayalak banyak karena tugas Ayla lebih berat daripada saudaranya, menarik pembeli roda dua agar jatuh hati ke Ayla. Dari kabin juga dibuat sefungsional mungkin agar bisa mengakomodir kebutuhan keluarga Indonesia. Agar murah, komponen yang dianggap suatu kemewahan hilang, digadaikan di pasar kemayoran mungkin. Bahkan AC pun dirontokkan demi mencapai titik termurah 75 juta rupiah.

Pokoknya gambaran mobil 75 juta tipe D ini kalau bawa keluarga jalan-jalan bisa nyaman, pengen seger ya pake AC, Angin Cendela [jiah maksa], pengen dengerin lagu sediakan MP3 china, pengen betulin spion pakai jurus panjang tangan, pengen tampil keren ya beli dop mobil atau cat aja pelek kalengnya. Tapi sedulur kalo merasa mual denger cerita penuliz, masih ada trim yang cukup manusiawi kok seperti M dan X.  Yang penting motto Ayla harga murah keluarga senang. Harganya berapa? Yaah seperti tadi 75 – 100 juta rupiah, pesaingnya ya Tata Nano saat ini dan calon loreca yang belum muncul2 sampai sekarang.

si mulut besar ini ditakdirkan bertarung dengan tata nano untuk mempertaruhkan harga diri menjadi mobil rakyat 

Mulai ke saudara yang setingkat diatasnya [harganya], ia adalah Astra Toyota Agya. Ini adalah satu-satunya mobil kecil toyota yang memakai bahasa desain ala mobil mewah Toyota, Under Priority. Cukup berani memang karena desain ini mengedepankan Gril X ala Lexus yang dipakai di Mark X, Crown, Camry dan Corolla. Malah dipakai di mobil kecil nan murah, yo wes ben setidaknya menegaskan peningkatan derajat dibanding Ayla walaupun desain under priority tidak terkesan prestise lagi sih hehe. Beda dengan Ayla, Agya dilengkapi fitur yang fleksibel seperti AC, power window, power steering, electric mirror, audio dll. plus ditambahi airbag sebagai pelindung pengemudi.

Bila ingin tampil beda ada juga body kit ala TRD-S yang membuat Agya beraura kei car sporty. Sayang TRD tidak memberi opsi peningkatan tenaga atau suspensi, yaah namanya loreca, harus nyaman dan irit bensin. Setidaknya Agya adalah loreca yang mengedepankan youth style, terlihat kece, bisa dibawa di segala tempat [di kota loh ya bukan hutan, kasihan] tapi tetep bujetnya bisa murah. Pokoknya soal maintenance buat anak muda pas di kantong lah…. Oh ya harganya estimasi di 90 – 110 juta rupiah, pesaingnya? Ya macam Kia Picanto, Suzuki Karimun Estilo, Nissan March tipe terendah dan Mitsubishi Mirage tipe terendah

model funky, si setrikaan ini bakal menjadi icon baru di beberapa kampus.

Berikutnya adalah yang tidak diduga, Peugeot 107. Bisa dibilang ini mobil racikan bersama Daihatsu sebagai spesialis mobil kecil mewakili Toyota. Sudah tidak asing mendengar berita di luar negeri Daihatsu Motor Company dan PSA Peugeot Citroen bekerjasama membuat mobil mini secara diam-diam. Postur desain ala kaki kucing yang ada di Mira e:S pun disumbangkan oleh Peugeot. Secara postur, 107 dibanding Agya Ayla sebenarnya tidak jauh beda karena basicnya sama. Mesinnya? Sama plek pakai 1KR-DE hanya saja Peugeot sudah disematkan VVT-i bareng Toyota Aygo. Bedanya dari Agya dan Ayla?

Jelas tampilan lebih 100% total berubah menjadi chic dan funky dari eksterior maupun interior, permainan warna lebih berani, piranti lebih banyak [ada ABS, EBD, MID, dan segala macem], dan lebih branded karena CBU dari Perancis. Dari segi harga memang jauh lebih ekstrem, 206 juta rupiah, dan AIP-SO nggak mengejar target muluk2 untuk 107. Karena mobil ini dikhususkan untuk orang kaya yang mengejar branded tapi naiknya city car. Lawannya siapa bro? Siapa lagi kalo bukan Honda Brio dan Smart Fortwo.

maskulin atau feminin? si model sexy dari perancis ini siap diajak berlenggak lenggok ria di catwalk downtown

Secara tidak diduga ternyata walaupun beda merek tapi diam-diam Astra International bisa merambah 3 kelas dengan mobil yang satu basis. Dengan insting sales walaupun produknya mobil kecil hanya berkapasitas 1000cc 3 silinder namun Astra jeli melihat potensi pasar masing-masing. Ayla untuk segmen murah, Agya untuk youth alias anak muda, dan 107 untuk kaum urban menengah keatas. Keuntungannya ya tadi sparepart dan jaringan 3s lingkupnya lebih luas karena secara spek nyaris sama. So silahkan pilih dengan bijak sedulur.

Lebih joss lagi kalo Astra juga jadi sales Aston-Martin, jadinya kan Cygnet bisa dijual. Harga eksklusif sparepart bertebaran wkwkwk…..

mesin serupa agya ayla juga merambah ke eleganitas james bond, born to be 007? sayang nggak masuk sini, lewat IU dulu lur….

Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjooooooooooooooosss!!!

Advertisements

20 thoughts on “Yakin Astra Cuma Kembar Dua? Peugeot 107 Pun Ada Kesamaannya Dengan Astra Daihatsu Ayla dan Astra Toyota Agya Looo….

    • sebenarnya dekat dengan draft lcgc cuma pug belum mempunyai pabrik perakitan, rnd, dsb. di indonesia. masih dinomorduakan astra.

      harganya paling nggak lebih murah dari smart 800cc, udah gitu plus bonus 2 pintu dan 1 baris pula hehehe… 😆

    • regulasi LCGC. mobil yang bakal dimasukkan kategori LCGC namanya harus berbau indonesia. Makanya untuk agya dipasang garuda dan ayla dipasang lambang A [mungkin astra].

      sebenarnya sih toyota sering memakai lambang lain di grille mobilnya sebagai trademark mobil itu sendiri, biasanya mobil-mobil JDM yg begitu, misalnya Alphard, Noah, iST, dsb.

  1. Kek nya ayla/agya beda deh ma aygo /107/ C1 …

    Klo aygo / 107 / C1 emang mobil yg sama beda body doang, tapi kayany beda deh ma ayla/agya

    • yang sama adalah platform dan mesinnya bro… buat menghemat biaya pengembangan mobil, jadi berefek ke harga mobil itu sendiri.

      bedanya hanya dari desain dan segi bangun mobilnya. contoh lainnya mirip sama nissan livina dan nissan note, mazda 323 dan ford laser, mazda2 dan ford fiesta, hyundai grand avega dan kia rio, yang membedakan cuma “casing”nya aja.

      umpama orang indonesia dan orang bule suruh buat i*domie dengan kreasi mereka masing2. bentuknya pasti bakalan beda tapi rasanya dan teksturnya kan tetep i*domie. 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s