Nih lur….. komparasi fisik 3 generasi honda jazz…. yang mana yang sedulur suka?

Evolusi honda jazz seumpama ponsel, makin lama makin canggih sekaligus makin ekstrem

Dulu honda jazz di indonesia hanyalah salah satu dari sekian banyak hatchback “biasa” yang didatangkan oleh importir umum dari jepang dengan nama honda fit, dan awalnya sih masih diunder-estimatekan orang-orang. Namun ternyata mesin yang diusungnya sangat hemat bbm saat itu dan kabin yang super lega membuatnya orang-orang kepincut dan kepopulerannya saat itu melonjak pesat setara dengan toyota alphard. Honda Prospect Motor, APM honda di Indonesia pun tertarik untuk menjualnya dan muncullah dengan nama jazz.

jazz generation

Perbedaan yang paling mencolok antara jazz [apm] dan fit [iu] saat itu adalah pilihan warna yang cukup [tidak] beragam, namun jazz dengan harga yang lebih bersahabat membuat fit versi iu pun terpaksa tidak dijual lagi. Honda jazz pun makin fenomenal keberadaannya dengan hadirnya versi sports 1500cc i-VTEC bertenaga 110hp, lalu merambah ke gen 2 yang mulai agak mengotak dan mesin 1500cc ditambahkan tenaganya menjadi 120hp. Sekarang hadir dengan jazz gen 3 yang makin mengotak dan makin lepas identitas tampilannya namun mesin yang diusung tetap 1500cc hanya saja makin dibengkakan outputnya menjadi 130hp. wew…

jazz generation02

Sekarang sebelum bendanya dihadirkan di indonesia, mari kita bandingkan sosok jazz rs baru ini dengan saudara tuanya, jazz sports dan jazz rs. banyak orang yang meyakini bahwa jazz rs baru ini tampil lebih keren dibanding pendahulunya tapi juga banyak yang meyakini tampilan jazz ini makin aneh. Kalo menurut penuliz sih malah mirip mecha [robot jepang] wkwkwk…. :mrgreen:

jazz generation03

Namun uniknya kalau melihat dari segi interior, honda jazz baru ini malah terlihat lebih kalem dan desainnya gampang dicerna. Menilik pada gen1 dan gen2, sepertinya gen3 ini memang desain campuran dari para pendahulunya. Kalo melihat dari audio layar mungkin saja versi indonesia diganti dengan double din biasa hehee….  Namun dengan kokpit yang lebih mengutamakan pengemudi, rasanya trend desain jazz mirip dengan desain kokpit mobil model 90’an yang bertemakan futuristik. Back to 90’ kah?

So apakah dari segi tampilan honda jazz ini bisa merayu konsumen indonesia saat ini? karena orang indonesia cukup peka terhadap desain, sekali sulit diterima sulit juga penjualannya meroket. Bagaimana menurut sedulur?

2014-Honda-Jazz-Fit-RS-front-three-quarter-in-motion-022014-Honda-Jazz-Fit-Hybrid-side-022014-Honda-Fit-Jazz-37[2]

nyetir sehat pasti pintar…………. salam genjoooooooooossss……….!!!!!!!!!

Advertisements

14 thoughts on “Nih lur….. komparasi fisik 3 generasi honda jazz…. yang mana yang sedulur suka?

  1. jujur suka yang terakhir yg buat 2014 nanti
    waktu yg generasi 3 ini belum muncul, masih suka yg generasi 2, ntar juga gitu utk generasi 4 :v

  2. Ane malah lebih demen sama jazz sports generasi pertama, apalagi warna silverstone, yg lain keliatan rada gembul. Tp belum pernah ngebandingin interiornya sih

  3. Kalau dari teknologi menurut info yg bagus malah yg awal2 masuk terutama yg matik karena sudah pake CVT bukan matic konvensional. Tapi terus di down grade karena katanya mbenerinnya susah kalau ada gangguan…..jadi balik ke matic konvensional. Ini menurut info ya soalnya belum pernah bongkar Jazz sih….:-)

  4. Gen 3
    L15A4 engine
    1500cc SOHC i-VTEC 130PS

    Model lebih garang mengkotak
    Mesin 1500cc kem tunggal dengan variable valve control dengan tenaga nyaris setara 1800cc DOHC

    Tanpa force induction macem turbo atau kompressor/supercharger

    Honda emang garang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s