Kira-kira kalau ada pabrikan yang jual sportscar dengan harga 150-300 jutaan, kepincut nggak yah?

Membangun kancah motorsport indonesia bisa dengan menjual mobil pure sport ekonomis

Mungkin sedulur ada yang pernah ingat dengan nama Lotus Elise, Mazda MX-5, honda cr-z? mungkin ada sebagian yang merasa ini adalah mobil yang wah…. namun sebenarnya hanya track record yang lama saja yang membuat mereka akhirnya menjadi mobil yang wah…. aslinya pabrikan menciptakan mereka sebagai sportscar ekonomis….. singkat kata murah om….. Lho gimana caranya murah??

Untitled1.jpg

dulu cuma model polos begini sekarang buseeedd

Sportscar tentu berbeda dengan supercar. Sportcar bila diibaratkan ke roda 2 umpama honda cb150r, yamaha vixion dan bebek super seperti suzuki satria fu. Sedangkan supercar tentu saja moge-moge 1000cc pure racing seperti ducati panigale, bmw s1000rr, honda cbr1000rr, yamaha yzf-r1, suzuki gsx1000r, ……… [tambahin sendiri deh 😛 ]. Yah jadi sportscar membosankan dong….. oh belum tentu…. kesenangan mengemudi tidak hanya diraih hanya dari trek-trekan semata bukan? namun juga dari kelihaian mengemudi, sensasi akselertif, fun to drive [apakah dengan menyetir bisa bikin muka tersenyum lebar] dan lain lain. Semua faktor itu punya rumus tersendiri dan dapat diwujudkan hanya dengan dana minim.

caterham_seven_1600.jpg

caterham 7 adalah mobil pure sport bermesin kecil racikan colin chapman… beratnya cukup 550kg sajah, jangan harap ada fitur pemanja disini

Sekarang mari lihat contoh mobil-mobil yang dibangun pure sport dengan harga terjangkau. Misalnya caterham seven, sebuah mobil yang bentuknya wagu [aneh] namun fun to drive. Mesinnya pun nggak bisa dibilang waou…. mulai dari mesin rover k-series, opel [biasanya mesin ini dipakai di vectra] sampai mesin hayabusa, pokoknya 150hp lebih sudah cukup deh. Bahkan spec mesin sekecil ini sudah cukup untuk mempermalukan mobil sekelas ferrari.

Capture_thumb.jpg

desas-desus yg dikutip di dapurpacu.com, bakal pake mesin kei car

Bahkan caterham ada niat untuk membuat versi lebih murah lagi agar bisa meng-global dengan mesin suzuki alto works 660cc 64 hp [tentu bakal dikilik lagi oleh caterham]. Nah resepnya apa sih? simpel… sesuai dengan semangat orang inggris dalam membuat mobil balap…. buat sasis serigid dan sebisa mungkin ringan banget. Dalam hal ini caterham beratnya hanya 550kg, jossss kan?

cap2.jpg

suzuki cappucino adalah sportscar berbasis kei car, walau mesinnya kecil tapi distribusi bobot, akselerasi, penggerak roda, dll bener2 sportscar waheed

Kubu lainnya dari jepang? mari kita lihat yang tersohor suzuki cappucino dan mazda az-1. Model mereka bagus dan mereka pun kualitas pembuatan tak jauh beda dengan sportscar lainnya. Bedanya apa? dimensi bro…. dimensi mereka bahkan cuma selebar karimun estilo, mesinnya cukup 660cc turbo 64 hp, sangat simpel. Namun kalo di kancah touge run [balapan gunung di jepang] mereka ini nggak bisa diremehkan saat turunan. Bodi kecil dan mesin turbo membuat mereka seakan punya trik meringankan tubuh, bahkan fun to drive tetep dapet loh.

???????????????????????????????

mazda az-1, bisa dibilang rx-7 fc versi kei car [tapi ini nggak rotary loh]. mesin kecil diletakkan di belakang seperti ferrari alias penggerak mr. ngomong2 pintunya gullwing loh

So…. sepertinya bukan opsi yang buruk bila dihadirkan model sportscar dengan chassis rigid dan ringan berpadu dengan mesin 1500cc yang biasa dipakai mobil-mobil biasa. entah itu mesin jazz, mesin apv bahkan mesin avanza asal dikilik sedikit pasti josss dan indonesia sudah punya semuanya untuk membangun mobil… bahkan indonesia bisa lebih kreatif untuk meriset mobil model modifikasi, contohnya saja honda civic estilo penggerak roda depan buatan shift jogja [konon katanya honda estilo kedua di dunia yg penggerak rodanya belakang]. Sehingga mungkin saja kita membuat sportscar ekonomis yang fun to drive juga. Asal rajin riset dan setelah produksi getol promosikan di kancah motorsport pasti jadi. Bahkan meksiko saja sudah mulai membuat sportscar ekonomis macam mastretta mxt dan vuhl 05, malaysia ada proton satria neo r3, so kenapa indonesia nggak bisa?

s

meksiko udah bisa bikin mastretta mxt [atas], vuhl 05 [tengah] dan malaysia udah bisa bikin proton satria neo r3 [bawah]. indonesia? mestinya bisa lahhh….

Boleh nih kalo ada yg mau memberi masukan atau pemikiran cerdasnya soal ini 😀

Nyetir sehat pasti pintar…………. salam gendjossssssssssss!!!

Advertisements

23 thoughts on “Kira-kira kalau ada pabrikan yang jual sportscar dengan harga 150-300 jutaan, kepincut nggak yah?

  1. kasus yg hampir sama terjadi di satria f, dg mesin 150cc setara dg mesin lain, tapi dikasih bodi ringan, hasilnya dicaci maki para pahlawan septi riding

  2. Ini yg bisa para produsen Kei Car, Suzuki Punya Capucino, Daihatsu punya Copen….disini gak ada yg tertarik karena maunya MPV atau SUV….

    • kalo disini mungkin settingannya untuk anak muda atau mobil kedua alias mobil hobi saja [kalo sudah ada mobil operasional macam mpv atau suv]. yaah segmen pasarnya mirip honda cb150r gitu :mrgreen:

  3. Honda CRZ mgkn sportcar dgn harga yg cukup trjangkau utk ukuran klas itu.kalo liat di brosur,peak powernya 120 ps,setara ama honda jazz dong,padahal kastanya lain,knp ya? Ato mmg salah nulis?

    • kalo gak salah harganya 450-500 jutaan, masih kemahalan itu gan. sebenarnya cukup 200 juta kebawah sebenarnya bisa bikin sportscar yang pahe. Mesin nggak usah heboh-heboh amat, mesin avanza atau mesin jazz bisa, cukup permainan rangka, desain, kaki-kaki sama perbandingan rasio gear sudah joss 😀

  4. sportcar mending pake mesin kecil 1.500 cc tapi ditambah turbo dll. biar tenaga bisa diatas 200 hp. dimensi juga seukuran sedan medium tentu dengan ciri khas 2 pintu dan desain sporti… kalo di eropa kayak peugeot yg 308 atauberapa serinya juga gitu.

  5. ane yakin kalau indo bisa buat mobil sport seperti ini
    negara lain pasti langsung segan dengan indonesia.

    contoh spesifikasi:
    bobot :540 kg
    tinggi :108cm
    Mesin :rotary engine 180cc twin turbo
    tenaga :360ps/9000Rpm
    Red Line engine:13.500Rpm
    sistem penggerak:
    mesin belakang penggerak belakang

    kalau indonesia bisa bikin mobil dengan spesifikasi seperti ini
    jangan Harap F3r4r1 bisa nyalip… 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s