Autopedia – Pengen Custom Tail Pipe? Ada Do and Don’t-nya loh…..

Ujungnya mau keren malah performa ngemposss, kan malah jadi cupu lur….

Lur, tentu pernah terbersit dari pikiran kita mau mendandani boil kesayangan kita dengan tail pipe kan? Walau ada yang hanya mementingkan suara yang macho saja sudah cukup, namun ada juga yang mengidamkan tampilan klimis yang enak dilihat mata. Tapi tentu saja hal ini memang cuma sekedar mempercantik bokong boil kita, apalagi motuba alias mobil tua bangka, yang walaupun berumur namun tetap bisa eye catching juga kan?

images

Universal-Stainless-Steel-Exhaust-Muffler-Tip-Remus

Namun sempet ada pertanyaan dari seorang rekan penuliz apakah tail pipe bisa menambah peforma? Tentu tidak sedulur…. karena tidak ada hubungannya dengan mesin otomatis tidak ada peningkatan peforma. Bila sedulur mainnya sampai ke silencer, baru ada pengaruh peforma.

2007-Strosek-Porsche-Cayenne-Tail-Pipe-1024x768

So kalo berminat, tail pipe ngga sekarang juga mulai bervariasi dari harga hingga kualitas, mau yang branded sampai ka-we superrrr juga ada. Biasanya harganya mulai dari 200 ribu sampai 900 ribu. Tentu saja ada harga ada rupa, bila sedulur mau tail pipe yang bentuknya nyeleneh [misalnya kayak punya BMW X5 gen2 atau tail pipe mobil konsep] harganya ya special order.

lead9-2013-lexus-gs-350-fd

kalau maunya tail pipe kayak punyanya lexus gs ini, harganya agak special lur..

Namun untuk cara pemasangannya harus diperhatikan nih, kalo untuk satu muffler saja sih tidak ada apa-apa. Tapi kalau sekiranya pengen dual tail pipe gimana lur? harus dua muffler-kah? Ok, disini butuh trik, harus dengan cermat melihat posisi penempatannya apakah bakal kena tangki bensin atau ban serep kolong. Bila sudah mencermati maka pembuatan masing2 muffler harus seimbang ukurannya kiri dan kanan. Kalau tidak bisa terjadi penurunan tenaga pada mobil, waduh gaswat ya….

W124_BrabusQ3C_3

Mau tahu solusinya? ada beberapa cara dari , monggo dipilih :

  • Samakan ukuran masing2 muffler dari hulu sampai muara muffler. Kalau cara praktis biar ngga turun tenaga sih ditambah silencernya.
  • Buat muffler palsu dengan cara memasang muffler palsu di seberang muffler asli lalu dibuatkan braketnya. Tapi kalo cuma satu muffler yg berfungsi, kentara dong dari asap dan bibirnya tail pipe dibanding sama muffler palsu? yah… tinggal arahkan saja pipa ke bawah sebelum tail pipe dan sambung tail pipe ke pipa biar terkesan menempel dengan muffler.

Yah semoga tips ini berguna lah, bisa membuat sedulur agak niat lah kalo kesengsem masang tail pipe. Hehehe….

Nyetir sehat pasti pintar………… salam gendjooooooooooosss……..!!!

Advertisements

6 thoughts on “Autopedia – Pengen Custom Tail Pipe? Ada Do and Don’t-nya loh…..

  1. tanya bro, apakah ini yg namanya silencer mobil?
    soalnya ada mobil yg silencernya di tengah, jadi ke belakang cuma ada saluran pipa doang sepanjang 1,5 meter
    kalo ganti knalpot semacam gambar di bawah ini apa juga harus copot silencer orisinilnya atau pasang aja langsung jadi 2 silencer?
    .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s