Perbandingan Toyota Agya VS Chery QQ 1.1, seberapa menjualkah agya dengan motuba city car lain?

Apakah LCGC memang pantas menyingkirkan motuba motuba dengan harga dibawahnya? berikut ripiunya melawan underdog Chery QQ

Seberapa banyak toyota agya di tempatmu? hal ini terbesit di pikiran penuliz ketika datang ke dealer toyota di jalan magelang. Dimana dealer ini sedang sibuk-sibuknya mendistribusikan agya ke konsumennya. Menurut satpam, orang yang mengambil inden agya bisa 2x sehari [kayak obat ya]. Namun tak disangka… masbro Muhammad Rizal Arsyad, si pawang mocin rupanya meminang toyota agya. Jadilah beliau mengkandangkan Chery QQ 1.1 beserta Toyota Agya. Dan untungnya masbro yang satu ini mau berbagi komparasi antara agya dan QQ, si mobil cina yang menggemaskan ini. Berikut adalah curhatan dari masbro unyu ini, waktu dan tempat dipersilahkan. 😆

a02

Halo saya muhammad rizal arsyad, kali ini saya akan mereview 2 mobil yang ada di garasi saya. Modelnya sekelas yaitu city car…. pertama apa dulu ya, hmm saya mulai dari impresi eksterior plat body, agya dengan QQ memang hampir sama namun lebar body agya lebih lebar jadi sedikit perhatian ekstra untuk nyelap nyelip di kemacetan, disini QQ lebih unggul dari lebar body bisa manuver lebih gesit.

a05

Ohyaa bagaimana impresi kenyamanan dalam menyetir? Well material setir agya memang didesain cukup menarik dimana logo khas toyota terpampang jelas disana powersteering cukup ringan namun keempukan jari jemari ketika menggenggap cukup ada perbedaan dgn QQ, dimana stir agya ini memang agak membal seperti karet namun agak kasar dibanding stir QQ yg dibalut kulit sintetis.

a01

Untuk manuver stir QQ sedikt lebih ringan dan cukup nyaman dibelikkan dengan satu jari, sementara agya perlu penyesuaian (mungkin karna karet seperti plastic itu ya teksturnya karna sy coba memutar dengan satu jari tidak seringan QQ, meski desain kebih menarik agya, stir QQ terkesan kuno dengan dua warna dan penempatan tombol klakson di pinggir stir (tidak ditengah seperti agya) namun ternyata fungsionalitas dari penempatan tombol klakson di pinggir setir ini membuat jari jempol sangat-sangat mudah untuk menekan, beda dengan klakson di tengah tangan harus ekstra kerja memijit dengan sedikit tekanan.

Nah untuk bunyi klakson dua mobil ini cukup imbang dan cenderung mengecewakan (massa klakson ky motor bebek) dimana suara klakson cukup imut tin tin , saran sy segera ganti tipe klakson ada ke yg lebjh besar suaranya (biar safety juga khannyalip truk gmn hayoo?) Takut nanti dikira motor gan hihi

a03

Hmm bahas apalagi ya, okay penempatan ban cadangan kedua mobil ini baik QQ maupun agya sama sama dibelakang tepatnya di bawah layer bagasi, sama sama cukup mudah jugauntuk mengeluarkan ban cadangan, mengenai ukuran ban agya didukung dengan profil ban 175/60 dengan diameter rims 14 sehingga ground clearence cukup tinggi, beda dengan QQ profil ban 175/70 namun diameter rims hanya “R13” cukup ceper untuk sebuah city car (apalagi QQ tipe sporty yg memiliki bumper cukup ceper) hitungan metricnya ya brp ya? Sy agak lupa mirip mirip jazz lah cepernya QQ ini.

Agya unggul ground clearence cukup tinggi sehingga untuk melibas speedbump (polisi tidur) cukup aman, chery QQ memang memiliki rims “hanya” 13 inch namun unggul di perawatan dimana harga satuan ban untuk R13 ini dibanderol cukup 300ribuan per ban lebih murah 100ribuan lah kira kira dibanding R14 (untuk harga disekitar kota depok)

a06

Lanjut bahasan antara Chery QQ dan Toyota Agya mengenai bantingan suspensi antara keduanya sebenarnya sama sama yaa cukup (mungkin ini perlu ditelisik lebih jauh) karena QQ sudah mau 4tahun penggunaannya sementara agya baru seminggu (jelas enakkan agya lah wong baru ) konsumsi bbm juga perlu di coba lebih jauh karna alasan diatas, sebenarnya sy agak kaget indikator tulisan eco dan 1:sekian km konsumsi bbm benar real atau tidak, rata-rata konsumsi bbm QQ 1:12km dalam kota 1:9-10 luarkota 1:15-16 QQ sporty yaaa 1083cc 4 silinder DOHC 16valve, jgn ketuker sama QQ 800cc 3 silinder.

1380008_10152025079066509_1892371004_na

^dafug, kok bisa ya? masa tripmeternya error?

Hal yg cukup mengerutkan dahi indikator perbandinga konsumsi bbm agya di dasbkr menunjukan ketika deliver kemarin, adikku yg nyetir 1:7,9 dalam kota!! Dilanjut ibuku nyetir dihari berikutnya tercatat 1:8,1 dalam kota!! Dan sy sendiri menyetir awalnya 1:8,1 coba sy kendalikan mengurut gas sesuai eco indikator paling hemat 1:8,2km, tapi jgn kaget dulu itu kan baru sehari dua hari ngetes, maka itu penasaran pingi tes luar kota (didalam hati bertanya bener ga sih ini indikator bbm) katanya 1:20 cuiiih tapi terlalu premature buat ngeklaim bbm agya lebjh boros dibanding QQ.

a07 ^dimensi pedal agya kayaknya agak keterlaluan ya kalo dibanding qq

Oh ya agya yg dipake tipe matic yaa gan dimana matic ini yaa seperti kebanyakan matic biasa cukup lama untuk berakselarasi, data waktu mmg belum dicatat (hanya sebatas feel) namun hentakan cukup berasa ketika pedal diinjak lebih dalam (perpindahan gigi) karna QQ sporty manual ya ga bs head to head dong, jelas lebih responsif manual transmisi heheh ohya idle mesin QQ ketika ac on memang sedikit terganggu suara kipas yg kencang ngiiinggg, tapi sy lebih lucu lg dengar idle agya 1000cc 3 silinder ini, kenapa coba idle suara getaran mirip diesel gan terr terrrrr halus tapinya lucu deh pokoknya, untuk material pedal sangat disayangkan agya matic ji pedalnya krang lebar dan hanya pelat, beda sama QQ meski mannual pedal lebih tebal dan dilapisi karet.

a08

Ohya om standar bbm QQ di tangki tertulis recomended fuel RON 93 sementara agya RON 92, dr baru agya memang diber bbm gratis oleh dealer sebanyak 20 liter, full tank agya 33liter pertamax tentunya beda dikit dgn chery QQ full tank 35liter, semenjak servis pertama waktu dulu dealer indomobil ecu QQ sudah di set RON 88 friendly oleh indomobil pada waktu itu, namun kejadian aneh QQ setiap isi premium indikator bbm suka ngaco kita isi full tapi cuma 3/4 bar, namun setelah jalan 1-2km lgsg full indikatornya hehe jika isi pertamax keatas kejadian aneh indikator hilang.

a10

Oh ya letak ecu agya terletak dibalik bonet (kap) gan dekat accu, sementara QQ ada dilantai (bawah dasbor), tips pengguna chery QQ nih dr komunitas, terlabih ketika banjir besar jkt tahun lalu ada unit QQ kerendem sampe ecu ikut basah juga, tips ecu QQ bisa dipindhkan ke atas didalam dasbor kiri (tempat airbag kiri) ya antisipasi jika ada genangan tinggi daripada ganti ecu baru, soalnya ecu QQ ini sedikt sensitif sistem akan bunuh diri jika ada yg nengganggu kinerja termasuk air intake udara qq tepat di atas bumper gan kalo buka kap keliatan tuh percis, intake udaraagya pun cukup tjnggi hampir sama dgn chery yaitu diatas bumper hehe. Oke sekian dulu soal impresi luar…. berikutnya saya serahkan kepada pemilik lapak, monggo.

Toyota Agya 1.0
Kode : 1KR-FE
Tipe : 3 cylinder inline, 12 valve, DOHC
Kapasitas : 988 cc
Tenaga : 65 @ 6.000 rpm
Torsi : 86 kgm @3.600 rpm
Tangki : 33 liter
Bahan bakar : Bensin tanpa timbal

Chery QQ Sporty 1.1
Kode SQR472, 4 Cylinders, 16 Valve DOHC, 4 in line dengan kapasitas 1083 cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga sekitar 68 hp pada 6000 rpm sedangkan torsi puncaknya 90 Nm pada 3800 rpm

Terima kasih mas Rizal, nah bagaimana lur….? besok kita lanjut mengcompare interiornya oke? siip 😀

lanjutannya :

Komparasi interior Toyota Agya vs Chery QQ 1.1, membandingkan kelegaan dan fitur masing-masing

Nyetir sehat pasti pintar………. salam gendjooooooooooossss……….!!!

Advertisements

29 thoughts on “Perbandingan Toyota Agya VS Chery QQ 1.1, seberapa menjualkah agya dengan motuba city car lain?

    • cari tahu dulu orang yg punya geely, soalnya kebetulan masbro ini emang punya chery dan agya 🙂
      kayaknya punya chery bagus-bagus aja sih soalnya track recordnya memang udah panjang di china 😛

    • untuk tenaga geely lebih hebat lg, (secara 1400cc) ngacirrrr banget sayang kurang mungil seperti qq, dimensi lebar geely panda 11-12 agya lah, kebetulan tetangga ada yg punya namun lebih sering qq saya keluar dibanding geely pandanya yg mendekam digarasi..
      chery assembly china, engineering german punya katanya cmiiw sempet kaget dpt advice baik dr yg punya bengkel knalpot langganan

  1. Pingback: Komparasi interior Toyota Agya vs Chery QQ 1.1, membandingkan kelegaan dan fitur masing-masing | Yudakusuma Auto Blog

  2. chery qq curb weight 880 kg
    agya. curb weight 800 kg,

    agya body bongsor bobot enteng, plat bahannya. pedal casis dudukan shock kap mesin tulang dll lebih tipis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s