Komparasi interior Toyota Agya vs Chery QQ 1.1, membandingkan kelegaan dan fitur masing-masing

Agya cukup terkenal akan kelegaan kabinnya, namun apakah hanya itu saja sudah cukup?

Lur, kemarin kita sudah membandingkan agya vs QQ dari tampilan luar di artikel sebelumnya… naah kalo belum baca coba sedulur datang kesini.

Perbandingan Toyota Agya VS Chery QQ 1.1, seberapa menjualkah agya dengan motuba city car lain?

Nah sekarang mas Muhammad Rizal Arsyad yang memang meminang 2 mobil yang penuliz komparasikan ini akan berbagi kepada kita soal interior agya dan interior QQ. So… gk perlu basa basi lagi…. waktu dan tempat dipersilahkan kepada mas rizal.

a05

a12 ^kaca rias lumayan nolong di QQ

Ok mari dilanjuut… bicara soal interior, agya cukup hemat dengan tidak menyematkan kaca rias dibalik sun visor, yaa namanya juga lowcostt gan. Chery unggul di interior jok full leather +kaca di balik sunvisor, jok agya cukup sederhana ya bahannya itu hmm… apa ya….? semacam fabric gitu mungkin cmiiw. Selepas turun dari dealer pun agya dirumah langsung dipasang aksesoris tambahan berupa sarung jok dan karpet dasar namun QQ kalah fitur keamanan yaitu airbag, sebenarnya QQ sudah menyiapkan dudukan dual airbag di depan namun dulu ketika masuk via indomobil fitur ini hilang untuk menekan cost.

a11 ^dashboard agya lebih well build dibandingkan dashboard QQ

Ya, kali jni agya unggul dgn kualitas plastic yg lebih menarik plus dual air bag, meski efek blindspot dari pilar A dan bonet (kap depan) agya sedikit lebih tersembunyi dibanding QQ, soal kenyamanan jok QQ memang unggul full leather namun ternyata agya pun cukup nyaman keempukannya mendekati senyaman QQ apalagi didukung dengan legroom luas seperti yg sy bahas sebelumnya tapi itu setelah pemasangan aksesoris sarung jok kulit lho keempukan jok antara QQ dan agya seimbang (sama sama empuk)

a14 ^kenyamanan kaki pengemudi agya terganggu dengan tonjolan kenop ac

Nah bicara posisi mengemudi, ini yg sedikitt mengecewakan dr agya, dari sisi legroom maupun headroom agya unggul dari QQ, baik depan maupun belakang lebih terasa lega (ya iyalah wong dimensi aja lebih gede dr QQ) namun ketika ambil posisi sebagai driver nah agya mulai menunjukan gejala legroom yg cukup sempit, dimana agya matic yg sy coba kaki kiri sy mentok ke dasbor (170/75) berbagai posisi sudah sy coba namun kaki kiri tetap mentok ke dasbor dekat tuas pengatur ac. QQ lagi lagi unggul dalam driving pleasure di QQ jadi penumpang terutama dibelakang memang agaksedikit sempit dibanding agya, namun ketika menjadi driver kaki kiri saya cukup nyaman untuk selonjoran… ga mentok dasbor (perbandingan posisi jok kira2 sama saat tes agya).

a13 ^bagasi lega, sistem pelipatan kursi agya dengan model kancing

Sektor bagasi nah ini yang cukup unik, di QQ kursi belakang bisa dilipat 60/40 untuk ruang bagasi yang legaa, namun di agya jok kursi belakang tidak bisa dirubah jadi hanya senderan jok yang dilipat, dan dilipatnya pun harus berbarengan karena jok belakang agya menyatu tidak terpisah 60/40 seperti QQ, lagi lagi QQ unggul dalam hal akomodasi bagasi, namun agya hanya unggul di legroom (terutama sebagai penumpang).

a15 ^bagasi QQ kapasitasnya cukup, pelipatan kursi cukup menekan tombol dan melipatnya bisa dibagi 2 [40 : 60]

Nah untuk quality control perihal interior agya menang lebih rapi dibanding QQ (plastic dasbor) namun ketika menengok sektor ruang mesin alangkah terkejutnya saya ketika melihat ruang mesin agya cukup lapang (mesin kecil) ada beberapa space yg terbuka, nah dr situ terlihatlah sambungan las lasan, sealer dll terlihat kurang rapi dibanding QQ, melihat ruang QQ padat penuh dengan mesin 4silinder DOHC 16v nya, tulisan ini memang tidak membahas spec mesin dll saya hanya sepintas melihat quality control kedua belah mobil (QQ maupun agya).

a16 ^banyak las lasan yang terlihat kurang rapi, ada maksudnya?

Lanjut ke pelat baja mobil di mesin agya cukup unik dimana plat body sisi (stuktur utama) tidak terus ke front bumper melainkan hanya sampai as ban depan saja, berbeda dgn QQ plat body sisi dteruskan menyambung sampai ke plat bumper depan, gimana bayanginnya ya? mungkin gambar bisa menjelaskan (tapi blum sempat foto ) untuk plat bagian belakang belum ditelisik lebih jauh (blum sdmpat bongkar bongkar bumper agya) hehe

a17

Fitur kunci remote QQ lebih unggul QQ punya anti theft system plus kunci immobilizer beda dgn agya hanya kunci remote dgn alarm biasa, meski lebih keren agya remote dipijit bunyi wik wik ga senyap kayak QQ, ketika remote lock agya hanya mengunci pintu, jika pintu bobol mesin tetap akan bisa nyala, lain dengan chery QQ jika remote off pintu bobol, secanggih apapun tools untuk paksa starter tetap mesin ga akan nyala, belum lagi fitur auto window up ketika remote lock QQ, jika kaca lupa ditutup cukup pijit remote lock kaca akan naik sendiri (otomatis) beda dengan agya yang kudu kontak on baru bisa naikin kaca , kalo kualitas speaker belum begitu diuji lebih jauh.

a18 ^remote key QQ punya segudang fitur anti theft system + immobilizer

Yaah kalo agya itu mirip dengan yamaha vixion, QQ itu bagaikan bajaj pulsar yg ditinggal pabrikannya barang bagus, fitur bagus dan sangat value for money tapi… curhat lagii yaa motor sy jg pulsar dan lagi lagi ditinggal pabrikan, malah fihak bajaj nawarin beli kia n indomobil malah nawarin ganti aja mobilnya nih pake produk suzuki percaya ambil QQ dulu karena komitmen indomobil.

Tapi itu dulu, yg lalu biarlah berlalu, lupakan segenap sakit hati ditinggal apm yg kurang bertanggung jawab, move on, nyatanya sampai detik ini baik QQ dan pulsar saya terjaga cukup baik, yaa mau ga mau jadi cari info ttg otomotif, belajar bongkar ini itu sendiri, repair ini itu sendiri, alhamdulillah semua sehat. Mungkin itu saja review dari saya, selanjutnya saya kembalikan kepada penuliz, silahkan….

Ok mas makasih, nah itu dia review dari mas rizal seputar agya dan QQ. Selain mengupas tentang agya juga membuka sisi lain tentang motuba Chery QQ yang selama ini belum terlihat orang orang. Tentunya pilihan tetap ditentukan oleh selera sedulur, so jangan ragu test drive sebelum dipinang. Siapa tahu sedulur dapat menemukan sisi lain yang sedulur belum tahu entah positif atau negatif.

Nyetir sehat pasti pintar………. salam gendjooooooossss……!!!

Advertisements

14 thoughts on “Komparasi interior Toyota Agya vs Chery QQ 1.1, membandingkan kelegaan dan fitur masing-masing

  1. Pingback: Perbandingan Toyota Agya VS Chery QQ 1.1, seberapa menjualkah agya dengan motuba city car lain? | Yudakusuma Auto Blog

    • yup betul agya remote lock distarter alarm bunyi disertai mesin menyala, namun di qq remote lock dicoba starter hanya lampu berkedip kedip tanpa meain bisa menyala sama sekali (padahal kunci aseli) ya ketika remote unlock baru bisa starter mesin menyala, di qq jgn kaget kalo begitu acc on mau starter bunyi beep itu pengingat bahwa kita belum pakai safety belt 😉

  2. Hahaha.. Senasib om, saya jg pengguna pulsar & chery qq..
    Soal kenyamana keduanya mantap, bensin irit, tapi ya itu cuma dipandang sebelah mata apa lg kl sama orang yg gila brand. Hehehehe..

    Btw salam 2 busi & salam QQ family (QQ family 017).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s