Driving Impression – Toyota New Avanza G 1.3 Manual. The next generation of million people’s car.

Model barunya lebih manusiawi….. tapi tetap saja kijang kapsul style

Hai hai lur…. setelah sekian lama akhirnya sesi impression driving ini hadir kembali dengan mobil rentalan yang lebih gresss dari kemarin yaitu Toyota New Avanza G 1.3 kinyis-kinyis. Kami tetap meminjamnya di tempat rental terpetjaja kami yaitu Expose yang berada di seturan. Berhubung udah kenal jadi agak enak juga ngomong dan minjemnya, soalnya yang punya mobil ya manajernya wkwkwk…. Yaahh akhirnya kami minjem sehari dengan trek yang seperti biasa lah…. Yogya-Madiun-Yogya PP lewat hutan jati ngawi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Hemm mengapa pilih trek yang seperti ini? kenapa nggak sekalian lewat tawangmangu – sarangan? waah daerah sana membutuhkan nyali lebih, apalagi ini mobil rentalan, pokok e taksih mboten kendhel lah langkung mandhapan….. wedi ditempeleng menawi rentalanipun nopo-nopo [pokoknya gak berani lewat turunan…. takut ditempeleng kalo rentalannya kenapa-napa] :mrgreen: So track ini seperti biasa terdiri dari 4 pengujian. Eco driving di yogya-solo, stop n go di kota solo, test akselerasi di solo-ngawi [soalnya 2 lajur berlawanan, selap-selip asoy] dan test ketahanan di samping lapangan iswahyudi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pertama ngobrolin dari desain dulu aja ya, menurut penuliz dengan segala lekukannya new avanza berhasil membuat body kijang kapsul style yang notabene flat dan membosankan menjadi menarik untuk dilihat. Namun kelemahan dari banyak lekukan ini ya… bodynya doi malah terlihat mengecil. Itulah sebabnya mobil-mobil kecil seperti city car umumnya tidak membuat banyak lekukan heboh dalam desainnya. Kelemahan yang muncul berikutnya adalah desain velg yang maunya sih palang 8 tapi kelihatan dari jauh jadi palang 4. Dampaknya? sama lagi… membuat ban yang terdapat di keempat kakinya menjadi terlihat kecil, padahal kurang kecil apa coba pakai R14 :mrgreen:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Namun penempatan krom sekarang lebih baik, tidak seperti avanza versi dulu yang gemar krom bling-bling seperti mobil rapper. Walau lebih minim namun cukup harmoni dengan desain lekukannya, ditambah warna putih yang juga memperkuat aura luks. Memang versi ini beda dengan gen 1 yang lebih cakep kalo hitam. Perubahan lain adalah handle grip pintu yang model tarik, bukan engsel, memang sudah seharusnya ganti kalo ini [yang bingung honda jazz rs kok masih model tarik ya? 😆 ].

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Dalam kabin Avanza, sekarang model dashboard jauh lebih fresh dibanding kemarin… penataan fitur dalam dashboard juga jauh lebih apik. Warna krem yang ditampilkan membuat suasana di dalam seperti di Innova, efeknya bagian dalam terasa lebih roomy dibanding pendahulunya. Beberapa material pun diberi ornamen yang khas sehingga lebih indah dipandang.

Capture01

^lho kok matic? maklum om gambar interiornya boleh nyomot dr autobild 😀
Soal kelegaan kabin untuk baris pertama dan kedua menjamin interior lapang dan akses masuk yang gampang. Baris ketiganya ngga bisa dibilang lapang tapi ngepas buat orang-orang dengan tinggi 180 cm kayak penuliz, mungkin kalo 160-170 cm masih enakan lah. Akses ke baris belakang juga masih gampang, lipat bangku yang kiri dan kanan lalu masuk deh. Bagaimana dengan kapasitas bagasinya? yaah… seperti yang ada di gambar di bawah, luasnya seukuran 3 tas ransel dan 1 tas slempang yang isinya full semua, memadai lah tapi untuk bawa oleh2 dari kampung sepertinya sisa ruangnya dikit :mrgreen:

20111114_ToyotaAllNewAvanza-16

Avanza versi G yang kami test dilengkapi fitur seperti 1DIN CD, AM / FM. MP3, 4 speakers, Double blower, kursi rel maju mundur di baris kedua Tilt Steering, 16 cup holder, Dual SRS Airbag, wireless key system with Alarm, Electric mirror, seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter. Untuk dari semua fitur penuliz ingin menyoroti kursi rel maju mundur baris kedua, fitur ini lumayan nolong dimensi kabin avanza loh. Tapi sayangnya saat kursi ditarik kok majunya dikit, pas mundur malah banyak. Duh gini sih sama aja ngga pakai rel maju mundur 😆

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Untuk kenyamanan dalam Avanza ini sudah punya racikan suspensi yang lebih baik dibanding pendahulunya. Kini dia lebih moderat saat bumpy, terbukti di jalan jogja-solo depan kopassus yang sangat bumpy dengan doi bisa lebih santai dibanding pendahulunya, feelingnya sama dengan luxio mungkin. Namun baiknya tidak membuat doi menjadi limbung, wah nilai plus ini. Mesinnya ya sama saja, karakternya bukan torsi juga bukan hi rev engine, mesinnya mampu dikail di putaran tengah sekitar 3500rpm, namun setelah 5000-5500rpm mulai ngempos.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Denger-denger sih soal keamanan, di test uji tabrak ANCAP. Toyota Avanza mendapat 4 bintang dari 5 bintang. Sepertinya improvment soal safety sudah menunjukkan hasilnya walaupun masih ada yg menyangsikannya karena predikatnya sebagai kaleng krupuk, wajar. Next artikel bakal penuliz kupas soal ini.

20111114_ToyotaAllNewAvanza-11

Soal konsumsi bbm… kami membuat hitung-hitungannya. Pengisian bensin sekali jalan 100.000 rupiah / 6500 rupiah per liter jadi 15.34 liter. Lalu soal jarak tempuh, odometer akhir – odometer awal [10182 – 10028] hasilnya 154 km, kemudian 154 km / 15.34 hasilnya 10.03 kpl. Maka dari trip ini avanza mencetak hasil 10.03 kilo per liter. Masih wajar mengingat kondisi macet di solo sampai sragen saat itu.

Capture

Overall…. improvment yang dilakukan Toyota terhadap Avanza mulai terlihat. Desain kini tidak lagi spartan, semakin dewasa saja. Lalu kabin juga lebih roomy seperti innova, plus suspensi lebih moderat dibanding lama. Walaupun sih ajrut-ajrutannya masih, belum lagi mesinnya yg masih nggereng [ngempos], nah ini peer toyota buat next avanza. Yah dilengkapi lagi dengan purna jual yang baik, sparepart yg murah dan melimpah membuat Avanza masih ada di hati peminatnya walau kompetitor masih banyak yang mengangkat senjata melawan Avanza.

TOYOTA ALL NEW AVANZA 1.3 G M/T [baru] : Rp. 172.500.000,-

TOYOTA ALL NEW AVANZA 1.3 G M/T [bekas] : Rp. 145 juta – Rp .155 juta

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Next Impression Driving? musuh sengitnya Suzuki Ertiga, stay tuned….

Nyetir sehat pasti pintar……. salam gendjooooooooosss……….!!!

source from : toyota.co.id, mostcarseries.com, autobild.co.id, okefood.com

Advertisements

25 thoughts on “Driving Impression – Toyota New Avanza G 1.3 Manual. The next generation of million people’s car.

  1. Sayang kenyamanan penumpang baris ke 2 dan 3 tidak di bahas. Sampai hari ini pilih 2 motuba daripada avanza lama… E2000 sama sidekicik. Memang kalah gengsi tp kenyamana tetep diatasnya… kapan utk ertiganya?

    • makasih om buat koreksinya, segera edit, untuk rodatiga kambing sun [artikelnya] :mrgreen:
      masalah gengsi sih gak masalah om… kalo dipoles eksteriornya pasti bisa sama atau lebih 😀

  2. konsumsinya BBM podo ae karo hilux d-cab 2011 padahal mesin masih pakai 1KD-FTV 3000 cc :mrgreen:

    Gigi 4 bisa dibejek sampai 160 km/h lagi. :mrgreen:

    audionya avanza juga agak pecah ya :v

  3. Dari model model mobil sejenis yang dikeluarkan oleh honda/mobilio, suzuki/ertiga, nissan/livina dan chevy/spin, bentuk avanza baru memang paling provokatif alias menarik, tapi dari kwalitas mengemudi…..wah ancur habis…. Toyota menempatkan avanza sebagai mobil murah, baik itu yang 1.3 ataupun 1.5/veloz, juga termasuk rush/terios… Oleh karenanya kwalitas engine, tentunya termasuk transmisi dan suspensi juga merupakan barang murah yg tdk perlu mendapat porsi riset yg mahal hanya untuk mendapatkan kenyamanan.
    Mesin avanza bukan mesin yg powerful (alias suka ngempos di rpm 5000 ke atas), pun juga mesin yg efisien alias hemat, tapi sekedar seonggok motor bakar sederhana (bagi saya vvti bukan hal istimewa). Toyota menerapkan manajemen fuel cut demi disebut hemat, yaitu membagi supply bhn bakar berdasarkan putaran mesin. Kalau pada rpm rendah, kira kira 1500 rpm bhn bakarnya dicekik, jadinya ada akan mengemudi dgn sangat tidak nyaman alias ajrut-ajrutan seperti belajar mengemudi.
    Transmisi juga selalu mendengung karena konstruksi yg sangat sederhana demi bisa memasarkan dengan harga murah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s