Setelah penantian 6 bulan, akhirnya si mojo [BMW 520 E12] balik lagi dengan kondisi ngganteng

Motuba emang ngga ada matinya…. walau kalah dari segi teknologi namun tetap lebih menjual daripada mobil baru

Sore lur… minggu kemarin cukup spesial bagi penuliz…. selain libur panjang, penuliz akhirnya bisa merasakan kembali sensasi si mojo setelah dicat…

Mobil ini adalah BMW 520 dengan kode E12 di famili para BMW. Mobil ini dibeli bapak penuliz saat waktu kecil. Pada saat itu beliau memang lagi ingin inginnya beli motuba dengan pilihan antara Peugeot 504 dan BMW 5 series E12 ini. Namun kakak penuliz yang lebih “petrolhead” [kepala bensin = bahasa slang buat penggemar otomotif] dibanding penuliz menyarankan untuk mengambil BMW saja karena tampilan hiunya… alhasil kami memfokuskan untuk mencari mobil ini.

5374_1221357858721_3570949_n

Sejarah nggak singkat BMW 520 E12

BMW 520 E12 adalah BMW seri 5 pertama keluaran pabrikan bavaria tersebut. Pendahulunya adalah BMW 1500-2000. Mobil ini didesain oleh Paul Bracq, seorang desainer berkebangsaan perancis. Mobil ini didesain untuk berhadapan dengan Mercedes Benz W114 a.k.a Mercy Mini yang uniknya juga didesain oleh Paul Bracq saat di Mercedes-Benz sebelum hengkang ke BMW. Kemudian Mercedes pun bertindak dengan menggelontorkan penggantinya W123 [kita kenal sebagai Mercy Tiger], saat itu juga BMW mengeluarkan versi facelift E12 yang dibedakan dari moncongnya yang seperti moncong F1 dengan beberapa penyempurnaan di kabin.

DSC00105

Sebelum E30 [BMWnya si Boy] banyak digunakan dalam motorsport, BMW mengandalkan E12 untuk beberapa kegiatan balapnya, terutama dari DTM. Hasilnya? muncullah racikan pertama divisi M BMW yaitu BMW 530 MLE, diikuti dengan BMW 533i Motorsport. Setelah meluncurkan BMW M1 lalu divisi M kembali meluncurkan versi hardcore E12, BMW M535i dengan mesin BMW M1. Namun bagi Alpina, M535i bertenaga 210 hp masih dirasa kurang… lalu diluncurkanlah Alpina B7 3.5 Turbo berbasis M535i dengan tenaga 330 hp. Di jaman itu tenaga 300 hp lebih sudah dikatakan masuk kategori supercar dan B7 masuk kelas supercar dengan bentuk sedan.

 M530TestCar
M530_RoadTrackTurbo
^BMW 530 MLE 🙄
bmw_m535i_1
^BMW M535i 🙄
autoimage.php
^ BMW-Alpina B7 3.5 Turbo 🙄

Tahta E12 selanjutnya digantikan oleh E28.

Pada saat tahun 1998 itu memang E12 masih banyak dijual dan harganya sih oke, tidak seperti sekarang yg populasinya menipis, apalagi harga E12 makin mencekek… kemudian akhirnya kami memilih E12 warna hijau yang seperti sedulur lihat ini.

DSC00106

Untuk spek mesin seperti biasa menggunakan mesin M10 2000 cc carburetor. Namun tercetus ide  iseng dari bapak penuliz, dari bore up dari 2000 cc menjadi 2500 cc [bayangkan 2500 cc dari 4 silinder… pistonnya segede apa?] koil racing, busi racing, cdi racing, dan yang paling ngeri adalah karburator double jebolan weber. Masih banyak lagi hal hal yg berbau racing cuma penuliz lupa. 🙄

12190_535076166519659_1761140879_n

Bagaimana hasil dari spek serba racing ini? alhasil mobil ini larinya edan lah kayak siluman. Tentu saja penuliz sih seneng aja dengan spek ngebut gini. Namun tentu saja hal berbau racing membuat konsumsi bbm gila gilaan [silahkan bayangkan sendiri lah ya 😆 ]. Apalagi jakarta makin macet sehingga peluang bermain-main lagi dengan spek seperti ini menjadi percuma. Berdasarkan hal tersebut semenjak 2009 akhirnya kami kembali waras, Ya sudah pada tahun 2010 kami putuskan untuk membuatnya ekonomis saja. :mrgreen:

1016195_630458586981416_2031885738_n

Alhasil kami normalkan kembali dengan mesin M10 2000 cc dan single carburator saja. Ya… tema kali ini hanya menjadikan dia sebagai mobil turing luar kota…. plus kalo dibawa jalan jalan jakarta juga tetep nyaman… Hasilnya fuel consumption pun bisa didapat plg boros 8 kpl dan pas jalan lengang bisa 10 kpl. Yah ngga beda jauh sama kijang kapsul lah ya :mrgreen:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagaimana soal ngebutnya? wah pikiran saya masih waras, perangkat racing dipakai lagi kalo sedengnya kumat aja deh :mrgreen:

So setelah rampung di mesin, 3 tahun kemudian kami lempar saja ke tempat pengecatan, dibuat semulus mungkin agar aura saat kami membeli terpancar kembali.

Dan inilah hasilnya… taraaaaaaa….

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

^pengendaliannya sangat beda jauh dengan gerobak zebra… sheer driving pleasure

Mulus kayak pantat bayi…. aura 5 series jaman dulu kembali terpancar. Tapi tentu saja ini belum final… masih ada peer soal ganti suspensi, beli spion E30… [spion krom abal2 itu cuma kebutuhan mendesak saja… tentu saja tidak akan dipertahankan… ] refresh sarung jok n kabin, penempelan stiker motuba dan mataraman… dan yang terpenting… geser tulisan 525-nya ke kanan. Duh tukang catnya malah salah pasang. 😡

Harapan penuliz semoga mobil ini tetap bisa terpelihara dengan baik…. sebab mengingat banyaknya kenangan masa kecil penuliz yang tidak terlupakan dari mobil ini bersama  bapak dan ibu penuliz…. Indahnya nostal-gila eh…. nostalgia… 😀

Giliran restorasi selanjutnya si gerobak zebra mak erot…. aku merindukannya…. 😥

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

bonusnya 😀
524292_483523308341612_193391830_n 527358_425215344172409_1829211781_n

Nyetir sehat pasti pintar….. salam gendjoooooooosssss…….!!!!

Advertisements

26 thoughts on “Setelah penantian 6 bulan, akhirnya si mojo [BMW 520 E12] balik lagi dengan kondisi ngganteng

  1. Inilah kelemahan desain BMW … Di tahun produksi yang sama, desainnya sudah mulai terlihat usang dibandingkan dengan mercedes… Soal ini Merc emang lebih cihuy…tapi soal sheer driving pleasure? Bayerische Motoren Werke it is hehehe…

  2. Wah nice info bro
    ane baru tahu kalau tahun 70-80an awal udah ada bmw seri 5, tak pikir yang ada cuma 318i yang mirip2 Fiat itu hehehe :mrgreen:

    ngomong-ngomong
    BMWmu itu kebanjiran ga? kan di TV, aku lihat orang2 pulau jakarta sedang merayakan Festival Air Comberan 2014 hehehe :mrgreen:

  3. Wooowww… mbl super kereeenn jd ngidam banget sama bimer neh, cuma mgkn lbh condong ke seri 318 aja kali.. so cute sih…

  4. gan, boleh tau bengkelnya cat-nya namanya apa? alamatnya dimana? ane mau restorasi kijang, kira2 bengkel situ ngelayanin juga? thx ya gan.. salam kenal sesama motuba lovers.. yudi

  5. gile beneran tuh bore up M10 sampe 2500 cc?? -_-
    btw mesin M10 katanya enak buat di-turbo-in, ga nyoba? hehe

  6. Om…perkenalkan saya A bie. Mohon pencerahan, sy punya E 12 520 th 73, lg di restorasi. Ada problem nih, starter gampang nyala, tetapi brebet….di gas ga ad pengaruh…kompresi 5 bar…pengapian bagus. Mohon bantuan ya…karbu bawa ke montir karbu cek semua masih bagus…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s