Driving Impression – Honda Mobilio E Prestige 1.5 Automatic, A Definition of Low MPV by Honda [Part 1]

Sejak Ertiga berani menginvasi wilayah Low MPV yg selama ini didiami Avanza. Nampaknya produsen otomotif jepang lainnya juga terpancing untuk mencolek kue Low MPV, contohnya seperti Honda…

Hallo lur…

Saat kemarin penuliz sudah memberi gambaran tentang Suzuki Ertiga pada saat penuliz mudik kemarin. Kebetulan tidak lama kemudian penuliz diundang oleh website otongmotip yang sudah tidak asing lagi…. yaitu Autonetmagz.com. Kesempatan ini diberikan oleh security dari kantor sana yang datang ke Juru Kuncen seperti ane ini…. doi adalah Bro Hanif…. Ya Honda Mobilio ini berhasil dipinjam dari salah satu anggota Mobility. So seperti apa serunya? lanjot saja gan…. :mrgreen:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Tujuan datangnya pertama ke Sirkuit sentul dahulu…. kenapa harus kesana? buat diajak balapan di Indonesia Touring Championship adu nanjak ke Hambalang. Ya tempat ini memang sangat pas buat uji handling, uji nanjak dan uji kenyamanan kaki kaki…. namun untuk sesi tersebut ada baiknya dibicarakan di sesi kedua. So mari kita lihat interiornya dahulu. 🙄

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pertama model eksterior berhasil mengeluarkan aura sporty yang biasa dibawa oleh Honda…. Basis dari Brio memaksa untuk Honda berkreatif agar dimensinya bisa lebih terlihat besar… maklum muka Brio [terutama grill-nya] membuat kesan kecil apabila diaplikasikan “pleg” di Mobilio. So grill dibuat melebar sampai mepet dengan headlamp, berikutnya bumper trapesium brio digusur diganti dengan model pipih namun berkesan elegan dan sporty. Ciamik…. 😎

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Melihat dari sisi samping model mobilio semakin menarik dengan mempunyai sudut tegas dan menariknya bingkai jendela baris kedua dibuat sudut patah dan pilar ketiga dibuat tidak ada… dari segi estetika tentu punya keindahan tersendiri. Tidak hanya itu saja, bagian belakang lebih cantik lagi dengan model super seksi… layaknya BMW X3 atau Mitsu Outlander Sport [kata temen]. Entah kenapa kebanyakan peserta Low MPV ini model bokongnya tidak penuh seperti Mobilio ya? 😛

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Lagi lagi ane tegaskan kalo ada yg mau punya Outlander Sport Wannabe, ini pilihan yang tepat :mrgreen:

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Penggunaan velg 15 inchi ini juga cantik seperti layaknya ertiga dan dibalut dengan ban GT Radial Champiro 185 / 65 R15… hmmm rims ban ini serupa dengan yang dipakai Honda Jazz Sporty gen1. Spionnya juga dilengkapi dengan lampu sein, berbeda dengan spion Brio. Plus Handle pintu model tarik… sayangnya apa yang dikhawatirkan penuliz pun sebelum launching bener bener terjadi…. handle modelnya Brio banget… Material pintu juga berasa kurang kokoh dan peredamannya kurang… Moga moga next gen bisa segera diperbaiki. 🙂

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berikutnya soal interior… ya dashboard bagian depannya ini juga… dengan berat hati harus penuliz  katakan…. Brio banget. Namun ada beberapa pembeda dari Brio… yaitu cluster instrument yang berbeda motif dan warna, Mobilio pake biru dan Brio oranye. Selain itu bingkai kisi ac juga cuma ada di Mobilio, Plus Audio model double DIN layar sentuh [hanya di E ]… sayangnya untuk pengemudi mengendalikan audio ini sangat jauh dari jangkauan tangan. Kantong dan cup holder bertebaran dimana mana… namun untuk tutup penyimpanan di dashboard kurang rapat. :-/

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Berikut adalah beberapa kelengkapan interior yang ada di tipe E Prestige CVT 🙄

Double DIN AM/FM Single Disc MP3/ WMA, AUX input, USB port, AC double blower, Airbag, Immobilizer, Keyless Entry, Alarm, ABS + EBD [E prestige CVT only], Seat Back Pocket, Sun visor + vanity mirror, sliding seat.

Bagaimana jok dan posisi mengemudinya? jok pengemudinya menggunakan model yang serupa dengan Brio rupanya… modelnya semi-bucket seat. Untuk posisi mengemudi penuliz merasa sudah cukup baik. Masalahnya jok ini membuat kenyamanan pengemudi dan penumpang disampingnya kurang baik… sebab bahan busanya minim plus tulangan jok yang cukup berasa. :-/

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

^kuncen yudakusuma.com bersama security autonetmagz.com 😆

Bagian bangku tengah dari segi posisi juga nyaman lur… visibilitas ke luar juga apik… dan lazimnya Low MPV sekelasnya… bangkunya menganut sistem panggung… [depan rendah lalu bangku belakang posisi lebih tinggi]. Plus ada sliding seat yang dapat memberikan ruang tambahan juga bagi penumpang belakang. Sayangnya untuk material jok terlalu tipis, tebalnya bahkan tidak sampai sejari telunjuk. Hal ini sepertinya dilakukan honda guna mengakali akses kabin. ^^’

Untitled-1

Untuk bangku belakang, pertama dari segi akses masuk…. untuk melipat bangkunya sendiri sudah menggunakan sistem “one touch tumble” [sekali geser pedal di samping kursi, kursi langsung terlipat dengan rapi] akses masuknya sudah leluasa dan saat masuk pun ruang kaki belakang tidak terasa sempit dan ruang kepala yang sangat luas. Untuk penempatan barang sendiri memadai dan doortrimnya membentuk model seperti handrest. 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagaimana dengan bagasinya? untuk bagasinya bisa dibilang juga lebih luas dibandingkan dengan kompetitornya Avanza, Ertiga dan Spin. Estimasi penuliz mungkin bisa dimasukkan 8 tas seperti yang ada di gambar isi penuh dengan kondisi 6 menyamping dan 2 di atas. 😀

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bisa dibilang dari segi kelegaan interior [menyampingkan Low MPV box like seperti Luxio dan Evalia] Mobilio terluas di kelasnya. 😉

Namun dari keleluasaan ini ada beberapa yang minus dari kabin Mobilio…. yakni material doortrim dan dashboard yang terlihat murah dan tipis serta kekedapan kabin yang kurang…Cukup mengecewakan mengingat harga jual mobil ini yang cukup tinggi, sampai 198 juta rupiah, nyaris 200 juta. semoga hal ini bisa diperbaiki di facelift berikutnya dan tidak nambah harga secara signifikan tentunya.

Capture Capture2
*update harga

Soal peforma, handling dan kenyamanan kaki kaki seperti biasa bakal penuliz lanjutkan di part 2 [ini aja udah terlalu panjang curhatnya wkwkwk…] :mrgreen:
Lanjutannya disini lur ➡

Impression Driving – Honda Mobilio E Prestige 1.5 Automatic, A Definition of Low MPV by Honda [Part 2]

Nyetir sehat pasti pintar…….. salam gendjooooooooooooooossss………!!!

Advertisements

13 thoughts on “Driving Impression – Honda Mobilio E Prestige 1.5 Automatic, A Definition of Low MPV by Honda [Part 1]

  1. lu ganti judulnya yud, part 1 details eksterior interior, part 2 baru driving impression, soalnya yang part 1 g ada driving impressionnya sama sekali… huehehee

  2. ____ Another limbah operpret by oonda.
    kaleng busuk. harga bekas jatuh fitur minim

    ____tumben tuh komuk kaga disensor megusta :mrgreen:

  3. wihh,.. ada review mobilio, spin, ertiga,… kenapa gak sekalian aja disandingkan dan dibandingkan fisiknya, mulai dari space, fitur, dan hal lain yang dirasa penting buat LMPV.

  4. Pingback: Impression Driving – Honda Mobilio E Prestige 1.5 Automatic, A Definition of Low MPV by Honda [Part 2] | Yudakusuma Auto Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s