First Impression Tata Ace EX2, Cukup Rp 69 Juta saja, Menawarkan Durability dan Kapasitas Lega.

Dahulu pick up yang value hanya kita temukan di Suzuki Carry 1000cc, namun sayangnya sudah discontinue. Tapi sekarang sepertinya kita bisa menemukan pick up yang serupa.

Pagi lur….

Mengingat Tata tentunya ingatan tidak lepas dari Tata Nano, sebuah city car sangat kompak dan harganya pun murah gokil… Rp.25 juta saja [di india th 2008]. Nano pun cukup menjadi pusat perhatian dunia waktu itu. Namun bila ditarik mundur sebelum 2008 sebenarnya Tata adalah produsen angkutan komersial yang telah memproduksi kendaraan sejak 1945. Dengan bekal pengalaman sepanjang itu akhirnya Tata berhasil memproduksi kendaraan penumpang seperti Tata Nano dan kendaraan komersial seperti Tata Ace EX2 yang akan penuliz review ini.

IMG_1678 

Tata Ace EX2 bisa dibilang tidak terlalu mempunyai keistimewaan bila dilihat secara sekilas. Namun alangkah terkejutnya penuliz ketika mendengar harga yang ditawarkan adalah Rp.69 Juta. Wow ini kendaraan se-value apa sih? Penuliz menggali info kembali dan rupanya mobil ini menggunakan diesel 2 silinder 700 cc saja. Wah menarik sepertinya bila menggali info mobil ini.

IMG_1680

Seperti biasa kita melihat tampilan luar, mobil ini memang sekali lagi terlihat biasa saja. Styling-nya mirip dengan kei-car di Jepang, kalo dari segi ukuran mungkin sedikit lebih kecil dengan Carry 1.0 juga, namun lebih modern lah… Namun ketika melihat belakang, wah spakbor belakang tidak memakan ruang bak jadi lantai bak lurus seperti Gran Max. Kulakan ready pokoknyahhh….

IMG_1674

Untuk bagian ban, dia menggunakan velg kaleng 13” dipadu dengan ban Ceat Milaze 155 R 13 LT 8PR Radial. Lalu mungkin sedulur ada kekhawatiran soal plat bodi, kalo plat bodi penuliz coba raba, rupanya tebal juga kok. Yah memang Tata ini selalu pede dengan taglinenya Play > Strong. Sektor lain adalah suspensi yang semua kakinya menganut per daun. Wew sangat bandel ini pastinya.

IMG_1681

Menilik interior, tentu semuanya serba minimalis. Door trim tipis, window by power, mirror by hand, tanpa AC… tapi hey… ini adalah mobil yang mengandalkan durability dan ekonomis bung. Penyimpanan buat taruh karcis dan koin ada di doortrim, box dashboardnya luas, ada tempat tape walau single DIN, ada jam dan MID, spido di tengah. Cukup untuk mobil seharga 69 juta kan?

IMG_1663

ex5ex7 IMG_1661 IMG_1666

Lalu kita bergeser ke mesinnya. Seperti yang penuliz bilang, mobil ini mengandalkan mesin DIESEL 702 cc 2 cylinder direct injection berpendingin air dengan 5 speed manual. Mobil ini dapat menghasilkan tenaga 16 hp @ 3200 rpm dan torsi 38 nm @ 2000 nm. Lalu kalo bingung sama spidonya yg cuma 100 kpj, sebenarnya mobil ini topspeednya cuma 70 kpj kok. Namun dengan model sesimpel ini, doi menawarkan low maintenance tentunya.

IMG_1677

 

Soal aftersales paling krusial, namun untuk sekitar jawa dan sumatera, aftersales Tata sudah ready dan Tata masih akan meningkatkan aftersales lagi untuk kedepannya. Karena menurut Tata, aftersales adalah modal paling penting untuk menjual produk komersialnya kedepannya.

Overall…. dengan model yang ngga kuno kuno banget, simpel, kaki kaki kokoh, mesin diesel kompak, dan bodi tebal ala mobil India…. oh ya plus harga terjangkau, sebenarnya ini affordable banget. Dan ini specnya kayaknya LCGC banget sih, sayang belum ada perakitannya, kalo bisa CKD pasti bisa jadi 50 juta nih.

Tata-Ace-EX2-outdoor-van-at-the-2014-Indonesia-International-Motor-Show-1024x682 Tata-Ace-EX2-outdoor-van-at-the-2014-Indonesia-International-Motor-Show-rear-quarter-1024x682

LCGC kapan bikinnya mobil komersial kayak gini sih, masa penumpang perkotaan… dafug….  -_-

Nyetir sehat pasti pintar………. Salam gendjoooooooosss…….!!!

Advertisements

32 thoughts on “First Impression Tata Ace EX2, Cukup Rp 69 Juta saja, Menawarkan Durability dan Kapasitas Lega.

  1. seharusnya mobnas itu bikin kaya gini dulu.jangan muluk2 bikin SUV,atau sedan..mending beginian..kan bisa dijual under 70an juta ..bisa membantu petani juga..engine comot aja carry 1,0 kan udah discontinue siapa tau bisa dibeli lisensinya

    • iya… mungkin lebih baik produksi ulang carry 1000 saja, jangan pakai desain yg beda dulu kayak china punya… takutnya ngga ada pembelinya kalau tampang ngga familiar. Lalu setting angka serendah mungkin deh, yakin 60 jt bisa. 😀

      kalo LCGC tadinya ngarep yang kayak gini eh malah keluarnya passenger car ^^’

    • Iya,betul.Tenaganya kecil banget.Tapi dengan torsi 38 NM cukuplah untuk mengangkut beban,apalagi didukung dengan bobotnya yang ringan.Selain itu juga pasti irit solar untuk biaya opersional 🙂

    • Ini diesel direct injection, bahan bakar pakai solar / bio-solar / jelantah minyak goreng (serius search aja youtube “cooking oil for diesel fuel”),……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s