Driving Impression Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT – Rice Menu On American Fastfood? [Part 2]

Setelah kemarin kita membahas habis interior dan eksterior maka kita tes performanya apakah punya hal yang special juga?

Yudakusuma.com – Pagi lur….

Kemarin kita sudah membahas beberapa poin penting interior dan eksterior Low MPV Amrik ini ya…. bagi yang belum tahu monggo dicek disini Computer

Driving Impression Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT – Rice Menu On American Fastfood? [Part 1]

Nah apabila kita sudah puas menerawang dalemannya [uh…] Chevrolet Spin Activ 1.5 Automatic ini nah sekarang mari kita coba membuka kap mesinnya untuk sedikit belajar tentang mesin yang diusungnya. Buka dari tombol kap dan KLANG! silahkan digeser tuas dan dibuka saja. Oh ya kap mesinnya berat juga loh, kayaknya besinya lumayan tebel juga…Winking smile

Mesin Chevrolet Spin Activ 1.5  01

 

Setelah dibuka maka terlihatlah sosok mesin 1500 cc bensin andalan Chevrolet ini. Mesin ini berkode 1.5 S-TEC III I4 Petrol dengan spesifikasi 4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi. Mesin ini mampu memberikan tenaga 109 hp / 6,000 rpm dan torsi 142 nm / 3,800 rpm. Untuk mengakomodir mesin ini GM menggunakan transmisi matic triptonic. Apa itu? nanti kita jelaskan saat jalan. 🙄

OLYMPUS DIGITAL CAMERA         OLYMPUS DIGITAL CAMERA

So gimana kaki kakinya? ya Spin Activ ini mengandalkan Independent McPherson with stabilizer and coil springs di sektor depan dan Semi-independent torsion beam with stabilizer and coil springs untuk belakang. Soal rem doi menggunakan ventilated disc brake yang tak ketinggalan ada ABS + EBD sebagai fitur safety sedangkan belakang cukup drum brake seperti kompetitor. Soal velg dilengkapi dengan alumunium alloy R15 dengan ban GT Radial Champiro Eco dengan profil 195/65 R16. In love

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bareng kru Autonetmagz.com, penuliz mencoba merasakan sensasinya memutari jalanan jakarta, jalanan UI dan blusukan di dalem hutan UI. Yah cukup lah untuk merasakan sensasinya Chevrolet Spin ini. Seperti biasa Spinnya ini digilir #eh? maksudnya ngetesnya digilir. Smile with tongue out

Masuk kabin penuliz coba sesuaikan posisi duduk, namun kayaknya posisi duduk spin ini sudah nggak ada yang perlu disesuaikan. Karakter bawanya kayak mobil rally [baca review pertama], setirnya cenderung tegap sedan tapi kita berasa tinggi. Mirip dengan Avanza tapi setir avanza masih agak tidur. Namun sejujurnya ngga ada yang menggangu kok. Thinking smile

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Seperti yang penuliz utarakan ada transmisi triptonic, nah ini transmisi satu satunya di kelas Low MPV dimana kita bisa memilih dua mode : otomatis atau manual. Manualnya pun simpel, pindah ke S dan ada tombol [+] untuk nambah percepatan dan [-] untuk mengurangi percepatan di ujung transmisi. In love

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Saat menyalakan mesin penuliz sempat mendengar suara mesin yang masuk ke kabin namun suara bising dari luar tidak masuk ke dalam kabin. Namun nampaknya ini bukan sesuatu yang negatif karena suara mesinnya cenderung low tone dan emm… merdu bagi ane… berasa mobil eropa dengan kubikasi mesin lebih dari 4 silinder. Asik aja… Suara mesin juga tidak lebih dominan dibanding suara saat mengobrol di kabin ataupun suara audio. Eye rolling smile

Review Chevrolet Spin Activ by Yudakusuma.com 10

Mencoba transmisi pertama penuliz mencoba fully auto dengan D, untuk transmisi D penuliz merasa transmisinya enak dan perpindahan giginya tergolong cepat apabila kita sedikit bermain galak, tak ada jeda yang besar. Bagaimana dengan triptonic nya? geser ke S dan penuliz rasakan saat menambah gigi kurang rensponsif, ada jeda sepersekian detik dan bila mengurangi gigi justru responsif. Setidaknya untuk menyalip fitur ini cukup membantu. Angel

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagaimana dengan mesinnya? jujur bagi penuliz mesin ini feelingnya cukup halus dan tidak terlalu liar. Bisa dibilang putaran bawah ke atas linear, tenaga juga cukupan kok. Oh ya untuk keiritan BBM mungkin tidak jauh beda dengan Low MPV umumnya, mungkin sekitar 1:13-14 namun perhitungan ini belum sepenuhnya valid juga. Mungkin next artikel perlu dibuktikan. Pointing up

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagaimana tentang suspensi? well… menurut penuliz sektor suspensi nyaman dibawa walaupun kadang di jalan jelek bodi mobil agak kebawa. Namun reboundnya cukup baik, bahkan polisi tidur pun tidak perlu harus engine brake dan dapat dilewati dengan santai. Jempolannya, tidak ada pengorbanan di sektor handling, bahkan cukup berani untuk slalom U-turn dadakan tanpa ada efek limbung atau understeer. Menurut penuliz suspensi Spin lebih advance dibanding kompetitornya karena bisa menyatukan kombinasi kelembutan dan handling dimana kebanyakan 2 hal ini bertolak belakang. In love

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Review Chevrolet Spin Activ by Yudakusuma.com 12

Overall sebagai kompetitor di Low MPV, mobil ini mempunyai kualitas yang cukup baik, doi berhasil memerankan karakter khas “Zafira” dengan format Low MPV. Ada berbagai detail dan fitur yang unik yang tidak bisa ditemukan di kompetitornya. Apalagi variasinya banyak, ada yang 1.2 Bensin, 1.5 Bensin, Activ 1.5 Bensin seperti ini dan 1.3 Diesel. Namun apa sih masalahnya kenapa produk ini kurang greget. Umumnya tampilannya bukan selera semua orang dan kedua jaringan 3S Chevrolet tidak semumpuni rival walaupun jaringan chevy kini sudah ditemui di berbagai kota. Sarcastic smile

Spesifikasi Chevrolet Spin Activ by Yudakusuma.com 01

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Mungkin analogi “MU yang masih dipegang Moyes” lebih tepat di Spin ini. Ini produk bagus, semoga layanan GM Indonesia bisa sebagus produknya. Smile

Bocoran next driving impression selanjutnya adalah….

Review Subaru XV by Yudakusuma.com 01

Nyetir sehat pasti pintar…………. Salam gendjooooooooooooooossss…………!!!

sets

Advertisements

17 thoughts on “Driving Impression Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT – Rice Menu On American Fastfood? [Part 2]

  1. Pingback: Driving Impression Review Chevrolet Spin Activ 1.5 AT – Rice Menu On American Fastfood? [Part 1] | Yudakusuma Auto Blog

  2. Pingback: Pabrik Perakitan Chevrolet Spin Di Bekasi Tutup. Wacana Spin Ganti Wuling Enjoy, WTF!? | Yudakusuma Auto Blog

  3. Pingback: Kenapa Nasib Chevrolet Spin Terlunta-lunta? Terkait Penutupan Pabrik Perakitan Chevy Di Indonesia | Yudakusuma Auto Blog

  4. suspensi spin paling keras bila dibandingkan dengan avansa atau ertiga, kekerasannya sama kayak honda mobilio, tapi sayang pengendaliannya di kecepatan tinggi masih kalah dari mobilio, ditambah busa jok yang paling tipis dibanding kompetitor…
    avansa suspensi belakangnya paling lembut, tapi sayang paling mengayun di kecepatan tinggi jadi kesannya kurang anteb, padahal cuma disebabkan oleh suspensi membalnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s