Mengenal Daihatsu Sirion, Hatchback Praktis Dengan Jiwa Sahabat Muda

Daihatsu Sirion adalah inovasi terbaru Daihatsu yang ditujukan bagi kawula muda dengan aktivitas ruar biaasa

Yudakusuma.com – Pagi lur….

Sebenarnya cukup banyak penuliz membahas berbagai macam mobil yang bisa dipilih bagi para sedulur. Namun rupanya ada mobil yang mungkin bisa acceptable buat dijadikan pilihan sedulur entah bagi sedulur sebagai keluarga muda, eksekutif muda ataupun mahasiswa yang sedang senang dolan dolan [*red jalan jalan] dengan mobil.

Capture

Nah karena temanya adalah Sirion sebenarnya apa sih yang istimewa di mobil keluaran Daihatsu ini? Sebagai Daraah mudaa… darahnya para remajaaa….. [halah] pasti menginginkan kendaraan yang simpel, practically dan eye catching. Good news itu semua udah menjadi identitasnya Sirion kok, jos tenan…. Yuk kita lihat speksifikasi Daihatsu Sirion.

Eksterior Yang Easy Looking

162451_1377108636

Berdasarkan hukum yang disebutkan di atas [simple, practically dan eye catching] mobil Daihatsu Sirion ini mencoba menterjemahkannya dengan desain yang halus, semua kalangan bisa menerimanya. Kalo penuliz bilang sih easy looking, dengan sudut lampu dan grille yang tajam serta velg alumunium alloy palang 6 tentu terasa aura sporty mobil ini. Namun melihat dari sisi feminim, doi mempunyai garis bulat yang unik dan lucu di fender dan garis atapnya. Fender bulat ini adalah karateristik desain Daihatsu yang dijuluki “kaki kucing”.

20121017_115629

Di eksterior ini Daihatsu juga melengkapi berbagai fitur yang membuat Sirion terlihat tampil gaya. Seperti penggunaan projector headlamp yang membantu sorot penyinaran [bakal sip ditambah HID], Foglamp, bodykit dan upper spoiler, electric mirror dengan turning lamp dan backlamp yang sudah LED. Doi juga sudah disematkan velg dan ban 14 inchi dan parking sensor yang membantu banget pas parkir. Mau lebih keren? ada varian Deluxe dengan velg 15 inchi yang lebih sporty.

Daihatsu-Sirion-Test_1

Interior Roomy + Homy

Agak lucu sih istilah ini haha… soalnya mengingat kawula muda yang banyak aktivitas dan butuh ruang gerak kan? Interior Daihatsu Sirion ini memang mewadahi keperluan kawula muda. Hal ini terlihat dari ruang yang lega, bagian kepala lega dan kaki juga lega di baris depan maupun belakang. Desain dashboard dan door panel juga terasa modern dan mewah berkat paduan warna beige dan hitam. Begitu pula desain kursi dengan bahan fabric yang lega dan nyaman.

20130521_Sirion-02 Capture1

Dashboard Desain Modern + Fitur Oke

Dashboard daihatsu Sirion indonesia mempunyai desain yang modern seperti yang sudah disinggung. Nah nggak lengkap tanpa kehadiran fitur, pertama dari cluster instrument doi menawarkan illuminasi biru muda dengan tampilan yang mudah dilihat. Oh ya Multi Information Display pun turut disematkan, berwarna biru cantik dan bentuknya pun unik, bulat harmoni serupa dengan cluster instrument.

20111128_DaihatsuSirion-14

Apa lagi yang lain? ada Audio double DIN yang sudah integrated dengan dashboard juga dilengkapi fasilitas bluetooth, MP3 player dan USB. Ada Vanity mirror di 2 bangku depan, setir sudah electronic power steering dan tilt steering, bisa setting maju mundur gan. Kursi penumpang juga bisa disetting naik turun dengan seat height adjuster.

integrated-audio-mp3 20111128_DaihatsuSirion-07

Soal piranti keselamatan, Sirion dibekali dengan Collapisible Steering Column yang menjaga lutut pengemudi dari benturan saat tabrakan, 5 seatbelt di segala titik, seat belt height adjuster untuk bangku depan plus ISO-FIX untuk kursi balita.

Penyimpanan Dimana-Mana

Bukan mobil daihatsu namanya kalo ngga pandai soal kapasitas dan kepraktisan. Sirion mempunyai tempat penyimpanan yang seabreg dan luas juga tempatnya. Sebut saja side pocket di door trim cukupan buat naruh botol dan buku, ada lagi under seat tray buat naruh sepatu, glove box jangan lupa buat naruh barang. Belakang malah ada seat pocket, shopping hook dan bottle holder 2 buah. Belum bagasi yang cukup luas untuk barang belanjaan. Mau sekedar ngampus sampai ngakap luar kota, siap sajah….

side-pocket seat-back-pocket under-seat-tray glove-box

Mesin Ekonomis nan Berperforma + Pengendalian Rigid

Mobil Sirion ini dilengkapi dengan mesin legendaris Daihatsu yang sudah terkenal bandel dan bertenaga. Berkode K3 VE dengan konfigurasi 1300cc VVT-i 4 silinder 16 katup DOHC [paling seneng nih anak muda denger kata DOHC 😆 ] dengan mantap meletupkan 92 hp @ 6000 rpm dan torsi 122 nm @ 4400 rpm.

20111128_DaihatsuSirion-06

Mesin yang diwariskan dari Daihatsu YRV ke Xenia, Gran Max dan juga Sirion ini punya performa putaran menengah atas yang baik dan ekonomis di konsumsi BBM. Oh ya, durability juga bagus dan mudah dioprek bagi kawula muda yang seneng balap. Bicara soal spare part, ngga usah khawatir… banyak kok.

20111128_DaihatsuSirion-01

Faktor berikutnya adalah kaki kaki, tidak sekedar didesain model kaki kucing semata. Paduan chassis rigid, Mcpherson coil springs dan Torsion beam coil springs ini dapat bermanuver dengan baik di segala medan. Dulu pernah penuliz nyoba naik Daihatsu Sirion Slalom Car dan diajak berslalom ria dengan ganasnya. Pas ditanya apa aja oprekan khususnya, cuma ganti header sama ganti ban + velg 15 inchi. Suspensi? ECU? Roll bar? nggak tuh… badalah…

slalom13_thumb untitled1recovered_thumb

Kesimpulan

Oh ya, belum bicara harga daihatsu Sirion ya? mobil ini ada 2 tipe masbro, Standar dan Deluxe masing-masing tersedia untuk transmisi otomatis dan manual. Harga daihatsu Sirion berkisar Rp.155.825 juta sampai Rp.176.825 juta [info situs daihatsu.co.id]. So so… Mobil ini punya apa yang dibutuhkan bagi sahabat muda dalam aktivitas…. harga bersahabat, tampil eye catching, interior luas enak buat bawa temen dan hehe… pacar, hemat bbm, bandel, dan bisa dioprek dan jadi basis mobil balap. Bisa apa aja, mobil yang kayak doraemon yah haha…

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA         OLYMPUS DIGITAL CAMERA         rnb6 srvq

Oh ya apabila sedulur yang punya Daihatsu Sirion bisa sampaikan ke kita juga dong opini…. kelebihan…. suka dukanya ngingu Sirion… di kolom komentar yes? Siapa tahu bisa jadi info lebih buat Sirion hunter 🙂

Nyetir sehat pasti pintar………… Salam gendjooooooooooooossss………….!!!

Advertisements

13 thoughts on “Mengenal Daihatsu Sirion, Hatchback Praktis Dengan Jiwa Sahabat Muda

  1. orang indo kenal hatchback ya jazz ato yaris… ga kenal yg namanya splash , etios, march ato sirion…. ditmbah lagi orang indo yg biasa itung itungan, mending ambil avanza ato xenia dgn harga segitu muat lebih banyak.

  2. mobil saya ini.

    min:
    suspensinya agak keras
    krn cbu, spare part agak mahal dibanding xenia

    plus:
    udah disebut semua di artikel
    oiya, bagasi lebar, bisa muat 4 galon.

    sukanya, krn mobil cbu, dan ga populer, jd berasa eksklusif.
    jengkelnya, kalo ketemu orang, terus ditanya “kok ga ngambil avanza sekalian?”

    hadeh…

    overall, sirion cukup fun to drive.

  3. mobil ane jg nih, minusnya di tanjakan suka kedodoran performanya, waktu dulu pernah mau parkir di pgc karna parkirnya di atas dan kebetulan macet pas nanjak, giliran mau ngegas ke atas malah ni mobil merosot turun smp harus di ganjel ckck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s