Refrensi Bacaan : Bakuon!!, Komik Tema Motor Asal Jepang Dengan Paduan Moe Lucu

Baru-baru ini Penuliz dipinjami beberapa komik dari teman blog yg baru dibelinya dari Jepang. Semuanya bertema Otomotif

bakuon-ridex-comic-review

Yudakusuma.com – Baru baru ini saya mengunjungi Jakarta kembali untuk meliput event otomotif terbesar di Indonesia yang dipecah menjadi 2 bagian, satunya GIIAS 2015 (Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015) dan satunya IIMS 2015 (Indonesia International Motor Show 2015). Sebenarnya sih saya sudah siap dengan beberapa artikel untuk membahas mobil2 menarik disana, namun dasar mood… Susah banget kalo harus bergantung mood ya… 😦

Nah singkat kata memang momen ke jakarta ini penuliz sempatkan untuk mencari kegiatan dan kopdar dengan yang lain. Seperti kopdar dengan Lovemotobike yg sudah kerja di Jakarta, Kresna anak fby galau dan mas Bk1ng si Motorsenang… Rupanya si Bk1ng ini habis dari Jepang dan doi membeli beberapa komik jepang bertema otomotif yang susah dicari disini dan kebetulan dibawa. So aji mumpung, tak pinjem aja hehe… πŸ˜›

bakuon-sampul

Salah satu dari ketiga komik asal jepang yang dibawanya adalah Bakuon!! Mungkin petrolhead yang demen anime/manga sudah tidak asing dengan komik ini. Ini adalah komik slice of life seperti K-ON dan Tamamo Market hanya saja bertemakan Otomotif. Ceritanya adalah sekumpulan siswi sma yang mempunyai ketertarikan satu sama lain tentang motor dan membuat ekskul klub motor di sekolahnya. (Mirip dengan K-ON yg buat klub band pop). πŸ™„

bakuon-comic

Bicara karakter ada Sakura Hane yabg tampil lugu, disini dia seorang pemula yang belajar tentang motor dan motor pertamanya adalah Honda CB400 SuperFour. Selain itu ada Amano Onsa tingkah lakunya paling nyeleneh dengan motor Yamaha WR400, iya dia pake trail… Emang nyeleneh hehe… Selain itu ada Suzunoki Rin, ya dia karakter yang saya suka… Punya gengsi tapi kadang bisa terbaca kelemahannya, penunggang Suzuki Katana 400. Selain itu ada sosok misterius yang selalu pake helm kemanapun dan dimanapun bernama Kawasaki Raimu, ketahuan dong bawanya apaan… Kawasaki Ninja. Yang terakhir ada Hijiri Minowa, seorang lady, orang terkaya disini dan bawaannya selalu moge eropa sebangsa Ducati, BMW bahka MV Agusta. :mrgreen:

Hhh kebanyakan ngomong ya sudah kita bahas langsung saja komik yg dibeli langsung dari Jepang ini. Secara dimensi dan ketebalan saya cukup kaget sekaligus terkagum… Dimensinya lebih besar dari komik biasa, bahkan My Favorite Bike jebolan Level Comics masih kekecilan dibanding Bakuon!! Ini. Apalagi komik sebangsa Doraemon… πŸ˜†

bakuon-my-favorite-bike-comic

Uniknya lagi saat kita menyentuh covernya, eh ternyata ini sampul toh… Saya jadi teringat komik-komik lama yang masih pake sampul di depan yang berwarna dan cover depannya yang 2 tone. Bedanya, dari segi kualitas sampul lebih baik, berasa sampul majalah dibanding sampul komik dan desainnya sampul komik lebih meriah dibanding desain cover komik lokal. So segera dibuka saja deh, nah ada halaman berwarna di depannya… Di komik lokal juga ada sih halaman berwarnanya… πŸ˜€

bakuon-cover

Tapi saya cukup terpana dengan gambarnya Mimana Sensei, warna oke dan ceweknya imut. Sebenarnya sih gambar ceweknya bisa imut gini karena Orimoto Mimana sebelum dia berkarya dengan Bakuon, beliau adalah He#### Manga Artist wkwkwk…. Ternyata ini toh gunanya jadi He#### Artist, well… Tapi walaupun masa lalunya seperti ini, tapi Bakuon!! Sangatlah jauh dari kata He####, memang ada juga fan service tapi Mimana-san pure membuat Bakuon!! Untuk bike enthusiast kok. :mrgreen:

bakuon-scene

Berhubung ini chapter 5 dan bahasa yang digunakan adalah Jepang jadi tentu saja saya tidak terlalu tahu alur ceritanya seperti apa. Namun menerka-nerka cerita yang dibawanya sepertinya adalah pengalaman-pengalaman para rider Jepang yang dibalut dengan tokoh cewek. Dari segi cerita sebenarnya sih gokil dan lucu tapi ya masalahnya cuma balon katanya Kanji jadi ya tebak-tebak berhadiah saja alur ceritanya. Menariknya memang gaya gambar cewek ala Mimana-Sensei yang too much cute for me, toning dan inking yang rapih gak terlalu rame dan proporsi motornya oke membuat saya gampang jatuh cinta dengan komik ini. πŸ˜€

Hijiri-Minowa-bakuon-ducati-panigale

Fan service berupa Artwork juga diberikan dengan tiap cover bab ada motor yang Mimana-Sensei gambar beserta karakter ceweknya yang sesuai dengan fansboy mereka. Seperti Hane membawa Honda Goldwing, Onsa bawa Yamaha Bolt dan Rin yang membawa Suzuki V-Storm 1000. Ada juga spesifikasi teknis dari motor-motor tersebut. Oh ya dari segi komiknya sendiri halamannya cukup tebal dan kualitas kertas rimnya kok bagus ya… Mirip kertas skripsi, duh jadi inget benda satu itu…. Tapi kini ia telah hilang yeaaaay!! πŸ˜†

Suzunoki-Rin-Bakuon

Bagi sedulur yang penasaran dan ingin membaca komik dengan karakter cewek dan bertemakan otomotif ini, sedulur gak perlu belajar kanji or hiragana apalagi ngumpulin modal buat beli komiknya kok. Sudah tersedia di beberapa situs komik online juga, walaupun updatenya blm sampai no.5 seperti yang saya baca di komik ini. πŸ˜‰

read-bakuon-comic

Kabar gembiranya… Bakuon!! Dalam waktu dekat akan dirilis versi animenya. Walaupun hanya 13 episode sih tapi oke bingits lah ada anime otomotif yang bisa kita tonton, bosen Initial D mulu hehe… Namun penuliz sih sangat-sangat berharap bahwa penerbit indonesia entah itu ELEX Media atau lainnya segera menerbitkan komik ini versi indonesia. Alasannya cuma satu, indonesia sangat suka roda2! Bahkan disini sudah ada Ninja 250, CBR250 dan R25 (walau sebatas artwork sih)… Tunggu apa lagi! πŸ™‚

bakuon-ojeckers

Ahh… ojeckers… kapan kamu tak lanjutin lagi πŸ˜₯

Nyetir sehat pasti pintar………… Salam gendjoooooossssssss…..!!!

Advertisements

20 thoughts on “Refrensi Bacaan : Bakuon!!, Komik Tema Motor Asal Jepang Dengan Paduan Moe Lucu

  1. sayangnya gaya penggambaran karakternya “moe” gitu. lebih suka gambar manga2 lawas macam Bari Bari Densetsu, Initial D, dsb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s