Review Komik : Eagle, Senator AS Keturunan Jepang Mengajukan Diri Jadi Presiden

Kita diajak untuk menyelami proses kampanye di Amerika Serikat beserta Pemilunya

image

Yudakusuma.com – pagi lur… komik bagi kalangan umum dan awam sebenarnya masih dianggap sebagai konsumsi anak kecil. Namun faktanya komik juga dianggap sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi bahkan memberikan gambaran masukan dalam suatu kondisi. Kritik sosial tidak jarang dicetuskan dalam sebuah komik, namun kenapa kadangkala tidak semua komik ada animenya?

Karena simpelnya anime adalah salah satu tontonan… tentu saja tontonan butuh rating bukan… nah oleh sebab itu tidak semua komik yang dapat dijadikan anime. Bahkan kadang ada saja komik bagus yang tidak dianimasikan, karena ya proses komik dianimasikan butuh rating / peringkat bagus dari pembaca. Seperti satu ini yang akan penuliz bahas adalah komik bernama Eagle cetakan level comics, divisi komik dewasa dari elex media komputindo.

image

Komik : Eagle
Tipe : Manga
Genre : Slice of Life
Pengarang : Kawaguchi Kaiji
Terbitan : Shogakukan Inc. Tokyo 1999
Terbitan indonesia : Level Comics 2008
Level bacaan : Dewasa (15++)

image

Dewasa? Berarti seronok dong? Oh nggak selalu gitu, komik dewasa lebih kepada alur cerita yang kompleks, kadang mengarah ke realistis juga… anak kecil kan gak bisa baca yang berat berat juga… So move on ke komik Eagle ini, komik ini bercerita tentang seorang wartawan dari surat kabar Maicho Shimbun bernama Takashi Jo yang mendapat kabar bahwa ibunya di Okinawa meninggal dunia karena keracunan gas. Tentu Takashi merasa terpukul atas meninggalnya sesosok ibu, bapaknya masih menjadi misteri karena desas desusnya adalah seorang tentara AS. Belum berakhir masa berkabung tiba tiba tempat kerjanya memanggilnya untuk diterbangkan ke Washington DC untuk meliput seorang senator AS berkebangsaan Jepang yang mencalonkan diri menjadi presiden bernama Kenneth Yamaoka.

image

Awalnya Takashi merasa heran karena dia statusnya hanya wartawan biasa namun justru dia ditunjuk untuk meliput aktivitas kampanye Yamaoka di AS. Namun banyak yang ia pelajari dari sistem kampanye di AS yang cukup ganas, suatu hari dia diberi tahu Yamaoka suatu hal yang mengejutkan. Bahwa ayah kandung ia sebenarnya adalah Yamaoka sendiri, tentu saja Takashi sulit mempercayai… untuk apa Yamaoka mengundang anak yang dia buang (yang notabene jadi skandal) untuk meliput kampanyenya. Tapi Takashi tertarik ingin melihat perjuangan senator ini untuk melaju ikut kampanye AS yang jalannya sangat terjal.

image

Secara garis besar dalam komik ini kita diperkenalkan pada struktur pemilu di AS yang memang cukup rumit. Di AS partai sendiri hanya 2 dan untuk menjadi salah satu kandidat partai tersebut dia harus meraih suara satu per satu di negara bagian. Penentuan hasil suara dilakukan dengan cara voting dan membaca berbagai peluang kemenangan pun juga dengan metode survey. Disini diperlihatkan bagaimana mengambil keputusan yang jeli saat kampanye dengan data data hasil survey yang ada. Selain itu kita juga diperlihatkan soal interaksi yang dilakukan capres, bagaiman capres harus menghadapi skandal apakah dia berjiwa kuat atau tidak, dan lain sebagainya. Disini juga ada sedikit bumbu cinta karena Takashi tertarik pada seorang wanita, anak adopsi dari Yamaoka yang menjadi tim sukses Yamaoka.

image

Soal sampul desainnya memang gak terlalu menonjol, sekilas kesannya sih rame tapi itu lantaran bendera AS yang dominan banget di cover ini. Seperti umumnya level comics, dimensinya lebih lebar dibanding komik elex umumya seperti Doraemon dan Naruto.

Secara cerita komik ini memang cukup menarik bagi kita yang ingin mengetahui proses pemilu dan bagaimana kesibukan para capres. Bicara soal jalan cerita pun, Kawaguchi-san mengemasnya dengan cukup apik… ada proses berlangsung sebelum punchline-nya dan dibuat ringan sehingga kita tetap asyik membaca, tak gampang bosan. Bingkai komik pun dibuat simpel dan sederhana dengan balon kata yang tidak banyak, namun kawaguchi-san berhasil mendeskripsikan cerita yang bisa kita tangkap di dari tiap bingkai tanpa harus membuatnya begitu ramai dan kompleks.

image

Overall bagi sedulur yang menginginkan Komik dengan jalan cerita yang cukup dekat dengan realita tapi tetap menarik untuk disimak, Eagle bisa jadi komik yang menarik disimak. Eagle ini seperti novel yang dibuat dalam bentuk komiknya. Karena ini terbitan 2008, penuliz belum tahu apakah komik ini masih ada di toko buku atau tidak… namun tentu harganya sudah naik. Solusi lain jika sedulur penasaran bisa dengan cari di toko buku bekas atau meminjamnya melalui rental komik. Mungkin komik online juga ada sih walau penuliz agak sangsi karena umumnya komik online hanya menampilkan komik yang sering dibaca orang.

So happy reading….

Baca sehat pasti pintar………. salam gendjoooossss……!

Advertisements

7 thoughts on “Review Komik : Eagle, Senator AS Keturunan Jepang Mengajukan Diri Jadi Presiden

  1. “komik bagi kalangan umum dan awam sebenarnya masih dianggap sebagai konsumsi anak kecil” ini yg msh perlu ad edukasi terus menerus. Komik tdk hnya utk anak2, Dewasa jg butuh..

    di dlm manga sempat menyinggung AIPAC nda mz bro? coz merekalah penguasa Amerika sesungguhnya..

    http://kasamago.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s