Modifikasi Toyota Calya / Daihatsu Sigra Pakai Velg Racing Besar? Boleh Juga

MPV LCGC 7-seater dari Toyota Daihatsu ini mempunyai bentuk badan yang proporsional, sayang ukuran ban membuatnya tampil cingkrang

modifikasi-daihatsu-sigra-velg-cover

Yudakusuma.com – Halo lur, sedulur masih penasaran dengan model Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, monggo disimak artikel Penuliz tentang Review Daihatsu Sigra disini. Mungkin bagi sedulur melihat Spesifikasi Toyota Calya bakal merasa cukup potensial untuk dibawa pulang. Apalagi dengan label LCGC membuat harga yang disematkan semakin fit, gak sampai 150 juta cobak…

Namun meski model MPV 7-seater ini tampil dengan fitur apik dan nyaris tanpa cela hanya saja yang namanya LCGC pasti ada saja downgrade yang terlihat. Yang paling mencolok adalah penggunaan ban R14 yang terlihat cingkrang di mobil ini. Yap berbeda dengan ban R14 Avanza yang oke oke saja dengan desainnya, pada Calya / Sigra maka penggunaan ban terasa tidak sinkron dengan desain yang ada.

modifikasi-velg-toyota-calya-cover

So tidak sedikit juga kok para pengguna Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang ingin memodifikasi pada bagian kaki. Modifikasi Toyota Calya pada bagian kaki-kaki sebenarnya mudah karena secara dudukan kaki kaki mirip dengan saudaranya Toyota Agya. Banyak juga piranti velg racing untuk Agya / Calya yang plug n plung di pasaran karena ukuran pcd Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pun 4 x 100.

Apabila sedulur adalah orang yang suka menggunakan kaki-kaki limbahan maka pada PCD tersebut banyak tersedia kaki limbahan mobil dengan ukuran yang lebih besar. PCD 4 x 100 dapat menggunakan : Chevrolet ( Activ, Aveo, Aveo New, Kalos, Spark, Spin ) Daihatsu ( Ayla, Ceria, Charade, Classy, Sigra, Sirion, YRV ) Datsun ( Go, Go+, Panca ) Ford ( Fiesta ) Honda ( Airwave, Brio, City, City Z, City New, City All New, Civic VTI, Estilo, Fit, Freed, Ferio, Genio, Jazz, Jazz New, Jazz New RS, Mobilio, Nova, Satya, Wonder ) Hyundai ( Avega, i10, i20, Grand i20, Grand Avega, Getz, Matrix, Verna ) KIA ( Shuma, Picanto, Pride, Rio, Rio New ) Mazda ( Familia, Lantis, mazda2 ) Mini ( Cabrio, Cooper ) Mitsubishi ( Lancer, Mirage ) Nissan ( March ) Proton ( Gen2, Neo, Savvy, Waja, Wira ) Renault ( Captur, Clio ) Suzuki ( Aerio, Baleno, Esteem, Karimun, Karimun Estilo, Splash, Swift, WagonR ) Toyota ( 1st, Agya, Altis, Calya, Corolla, Corolla All New, Etios, Great Corolla, Greco, Ist, Soluna, Starlet, Valco, Vios, Vios New, Yaris ).

modifikasi-toyota-calya-ring-16-jazz

So hampir banyak pilihannya bukan? Seperti gambar Toyota Calya yang terpampang disini adalah kepunyaan mas Ade Habibie dari forum CALSIC – Calya Sigra Community. Masbro ini memilih menggunakan velg Honda Jazz generasi kedua dengan ukuran velg R16 dan ukuran ban 185/55-16. Menurut beliau, pemasangan velg ukuran besar ini justru membuat kemudi mobil lebih baik, akselerasi tidak banyak berubah dan speedometer tetap akurat.

modifikasi-toyota-calya-ring-16-yaris

Lain halnya dengan salah satu member CALSIC, Agus Kurnia yang lebih memilih Calyanya menggunakan velg Toyota Yaris terbaru / Toyota Vios. Velg berdiameter R16 inchi ini dibalut dengan ban 195/50-16, yup tetap bisa plug n plung di Calyanya dan asiknya warna silverstone menambah kegarangan mobil ini. Refrensi lain juga bisa mengikuti masbro Indra Sukmana yang lebih memilih velg Honda City ukuran R15 dengan ban 175/65-15 yang tampil sopan dan terlihat rapi ala orisinal.

modifikasi-toyota-calya-ring-15-city

Bahkan di kasus tertentu masbro bisa menyematkan velg yang tampilannya agak tidak lazim, seperti punya masbro William Harjanto yang memakai velg Toyota Altis terbaru. Yup model ini mempunyai desain yang menarik dan tentu saja akan tampak keren bila dipasang di Toyota Calya seperti ini. Dengan ukuran R16 walaupun beliau tidak menyebutkan ukuran bannya namun tampilan Calya beliau nampak berbeda. Kesan LCGCnya kok jadi hangus ya haha….

modifikasi-toyota-calya-ring-16-altis

Jadi apakah sedulur yang mempunyai Toyota Calya dan Daihatsu Sigra jadi terpancing dengan artikel ini? Well… sedikit catatan bagi masbro yang akan modifikasi kaki kaki Calya Sigra, modifikasi kaki-kaki akan menghanguskan garansi yang meliputi kaki kaki seperti suspensi, pengereman atau pendukung kaki-kaki yang lain. Apabila hal tersebut tidak jadi masalah sedulur maka penggunaan velg yang baik sebaiknya menggunakan velg asli atau velg orisinal bawaan mobil lain.

Pertambahan ukuran untuk velg maksimal 2 step dari ukuran aslinya sehingga 16 inchi sudah yang paling maksimal. Untuk penggunaan ban usahakan tidak jauh berbeda ukurannya dengan diameter velg+ban ori Calya dan Sigra. Setidaknya semisalkan menggunakan velg bawaan mobil lain, ukuran ban juga tidak jauh berbeda dengan versi orisinal ban yang melekat pada velg itu sendiri.

Jadi bagaimana? Sepertinya modifikasi kaki-kaki bisa dicoba untuk Toyota Calya dan Daihatsu Sigra tercinta nih. Dengan harga Toyota Calya yang bisa dibilang cukup fit di kantong plus modifikasi kaki-kaki, sedulur bisa jalan-jalan kece bersama keluarga, ya kan?

Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjoooooooooosssssss……………!!!

source : jbautofashion.com, otodriver.com, fb grup CALSIC Calya – Sigra Community

 

Advertisements

8 thoughts on “Modifikasi Toyota Calya / Daihatsu Sigra Pakai Velg Racing Besar? Boleh Juga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s