Perkembangan dadakan dari pabrikan perancis ini membawa angin segar yang selama ini dihuni kelas LCGC
Yudakusuma.com – seperti tidak ada kabar apapun, bahkan tidak ada angin tidak ada hujan, tiba tiba saja renault indonesia resmi merilis mobil terbaru mereka di indonesia. Namun kali ini yang membuat saya kaget ada dua macam : pertama karena mobil ini adalah city car crossover asal pabrikan merk perancis (walau aslinya sih india); kedua adalah harganya yang murahnya saja setara LCGC. Bahkan saya awalnya susah membayangkan mobil ini bisa disetting di harga segitu.
Nah mungkin sedulur sendiri agak asing dengan mobil ini, kalau begitu mari kita sedikit berkenalan dengan mobil Renault Kwid, panganan opo to kui… kwkwk…. Yup sesuai namanya memang tidak perlu diragukan kalau ini mobil jebolan dari Renault yang itu~ Hanya saja saat ini Renault juga sudah membangun fasilitas perakitan dan RnD di India yang hasil jebolannya ya Renault Duster dan Renault Lodgy yang entah kapan nyampenya… Sedangkan Kwid ini bolehlah kita bilang Renault dengan kearifan lokal India, karena ide pembuatannya awalnya dikhususkan buat India. Meski begitu Kwid yang sedulur kenal bisa jadi adalah Kwid rasa ekspor karena sebelum berita ini muncul juga sempat ada spyshot uji coba Kwid di Perancis dan Argentina.
Secara tampilan mobil ini memang menggunakan unsur crossover yang mana tidak banyak city car memakai rumus ini. Meski begitu tampilan Renault Kwid Indonesia tetap menjanjikan dan terkesan tidak maksa. Secara desain memang cocok bagi sedulur yang suka desain ala sport activity. Mobil ini juga berbagi sasis dengan Datsun Redi-GO yang kemarin sudah diluncurkan di India sebagai adik GO. Hal yang menurut penuliz ganjil adalah penggunaan velgnya, kalau cuma 13 inchi sih tidak apa-apa tapi bautnya cuma 3 buah. Duh sulit mungkin bagi kita mencari velg lebih besar dengan baut 3 buah kalau tidak ditolong dengan adapter.
Untuk spesifikasi Renault Kwid Indonesia sendiri seperti yang penuliz singgung, Kwid ini mengadaptasi mesin 1000 cc, bukan 800 cc seperti di India… Mesin ini nantinya akan dioperasikan dengan transmisi manual. Nah speknya mungkin di artikel selanjutnya saja kita bahas…. untuk kelengkapan interior ada cluster instrument berbentuk LCD digital hanya saja minus tachometer. Selain itu ada layar konektivitas touchscreen dengan koneksi iPod. Hanya saja sedulur harus maklum dengan harganya bila menilik materialnya dashboard dan joknya yang mirip dengan mobil LCGC disini.
Selain itu hal plus yang bisa membuat orang lain tertarik dengan mobil ini adalah kapasitas bagasi Renault Kwid yang cukup mumpuni. Bisa memuat 300 liter ini sudah cukup bagus tentunya. Nah bagaimana tentang Reviewnya Renault Kwid di Indonesia? Tunggu saja artikel berikutnya ehehhe…
Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjoooooossssss…..!!!
semoga nggak kayak jaman renault tl era 80an yg ilang tanpa bekas…
secara desain mobil ini emang menarik banget, kayak small crossover gitu, tapi untuk onderdil kayaknya masih susah tuh untuk ane yang tinggal di kota kecil hehe
http://otodrift.com/kelebihan-dan-kekurangan-sedan-mitsubishi-lancer-dangan/
gak ada versi metik ya ? gak dipilih dah.