Kunjungan Koboys Ke AHM Jombor, Dari Teknologi PGM-FI, Ruang Pelatihan Sampai Showroom.

Senin kemarin, tepatnya tanggal 25 Juni 2012, penuliz melakukan aktivitas sibuk seperti biasa yang bisa disebut “tidak melakukan apa-apa”. Ya pagi hari diawali mandi dan makan seperti anak kost-an biasanya (atau cuma penuliz yang nggak biasanya?), lalu mulai mengecek facebook di pagi hari. Tiba2 ada wall post di fb koboys dari pa’ketu Muhammad Hadiyanta yang menyatakan pak Jumanto dari HC3 Jombor ingin mengundang para blogger untuk silahturami sekaligus mengulas tentang injeksi Honda lebih dalam lagi. PGM-FI atau Programmable Fuel Injection, begitu Honda menyebutnya. Sontak penuliz langsung gondol kamera sama pen (kayaknya Cuma itu aja, wartawan nggak modal). Oh bawa juga kunci motor terpanjang di motor2 keluarga ane… kunci CS1. Greeng… panasin, siap jalan, bensin 2 bar (alamak lupa isi bensin), yo wes jalan ke pom bensin monjali dulu….

wew mau mulai, cepet2 ambil bangku neeh

berpose ria membelakangi kamera wkwkwk….

makan dulu lur sebelum nonton presentasi

Habis ngacir ke AHM Jombor, langsung ngacir ke lantai 4 di showroomnya. Ting-tong, ramai-ramai di ruang gatot kaca, mungkin disitu pertemuannya, muncullah sesosok yang sudah familiar, owh pa’ketu sama kang Yusuf. Baru lagi isi daftar hadir xixixi… oke deh ikutan mzbroo…. Habis nulis daftar hadir langsung dikasih modul PGM-FI, notes HC3 sama pen… kebetulan habis nggak bawa sama sekali sih wkwkwk…. Oke koboys rupanya banyak berkumpul, disusul mzbro Dipo dan mzbro Moko langsung ngacir ke depan-belakang meja ane, ada 20 orang lebih kalo gak salah. Banyak juga neeh….

amunisi dipersiapkan sebelum memulai presentasi

perkenalan masing2 blogger, singkat padat dan tidak jelas

perkenalan singkat pak jumanto

Seusai memperkenalkan diri akhirnya kami langsung membahas topic yang diusung oleh HC3 jombor. Eh belum tahu HC3? Huu katro, masa sedulur belum tahu, penuliz juga belom  oke deh kita juga sama2 gak tahu kok…

HC3 adalah singkatan dari Honda Costumer Care Center, ini adalah pusat informasi dan layanan Honda yang membawahi 3 karesidenan. Yogyakarta, Magelang dan Banyumas. Bertempat di AHM Jombor sebagai markasnya

Owh kirain Jombor itu AHASS sama Showroom thok… ternyata masih ada “dunia lain” nya xixixi… oke deh topic yang dibahas tentu saja PGM-FI. Teknolog mesin injeksi ini adalah solusi ramah lingkungan yang dijawab Honda untuk masalah masa depan bumi. Injeksi yang diprogram, begitulah Honda meyebut PGM-FI sebagai model yang lebih “advance” daripada injeksi biasa. PGM-FI sejatinya telah dipakai di Honda CX500Turbo pada tahun 1983 dan FYI juga kalo Honda sejatinya sudah pernah memasukkan PGM-FI di tahun 1990 lo tapi dalam bentuk roda 4 alias Honda Accord Maestro gen2, namun untuk dinikmati kalangan roda 2 baru pada tahun 2005 melalui Honda Supra X 125R. Kalo bisa dibilang inilah injeksi pertama roda2, sebab Yamaha V-ixion baru muncul pada tahun 2006. Sejatinya jaman Honda Karisma X sebenarnya sudah ada versi injeksinya, tapi di Thailand sana dengan nama Honda Wave 125 i. Untuk lebih jelasnya tentang injeksi nanti saja pada artikel selanjutnya ya….

pak danang sedang mempresentasikan teknologi pgm-fi

Setelah puas menonoton presentasi, sedikit banyak pertanyaan langsung terlontar disini, mulai dari mzbro Dipo – orang lain (lupakan saja) – mzbro Ipanase jombliz, pa’ketu Hadi, kang Didik, kang Lekdjie Dab, kang Ardi, mzbro Gatra, dan kang Andhi. Banyak hal yang dikupas disini misalnya tentang komponen dari PGM-FI itu sendiri, nasib motor yang belum PGM-FI, sudah belumnya kerusakan PGM-FI sampai masalah spareparts sendiri. Cukup lama dan cukup seru seperti bulutangkis ada pertanyaan diservis dengan jawaban dismash lagi dengan pertanyaan diservis lagi dismash lagi dan seterusnya, sayang penuliz lupa catet masing2 pertanyaan saking serunya huee…. nggak becus jadi wartawan nee….

nanya lagi…..

gak puas, nanya lagi….

dan lagi!!! koboys gitu loh…..

Polesan terakhir adalah jalan2 ke infrastruktur AHM Jombor itu di lantai 4, ternyata ada juga ruang belajar training (ga tahu namanya apa), ruang praktek dengan macam2 peralatan dan blok mesin dari jaman bahuela sampai kini, perpus yang isinya buku dan pajangan mesin benly dan ruang2 para personil HC3. Lalu kami turun ke lantai 1 buat nonton-nonton showroom motor yang disajikan, cukup sering sih penuliz kesini cuma sering ragu-ragu juga lihat lama. Nah disini penuliz cukup enjoy melihat berbagai varian motor merek Honda ini. Turut dipajang juga CBR 150 R Repsol Edition di tengah-tengahnya, dari dekat sumpah keren bener ni motor tapi yaa kudu giat nabungnya niee…. Akhirnya balik lagi ke atas, kasih komentar dan saran buat AHM dan bubaar grak! 

main-main ke tempat pelatihan mekanik, modal motornya banyak beuud

calon mekanik ada yang wanita juga loo…. emangsisapi emansipasi wanita nih….

ruang prakteknya dengan alatnya yang tidak hanya lengkap tapi buanyaak!

blok mesin yang siap diperkosa dibongkar

bermacam alat mulai dari vernier caliper, depth gage, micrometer, dsb ada disini. dominan merk mitutoyo….

mr.blade datang mengacaukan seisi HC3

ke perpus nemu blok mesin benly dipajang, wew klasik cuy

mzbro ipan lagi ngetes cara kerja rem cbs, ngesooot nabrak pak haji

maket ahass, kok motornya sport semua?

main ke showroom di bawah lantai 1, ada cs1 penuliz juga.

duet pgm-fi yang tadi dibahas. mampukah menggebrak indonesia?

motor idaman ni, cbr150r repsol, huuu nabung mesti kuad

Sorry gambarnya ngeblur, FI (faktor internet)

Berikutnya bakal ane jabarkan lebih lengkap tentang sistem PGM-FI ini…. selengkap-lengkapnya (semoga) …..

Advertisements

12 thoughts on “Kunjungan Koboys Ke AHM Jombor, Dari Teknologi PGM-FI, Ruang Pelatihan Sampai Showroom.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s