Basi dengan yang imut-imut? beralihlah ke kotak sabun
Sebelum penuliz melanjutkan artikel, penuliz mau menerangkan arti dari loreca itu sendiri. Mungkin ada yang masih inget, loreca itu Low Cost Green Car, biasanya disebut LCGC tapi kayaknya ngga simpel, jadi dengan seenaknya penuliz ganti Loreca oke 😆
So loreca suzuki? kemarin ane memprediksi yang meluncur duluan adalah Suzuki Alto karena ada yang sudah wara-wiri di jalanan. Jebule opsi lain lebih dipercaya suzuki, dengan kode Suzuki Concept GII. Jelas banget ini Suzuki WagonR baru atau yang biasa dengan kita kenal Karimun.
Masuk akal kalo karimun estilo sekarang bakal discontinue setelah LCGC disahkan, Tapi ini sih bukan discontinue, melainkan diganti versi baru. So bagi yang merindukan sensasi kotak sabun jelas patut ditunggu yang satu ini.
Pertama kita preview dulu dari asalnya India, dari team-bhp.com akhirnya ane menemukan seseorang yang memberi review Suzuki WagonR-nya. Pertama kita lihat dari tampangnya dulu, walaupun terasa jangkung tapi tetap enak dilihat dan resik. Bagian lampunya diberi unsur mika biru, jadi kelihatan futuristik [sedikit]. Nah dilihat dari samping pun tampilannya memang berasa kaku, kalo penuliz sih merasa keren aja karena dapet nuansa style jdm ala wagonR turbo. Oh ya bannya mengadopsi 155/65 R14 jadi sedikit menyumbang proporsi badan. Bagian belakang kalo menurut penuliz ngga begitu bagus, malah mirip mobil china. seandainya belakang ngga begitu ngeflat mungkin lain cerita.
Lalu beralih ke interior dan tentu saja topik pertamanya dashboard. Dilengkapi dengan airbag, integrated double DIN, aux-in, audio 4 speaker, power window dan cupholder. Lalu untuk sektor instrument clusternya, ternyata bentuknya simpel dan mudah dibaca, sedikit mirip Honda Brio juga sih. Bagaimana dengan kenyamanan di kabin depan? ternyata bisa duduk dengan enak lurrr…. ngga perlu ada kata kesusahan lagi, bagian belakang pun sama. ngga ada yang perlu dikorbankan cuma buat kenyamanan deh. apalagi pintunya bisa dibuka nyaris 90 derajat membuat aksesnya lebih pewe lagi. Sayang untuk masalah bagasi luasnya terbatas dan aksesnya sulit karena bibir bagasi terlalu tinggi.

mesin masih percaya sama k10b, kelihatannya mesin ini punya identitas yang mirip2 dengan f10a yang torq banget
Mesinnya mengguankan K10B 3 cylinder 998cc yang sejenis dengan karimun estilo, Bertenaga 67 hp dengan 90 Nm @ 3500rpm. weleh lumayan lah ya torsi segitu di rpm yang ngga perlu gede-gede amat. Namun kalo dilihat, mesin K10B ini terlihat penuh di di kap wagonR. Apakah memang penuh sesak ya ngga tahu juga, Oh iya lur, doi sudah dilengkapi dengan abs buat ngerem, airbag juga ngga lupa disematkan namun ngga tahu deh pas masuk Indonesia apakah bakal disematkan juga apa tidak. [paling ya jadi strategi facelift]
Menurut tester team-bhp.com di India, si WagonR untuk konsumsi rata-rata bisa menenggak 17 km / liter. Namun kalo di tol dia bisa menjadi 19 km / liter. Berasa kurang hemat dengan regulasi? yaah sepertinya PT.SIS bakal meracik ulang biar bisa mencapai 22 km / liter.
Overall mobil ini memang disetting buat menjadi partner kerjakeras alias mobil operasional. Menawarkan kabin yang serbaguna dan akses yang mudah [spacious] dibantu dengan harga jual yang disetting [moga-moga] murah. Maka bukan mustahil dia bisa seperti karimun yang dulu
Eng… katanya kan regulasi LCGC namanya harus berbau indonesia. Jangan2 doi mau dinamain Karimun lagi 😛
Nyetir sehat pasti pintar…… salam gendjossssssssss……….!!!
khas bgt 😀
ngotak 😛
daripada karimun estillo mending iki.., lebih boxy gimana gitu.. :v
nama indonesia? Erdua… 😀
gubrakh 😆
nurut saia, ini hasil kompromi dengan mazda. jadi mazda bisa ikutan maen di loreca pake model Carol yang persis banget dengan Suzuki Alto
bisa jadi, walau pengennya sih mazda bikin sendiri aja biar ada kembarannya yg bule itu tuh, logo oval
oval? Ford ya 🙂
pake yang Fiesta om? apa Ford lagi ngembangin khusus city car?
sebenarnya udah ada masbro…. cekidot ford ka, sayang masih 3 pintu 😀
kurang apdet nih sayah
asik ini keluar, harga karimun second turun heheh
aku ya ngarepnya gitu
mungil banget
mainan buat hibernasi, tar kalo keuangan mefet bisa pake ini 😀
dilihat dari depan ciamik
dari samping ya… bole laghhh…
dari belakang kok amburadul
masih bagus karimun lama, lebih sempel eh simple
kalau gara2 mobil ini Estillo didiscontine,
hmm… itu ide yang baik menurut ane 😀
karimun lama masih berasa JDMnya, estilo juga JDM sih cuma kurang memikat
mas mau tanya soal mobil lagi,ane punya toyota fortuner tahun 2010 dan baru 3 tahun ane pake tapi masalah muncul kemarin hari rabu ketika di bawa dengan kecepatan tinggi mobil itu seakan kehilangan tenaga,padahal pada hari sebelumnya tidak ada kendala apapun tolong penjelasanya soalnya ane kurang tau tentang mesin*catatan*fortuner ane bahan bakarnya bensin
indent satuuuuu…..uapiiiik ikiiiih…..
mesti nunggu kebijakan LCGC berjalan dulu, lama bener 😛
ditunggu tulisan loreca dr pabrikan laennya…..
paling besok brio
Pingback: Penampakan dan review dari Suzuki Karimun Wagon R, Si kotak balik lagi ke indonesia! | Yudakusuma Auto Blog
Interior dan eksterior keren semua ….. sedikit yg ngganjal …. hidung bonetnya kurang proporsional … coba pakai versi JDM moncongnya… pasti lebih baik, keren dan lebih laku ….🙏😁😁😁
Kebetulan saya pakai mobil ini. Nyari lampu rem atasnya itu udah di cari semua toko online ga dapat.