Terungkap Juga Lorecanya Suzuki, Suzuki WagonR si penerus tahta Karimun

Basi dengan yang imut-imut? beralihlah ke kotak sabun

Sebelum penuliz melanjutkan artikel, penuliz mau menerangkan arti dari loreca itu sendiri. Mungkin ada yang masih inget, loreca itu Low Cost Green Car, biasanya disebut LCGC tapi kayaknya ngga simpel, jadi dengan seenaknya penuliz ganti Loreca oke 😆

Suzuki_Concept_G_II_01

suzuki wagon r, diwarnai green leaf gini malah mengingatkan nostalgia karimun ijo

So loreca suzuki? kemarin ane memprediksi yang meluncur duluan adalah Suzuki Alto karena ada yang sudah wara-wiri di jalanan. Jebule opsi lain lebih dipercaya suzuki, dengan kode Suzuki Concept GII. Jelas banget ini Suzuki WagonR baru atau yang biasa dengan kita kenal Karimun.

Masuk akal kalo karimun estilo sekarang bakal discontinue setelah LCGC disahkan, Tapi ini sih bukan discontinue, melainkan diganti versi baru. So bagi yang merindukan sensasi kotak sabun jelas patut ditunggu yang satu ini.

570039d1309461514t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

bagian depan tampilan bersahabat, grill gede membuat tampilan agak ketolong

570040d1309461514t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

boxy banget, ya memang ciri khas penerus karimun

570041d1309461514t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

belakangnya kok ngeflat banget yaaa??

Pertama kita preview dulu dari asalnya India, dari team-bhp.com akhirnya ane menemukan seseorang yang memberi review Suzuki WagonR-nya. Pertama kita lihat dari tampangnya dulu, walaupun terasa jangkung tapi tetap enak dilihat dan resik. Bagian lampunya diberi unsur mika biru, jadi kelihatan futuristik [sedikit]. Nah dilihat dari samping pun tampilannya memang berasa kaku, kalo penuliz sih merasa keren aja karena dapet nuansa style jdm ala wagonR turbo. Oh ya bannya mengadopsi 155/65 R14 jadi sedikit menyumbang proporsi badan. Bagian belakang kalo menurut penuliz ngga begitu bagus, malah mirip mobil china. seandainya belakang ngga begitu ngeflat mungkin lain cerita.

570063d1309464667t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

model dashboard polos ala model suzuki, semua piranti mengikuti bentuk dashboard

570333d1309512465t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

dejavu banget sama cluster ini, entah kenapa kayak brio

Lalu beralih ke interior dan tentu saja topik pertamanya dashboard. Dilengkapi dengan airbag, integrated double DIN, aux-in, audio 4 speaker, power window dan cupholder. Lalu untuk sektor instrument clusternya, ternyata bentuknya simpel dan mudah dibaca, sedikit mirip Honda Brio juga sih. Bagaimana dengan kenyamanan di kabin depan? ternyata bisa duduk dengan enak lurrr…. ngga perlu ada kata kesusahan lagi, bagian belakang pun sama. ngga ada yang perlu dikorbankan cuma buat kenyamanan deh. apalagi pintunya bisa dibuka nyaris 90 derajat membuat aksesnya lebih pewe lagi. Sayang untuk masalah bagasi luasnya terbatas dan aksesnya sulit karena bibir bagasi terlalu tinggi.

571013d1309611976t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

mesin masih percaya sama k10b, kelihatannya mesin ini punya identitas yang mirip2 dengan f10a yang torq banget

Mesinnya mengguankan K10B 3 cylinder 998cc yang sejenis dengan karimun estilo, Bertenaga 67 hp dengan 90 Nm @ 3500rpm. weleh lumayan lah ya torsi segitu di rpm yang ngga perlu gede-gede amat. Namun kalo dilihat, mesin K10B ini terlihat penuh di di kap wagonR. Apakah memang penuh sesak ya ngga tahu juga, Oh iya lur, doi sudah dilengkapi dengan abs buat ngerem, airbag juga ngga lupa disematkan namun ngga tahu deh pas masuk Indonesia apakah bakal disematkan juga apa tidak. [paling ya jadi strategi facelift]

570493d1309529964t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

penyimpanan bagasi ngga begitu luas dan aksesnya ketinggian

570496d1309530587t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

jok belakang dijamin memberi kelegaan, wagon r dari dulu memang roomy banget

Menurut tester team-bhp.com di India, si WagonR untuk konsumsi rata-rata bisa menenggak 17 km / liter. Namun kalo di tol dia bisa menjadi 19 km / liter. Berasa kurang hemat dengan regulasi? yaah sepertinya PT.SIS bakal meracik ulang biar bisa mencapai 22 km / liter.

570497d1309530587t-my-3-cylinder-ride-comes-home-maruti-wago

pintunya bisa terbuka sampai 90 derajat, akses serba gampang

Overall mobil ini memang disetting buat menjadi partner kerjakeras alias mobil operasional. Menawarkan kabin yang serbaguna dan akses yang mudah [spacious] dibantu dengan harga jual yang disetting [moga-moga] murah. Maka bukan mustahil dia bisa seperti karimun yang dulu

Eng… katanya kan regulasi LCGC namanya harus berbau indonesia. Jangan2 doi mau dinamain Karimun lagi 😛

Nyetir sehat pasti pintar…… salam gendjossssssssss……….!!!

24 thoughts on “Terungkap Juga Lorecanya Suzuki, Suzuki WagonR si penerus tahta Karimun

  1. nurut saia, ini hasil kompromi dengan mazda. jadi mazda bisa ikutan maen di loreca pake model Carol yang persis banget dengan Suzuki Alto

  2. dilihat dari depan ciamik
    dari samping ya… bole laghhh…
    dari belakang kok amburadul
    masih bagus karimun lama, lebih sempel eh simple
    kalau gara2 mobil ini Estillo didiscontine,
    hmm… itu ide yang baik menurut ane 😀

  3. mas mau tanya soal mobil lagi,ane punya toyota fortuner tahun 2010 dan baru 3 tahun ane pake tapi masalah muncul kemarin hari rabu ketika di bawa dengan kecepatan tinggi mobil itu seakan kehilangan tenaga,padahal pada hari sebelumnya tidak ada kendala apapun tolong penjelasanya soalnya ane kurang tau tentang mesin*catatan*fortuner ane bahan bakarnya bensin

  4. Pingback: Penampakan dan review dari Suzuki Karimun Wagon R, Si kotak balik lagi ke indonesia! | Yudakusuma Auto Blog

  5. Interior dan eksterior keren semua ….. sedikit yg ngganjal …. hidung bonetnya kurang proporsional … coba pakai versi JDM moncongnya… pasti lebih baik, keren dan lebih laku ….🙏😁😁😁

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s