7 Alasan Mengapa Kita Harus Stop Membully Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Titel sebagai mobil sejuta umat rupanya tidak membuat mobil ini punya image positif terus-terusan

Yudakusuma.com – pagi luuur….

Mungkin judul diatas terlihat provokatif ya, hahaha iseng kok. Tapi sebenarnya memang benar, kalo melihat sosoknya yang sebagai mobil favorit para keluarga ada yang menerima dan tidak. Seiring dengan larisnya keberadaan doi, minusnya juga kelihatan dan yaah… ada yang bilang mainstream, boyo, aneh, kaleng #ups… yah lainnya udah rahasia umum sih nggak perlu diceritakan… Tapi apa benar Avanza-Xenia seburuk itu? ada juga kelebihannya kok, yuk kita simak…. :mrgreen:

7 keunggulan avanza xenia 03

 

1. Penggerak Roda Belakang

“Ah cuma gerak roda belakang mah nggak ngaruh apa apa”
Wah ngaruh kok, memang kalo dibandingkan kompetitornya penggerak belakang ini terlihat tidak efisien dari segi penyaluran tenaga. Tapi penggerak belakang punya durability yang cukup baik kok di jalanan semi-offroad yang kebanyakan ada di Indonesia. Selain itu saat menanjak beban yang diterima penggerak roda belakang tidak seberat penggerak roda depan. Contoh saja kalo kita dorong gerobak di tanjakan prefer narik dari depan atau dorong dari belakang? Kira-kira seperti itu… 😉

7 keunggulan avanza xenia 04 
^Tapi bukan buat kayak gini ya, don’t try this at komplekan 😆

2. Pilihan Mesin

Ya Avanza-Xenia mempunyai jenis mesin cukup bervariasi, ada yang 1000 cc EJ-VE ada yang 1300 cc K3-VE bahkan ada 1500 cc 3SZ-VE. Sebenarnya semua mesin ini berasal dari lini Daihatsu, namun pilihan mesin yang cukup variatif ini bisa dibilang salah satu kelebihan dimana sebagai konsumen kita dipuaskan juga dengan berbagai macam mesin yang berdampak ke harga yang cukup variatif. Misal Daihatsu Xenia 1.0 yang berharga Rp.150,350 juta. tentu dengan spek 1000 cc 7 seater dengan peredaman fine dan jok nyaman masih mending dibanding sebuah LCGC Rp.100 jutaan yang peredaman ala kadarnya, model jok kaku dan  maunya 7 seater tapi nggak kesampaian #eh? 😛

7 keunggulan avanza xenia 06 

Catatan penuliz, bila sedulur sedang hunting Avanza Xenia, penuliz vote Avxen yang 1300 cc K3-VE. Alasannya apa? pertama dari segi harga sudah cukup worth to buy, mesin sudah cukupan buat diajak mbolang nggak jelas kemana mana. Plus dibanding 1500 cc 3SZ-VE, penuliz masih merasa mesin K3-VE ini lebih prefer untuk digenjoss sebab secara akseleratif tidak terlampau jauh dibanding 3SZ-VE namun dengan konsumsi BBM yang lebih baik. 🙄

7 keunggulan avanza xenia 06A

3. Posisi Mengemudi

Bila sedulur pernah menaiki mobil low MPV [selain box like macam luxio dan evalia], maka akan terasa beda ketika menaiki Avanza-Xenia. Posisi mengemudi Avxen memang beda, tidak tenggelam ke dashboard seperti kompetitor, melainkan agak tinggi. Hal ini berdampak kepada sudut pandang pengemudi ke depan dan jarak pandangnya yang cukup luas serta minim blindspot. 😉

7 keunggulan avanza xenia 08

4. Sparepart Mudah

Kemudahan sparepart ini memang tidak lain dan tidak bukan karena nama besar Toyota dan Daihatsu sih… Namun bukan berdasar hal itu semata, tapi juga karena beberapa mobil compact Daihatsu dan Toyota memakai mesin yang serupa. Semisal K3-VE 1300cc sudah dipakai oleh Sirion, Gran Max dan Xenia, belum 3SZ-VE 1500cc  yang dipakai Gran Max, Luxio, Terios, Rush, dan tentu Avanza G dan Avanza Veloz. Ya mobil-mobil yang penuliz sebutkan ini cukup sering di jalan kan, jadi jelas saja sparepart mudah. 😀

7 keunggulan avanza xenia 107 keunggulan avanza xenia 11

5. Keleluasaan Kabin

Sebagai mobil low MPV berpenggerak roda belakang seharusnya kabin jadi tergadaikan akibat gardan yang memakan ruang. Namun ternyata tidak seburuk itu, kabin Avxen secara ruang masih bisa menyamai kompetitornya berpenggerak roda depan. Ditambah lagi dengan jendela jendela yang didesain cukup besar sehingga kita tidak merasa terlalu terkungkung sekalipun berada di baris ketiga. Pun bagasi belakang masih acceptable untuk membawa barang saat mudik. 🙂

7 keunggulan avanza xenia 01 7 keunggulan avanza xenia 02

6. Ground Clearance Tinggi

Hal ini masih ada hubungannya dengan penggerak roda belakang, fokus Daihatsu saat mendesain Avanza Xenia adalah bagaimana supaya mobil ini bisa dipakai di jalanan indonesia, yang notabene 70% belum aspal mulus alias semi offroad. So selain kuncinya mereka memilih penggerak roda belakang, mereka juga membuat jarak dari tanah cukup tinggi agar cukup mudah buat blusukan. 🙄

offroad-menuju-pantai-jungwok-12
^Boleh nyolong dari blognya skripsiotomotif… eh dolanotomotif.com

Spesifikasi-Toyota-All-New-Avanza-01

Kalau boleh kasih catatan dari penuliz sebenarnya PR Daihatsu dan Toyota adalah satu : bagaimana supaya suspensinya nyaman. Kalo hal ini terpenuhi maka cocok buat blusukanable… limbung? ini kan MPV bro, bukan buat balap, kalau ada keluarga pasti ngga kenceng-kenceng dan nikung ngga sadis-sadis amat hehe… :mrgreen:

7. Tampilan SUV Like

Agak lucu memang, tapi ini mendengar dari beberapa temen penuliz yang masih seneng Avxen dibanding kompetitor. Mereka menggangap Avxen punya postur tinggi dan hal ini mengakibatkan Avxen terlihat gagah. Well itu masuk akal kok melihat lagi dari ground clearance, penggerak roda, tinggi badan, belum lagi pemakaian ban profil tebal dengan velg 14 inchi, plus posisi mengemudinya juga. Yah walaupun ada kompetitornya yang memakai baju crossover namun tidak mempengaruhi penilaian mereka. Wajar sih kompetitornya hanya memakai baju ala SUV tapi tidak disetting suspensi tinggi ala SUV juga. 😎

7 keunggulan avanza xenia 05 7 keunggulan avanza xenia 07

Kalaupun mereka laris mungkin tidak dipungkiri juga bahwa selera orang indonesia kebanyakan masih mendambakan mobil yang terlihat gagah alias SUV like. Yah itu kelihatan juga kenapa Fortuner, Pajero Sport, CR-V malah terlihat wira wiri di Indo dibanding bangsa Biante, NAV1 atau Delica yang harganya berdekatan. 😀

Kesimpulan

So so… menyampingkan dari penilaian negatif masyarakat terhadap Avxen ternyata Avxen ini ngga buruk buruk amat. Doi masih punya strong point yang hanya dimiliki olehnya dibanding kompetitornya. Nah bila sedulur sudah kepincut, selamat… anda orang mainstream berikutnya yang tertarik gara-gara artikel ini hahaha…
#kabuuurr….. :mrgreen:

Nyetir sehat pasti pintar…………. Salam gendjoooooooooooooosss……….!!!

Advertisements

49 thoughts on “7 Alasan Mengapa Kita Harus Stop Membully Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

  1. Lumayan lah Om miara Ni Mobil.

    Pas Masi garansi…., perawatannya nga mahal karena ada gratis jasa. cuma bayar part aja. Itung itung masi mahal servis motor ane kl dikumpulin ( AVS masuk beres tiap 6 bulan, habis 250-300 rb paket inti) motor ane tiap bulan kena 70rb (oli-tuneup diberes)

    Dulu pas garansi ganti oli tiap 10rb km/bulan …., hehehe.
    dipakai mudik ke sumbar lagi setiap lebaran … dimana mesin dipaksa lari 60-100km (tergantung jalan yang dilewati…, yang kalah malah drivernya…nga tahan nyetir lebih dari 8jam)
    habis Garansi tiap 5rb km aja….

    aman aman aja tu mesin sampai sekarang (mudah mudahan seterusnya)
    tu mobil udah masuk 6 tahun pas agustus nanti …., belum ada part slow moving yang diganti (ban nga diitung ya)

  2. klo toyota Innova gimana…mas? dibahas ya…krn naksir nih boil…cuma nggak ngeh sama plus minusnya…tp yg jelas gagah juga…

    • Diesel apa bensin mas..
      dua duanya oke juga lho.. ha haa.
      Diesel lebih irit., yg bensin juga bisa di irit, power ok
      stablitas ok, mpuk tenannnnn… dibanding Avansa dan Cayla
      tapi harganya …. aduh …agak mahal
      Sama body agak gede, kla 7 penumpang siip lah, kaki gak ketekuk.
      Bobot lebih berat soalnya lebih gede. Kaki kaki lebih mumpuni. Ok.

  3. Sebenarnya masalah harga lur.
    Sdh jd tabiat ASTRA GRUP seenak jidatnya mainin harga jual ke konsumen,,untuk low MPV Avanza Xenia sebelum ada saingan harga seenaknya,,sekarang ada Ertiga, Mobilio dll baru mikir tuh ASTRA.

  4. Sayangnya waktu sy nyobain mobil ini sy sadar masih banyak mobil sekelasnya dengan harga yg lebih murah tapi lebih nyaman kayak ertiga, spin, and so on…. fyi Avanza udah dibandrol 200 kurang dikit hanya untuk fitur yg imho biasa aja….

  5. Makijos tenan…. ane asalnya anti maen setrim.. pengguna sedan ma*da keluaran taun jadul 97 namun nyaman selalu… karna belakangan sudah sering sakit sakitan ni mobil… taun ini mutusin minang xenia d plus 1000cc… mantap n komplit…. biar 1000 cc rasanya masih betenaga biarpun kemarin lebaran penumpang full sampe baris ketiga…kelebihan d plus udah dikasih audio, talang air, ceret lumpur, body list bumper, dan ada wiper belakang pula serta ga lupa sensor parking..hmmm… dah irit komplit pula… dan jok nyaman…. alhamdulillah ga salah pilih…..

    • Review.nya boleh di share dong om. Tulis dimari, poin apa aja yang like dan yg dislike. (Sesama pembesut ej.ve)

    • Setuju mas, Sebagai sesama pemakai xenia D plus, kalau menurut saya mesin selisih dikit sama k3 ve, Dengan rpm sama selisih sekitar 10 kpj. Rpm 3000 gigi 4 60 kpj. Gigi 5 3500 80 kpj. Sma raungan lumayan terdengar ke kabin Hehehe, tapi lumayan lah. Yang penting bodynya riil mpv 7 penumpang 😀

      Sebenernya yang M lebih ok karena kursi baris 2 bisa geser dan baris 3 ada sandaran, dan baris ketiga juga udah pake penutup dari plastik, dan ekektrik miror, yg mana fitur² tsb minus d tipe D, dan harga lebih murah dari D plus. Sayang dah keabisan waktu mau beli hehe. Akhirnya beli D plus.

      Untungnya Tipe D dasbord item sesuai selera saya hehe, beliin sarung jok item, ganti elektrik mirror dah sip 😀

  6. Lagi bingung budget 70-80jt an.. Antara xenia 2008 xi 1.3 sama taruna fl 2004…taruna body n suspensi nya lbh keren..tp bbm pasti lbh boros…mending yg mana ya?

  7. Udah nyobain mobilio,ertiga,dan di rumah ada daihatsu xenia all sporty th 2015,mesin 1300cc, dari ketiga mobil yg saya sebutkan, saya lebih nyaman dengan xenia, tp yg saya sayangin cuman 1, cicilan belum lunas gan hehehehe

  8. biar bantingan suspensi belakang avanza nyaman gimana caranya ya..??? kalau bawa keluarga, yg duduk dibaris ke tiga sering menggerutu… katanya serasa naik mobil katana.

    • Kalau sering 7 orang Coil Springnya ganti yg gedean dikit, di Tukang spesialis per banyak penggantinya. Sockbreker boleh di upgrade juga.

  9. Justru saya suka sebel aja sama user yg pke avanza xenia, why ? Banyak sekali user yg arogan kebut2an pake avanza ( mungkin ini user2 yang baru pda pake mobil dri desa ke kota buat pamer kebut2an, atau baru mgerasain sensasi pake mobil )baik di tol atau jalan biasa terus ngangkut banyak orang. Khawatir ini mobil limbung, soalnya dia kurus tinggi ke atas. Yakin di banting dikit karena kaget pas ngebut ini mobil bakal kebanting. Gila aja ngejalanin kebanyakanya udah bak model sedan sport ala2..

  10. Semua itu adalah karya orang, jadi harus di hargai guys, buat yang punya dana cukup tinggal beli dan operasikan cukup simple.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s