Suzuki Jimny – Katana, Mobil Kei Car Dengan Sensasi Land Rover, Motuba Legend Gan!

Olahraga garuk lumpur yang tadinya bidangnya orang kaya pun sekarang bisa dimasuki berbagai kalangan setelah adanya jip dari suzuki ini 😀

kembali lagi ke blog aneh ga mutu ini hehheheh…

kali ini penuliz mau bercerita soal mobil bekas alias motuba [mobil tua bagus] yang namanya masih dielu-elukan banyak orang. modelnya simpel, ringkas, praktis, mesin awet dan all terrain offroad menjadi salah satu kekhasannya. Apalagi kalo bukan Suzuki Jimny  [versi 4×4] dan suzuki katana [4×2].

148956_449628855102406_1467264473_n

hehe goku aja pakai suzuki jimny mas bro, mantebb kan?

Pertamanya penuliz tertarik membuat artikel ini karena di forum motuba [mobil tua banget], forum penggemar mobil tua tapi josss buatan mbah bons ini sering membahas soal Jimny-Katana. Jujur model yang satu ini bikin penuliz tertarik mengulasnya, betapa tidak? mesin carry 1.0 yang awet dipadu dengan kaki kaki kuat serta penggerak 4×4 yang handal [kalo katana masih penggerak belakang, handal juga kok di semi-offroad], modelnya pun cantik, serasa mainan diecast, perawatan juga mudah dan sebenarnya sparepart tergolong bandel. So ada yang merasa menggemarinya? monggo ditilik lebih lanjut.

20111013_ProblemMobkas-02

suzuki katana, model 4×2-nya SJ410 aka jimny, dijual sampai tahun 2003 dan produksinya berakhir saat regulasi euro 2 diberlakukan.

1477899_20130104035811

suzuki jimny long wheel base agak jarang terlihat dan cukup mencolok dilihat orang

Sejarah mobil cute pelahap lumpur ini bisa dibilang cukup keren. karena sebenarnya genre jip kecil sudah ada sejak 1968 dengan model Hopestar ON360, cukup tua ya bahkan Mercedes G-class pun lahir tahun ’70-’80an, setelah Jimny. Hope Motor Company adalah salah satu produsen mobil jepang yang turut menggerakan perekonomian jepang pasca perang dunia kedua. Tapi tak banyak yang tahu merek ini kan? yah sebab merek ini bergabung, dengan Suzuki. Jadi bersamaan dengan meleburnya Hope, tongkat estafet ON360 diserahkan ke Suzuki dan menjadi Suzuki Jimny yang kita kenal.

hope-star2

hopestar ON360, mbahe jimny bermesin mitsubishi 2 stroke 360cc. pelopor mini SUV yang handal di medan offroad

Lanjut, sejak dibeli lisensinya oleh suzuki dan mulai memproduksi generasi pertama jimny berseri LJ10. Mesin Hopestar ON360 yang tadinya pake punya Mitsubishi dibongkar, ganti punya rancangan Suzuki bermesin 360cc 2 silinder 2 tak bertenaga 25hp, beratnya pun 590kg, tergolong ringan. Seiring perkembangan zaman, LJ10 disempurnakan dengan LJ20 yang sudah berpendingin air [red. radiator ready], berubah lagi dengan LJ50 dengan mesin kubikasi lebih besar 539cc, 3 silinder tapi masih 2 tak. Ambisi Suzuki mulai tak terbendung saat membuat Jimny versi ekspor, mulailah diperkenalkan LJ80 alias SJ10 bermesin 800cc 4 silinder namun sudah 4 tak. Mulai dari seri ini, kita mengenalnya dengan Jimny Jangkrik.

1980-Suzuki-LJ

suzuki jimny LJ series alias jimny jangkrik. pasarannya juga cukup bertahan di angka 30 juta, wew

Plus Minus yang terdapat pada LJ80 dari seluruh dunia kembali ditampung Suzuki untuk membuat versi gress dari Jimny. Dari situ muncullah dua versi, SJ30 dan SJ410. SJ30 hadir sebagai Jimny JDM yang mengikuti regulasi kei car, so… mesinnya diciutkan kembali menjadi 550cc biar sesuai standar kei car jepang. Model SJ410 inilah yang dikenalkan ke publik dunia dengan mesin F10A [mesin carry] berkapasitas 1000cc 4 silinder bertenaga 50hp. Dikenal kaya torsi, bandel dan irit bahan bakar, sejak era inilah Jimny lebih dikenal publik sebagai jip kecil handal.

n_a2

suzuki jimny sj410 hadir di tahun 80-an dengan perubahan yang cukup besar dibanding dengan jimny jangkrik

Bahkan dibuat berbagai macam versi, di india dijual dengan nama Maruti Gypsy King dan generasi barunya memakai mesin 1300cc G13BB bertenaga 80hp, di Indonesia terdiri dari 2 versi. 4×4 bernama Jimny, 4×2 bernama Katana. Setelah itu mulai diimpor dari Thailand berbentuk pick up bernama SJ413 Carribean dengan kubikasi sama dengan Maruti Gypsy King, G13BB 1300cc

maruti-suzuki-gypsy-king-2012-9-7-1-57-30

nah ini jimny versi india namanya maruti gypsy king. maruti adalah perusahaan otomotif yang menjalin kerjasama dengan suzuki sampai sekarang. makanya versi gypsy king bisa nyaris sama plek dengan jimny

Era baru mulai muncul, kode seri pun berubah dari SJ menjadi JA. Disini pun JA12 dan JA22 yang khusus buat kei car dan JB32 untuk versi luar negeri. Nah JB32 dari segi tampang memang beda dikit, namun kaki-kakinya sudah per keong di 4 tempat, mesinnya pun sama persis dengan punyanya Maruti Gypsy King yaitu G13BB. Pada saat JB23/JB33/JB43/JB53 adalah saat-saat Jimny modern. berkubikasi 1469cc bertenaga 86 hp jelas menjadi pukulan telak kompetitor2 yang bermunculan. Tentu saja Daihatsu Terios gen 1 [di indo namanya Taruna] sudah diajak perang dingin dengan Jimny. Sayang seri jimny dari JA maupun JB belum ada yg masuk indonesia

cars-jeep-suzuki-jimny-232744

suzuki jimny jb2A di belahan eropa sangat diandalkan, kapan ya masuk sini…. udah banyak yang ngefans loh

Kebetulan temen penuliz ada yang Jimny mania dan penuliz pernah coba-coba nyetir [yaah… keliling kampus thok :P] dan hemm… berasa banget pridenya. Tapi ya penuliz agak kagok pertama kalinya, nampaknya Jimny-Katana ini kurang meruang jadi berasa agak mobil gede gitu. Penyebabnya ya kabinnya menurut penuliz agak tenggelam, tapi kalo udah sering pasti berasa deh imutnya doi. Soal mesin karena menggunakan F10A seperti yang digunakan Carry 1.0 dan Karimun jadi yaa jelas ngga perlu khawatir soal perawatan dan spareparts, semuanya mudah. Apalagi dia irit bbm.

IMG-20121229-00339_zpsb7f4c7f4

mesin F10A terkenal gesit irit, 1000cc 4 silinder 50 hp tapi torsinya apik. bukan untuk speedlopers

Cuma bagi yang speedlopers jangan mengharapkan apa-apa dari jip ini, wong cuma 105kpj [mau ngebut dimana seeeeehh?]. Untuk soal bantingan yaah ngga bisa diapa-apain lah… solusinya cukup sediakan tukang pijat langganan anda sehabis turing naik ini wkwkwk…. terus dari segi wheelbase karena mungkin kecil jadi ngayunnya agak berlebihan sehabis dari polisi tidur. Oh ya karena delconya diatas jadi kalau ketemu banjir jangan ragu untuk menerjangnya yaa, mungkin nyebrang kali code juga bisa wkwkwk…

IMG_0279

naah penulis suka sama yang satu ini, suzuki caribian SJ413 alias jimny single cabin. sudah 1300cc injeksi 80 hp. wew… siap main lumpur kayak gini lah

Bila sedulur menginginkan partner yang bisa diandalkan, fungsional dan sering main ke luar kota yang suka ketemu medan offroad jelas ini bisa dijadikan solusi. kaki-kakinya semua per daun menandakan ketangguhannya, dipadu mesin yang perawatannya ringan, bodinya kaleng kuat, bisa diajak nyelam juga pula. Cuma ingat, berasa fungsional kalo di luar kota, kalo di dalam kota sih sah-sah aja…. cuma mubazir aja… heheh…. 😀

2598102_20121231060150

interior sederhana, yang penting fleksibel kan

untuk segi harganya jujur penuliz kaget. Untuk sektor Katana 4×2 bisa berharga antara 40 juta sampai 60 juta. Kalau Jimny 4×4 karena lebih tua jadi harganya agak lebih murah sekitar 30 juta sampai 50 juta, tapi kalo istimewa bisa sampai 80 juta loh. Versi Caribian 4×4 lebih horor lagi, berada di kisaran 110 juta sampai 170 juta. Sungguh gelap bung harganya sampai penuliz bingung, dan ternyata pak james bons juga kebingungan. Heheh ternyata penuliz nggak sendirian kebingungan 😆

kqkhjmqg

belakangnya juga berasa gagah gan

LOVE IT

-naik ini berasa pridenya…. yah kayak chuck norris sewaktu dulu lah 😆
-kaki-kaki super strong, andal menerjang jalanan buruk dan medan offroad
-mesin F10A sejenis Carry dan Karimun dijamin tangguh, ringkes, perawatan mudah, spareparts gampang
-irit bahan bakar walaupun belum injeksi
-harga jual kembalinya bagus, untuk mobil 1000cc tahun 1991 saja harganya masih di 40 juta
-ground clearance tinggi, silahkan terabas banjir setinggi apapun
-posisi delco di atas banget, makin menjamin lewat banjir asal ngga setinggi kap mesinnya aja 😆

LEAVE IT

-bantingan super shaking, silahkan langganan tukang pijet setelah meminangnya
-visibilitas ke luarnya kurang, berasa kagok pas naik pertama kali tapi yaa kalo sering lama-lama terbiasa lah
-wheelbasenya kecil, jadi rada ngayun berlebihan sehabis jalan jelek
-respon setirnya rada kurang cepat
-boros laher roda, sering-sering ganti
-bangku kedua siap-siap jongkok imud style 😆
-pengapian masih pakai platina

source from : bro ardy owner katana, kaskus, modcom, 2brk.wp.com.

nyetir sehat pasti pintar, salam gendjoooooooooooosssss!!!

45 thoughts on “Suzuki Jimny – Katana, Mobil Kei Car Dengan Sensasi Land Rover, Motuba Legend Gan!

    • eman-eman dijual masbero… kali aja suzuki ngeluarin jimny baru yang ngga jauh beda dibanding pendahulunya. bisa aja harganya bukan jatuh malah merangkak naik :mrgreen:

      • caribian dulu dijual indomobil di harga 120 juta, sekarang secondnya bisa 150 bahkan 170 juta rupiah.

        ternyata mobil investasi ngga harus avanza dan innova toh 😆

  1. pasaran katana long thn 1990 skrg berapaan ya?
    dulunya ortu beli second 30 jt tahun 2000, warna biru metalik (saya suka bgt warnanya).
    hingga di 2010 ortu saya melepas cuma 19 jt krn ditawar org harga segitu + info tetangga makelar mobil emang pasaran segitu.
    akhirnya ditawarin ke kakak ipar dan ditebus senilai di atas, dg maksud biar gampang klo sewaktu2 pingin dipinjam lagi.
    eh ga berapa lama ditawar collector 25 jt katanya rencana buat dimodif dan lepaslah sudah itu mobil dari silsilah keluarga saya.
    dulunya dari pertama dapet langsung turun mesin sampe ganti silinder block 2nd krn udah melenting ga bisa rapat, awal2 sempet mogok krn problem koil + rem blong juga (rem stdnya emang riskan kurang pakem). tp krn karakter ortu yg rusak sedikit2 lgsg diberesin ya jadinya jarang rewel, cuma bantingannya yg agak berasa + AC dibenerin berkali-kali tetep aja bocor, isi freon cuma tahan 2-3 hari (kapok benerin AC).
    hmm, padahal terakhir2 baru ganti noken as copotan, krn yg lama udah ga center jadi ada bunyi + ganti sektor kemudi krn jarak main stir udah agak jauh.
    klo di jalan tol masih dapet 120 kph kok, maksimal bangetnya ya 130 kph lah.
    bedanya yg versi katana long ini cuma 4 speed (+beda rasio gear) + jendela samping blkg tipe geser. tapi menang stabil krn body lebih panjang jadinya lbh mirip minibus ketimbang jip.

    adapun beberapa alasan ortu saya merelakan mobil ini:
    – bantingannya agak bikin capek nyetir,
    – rem kurang pakem,
    – lampu utama kurang terang (sudah pasang lampu kabut tp problem jadi ga bisa nyala)

    • yah harganya gelap kok mas, ane aja bingung. mungkin harusnya 40 juta [gerobak ane aja kalah kok 😆 ]. memang merawat mobil bekass alias motuba butuh perhatian ekstra super, habis beli langsung dioprek, malah kalo bisa tanya2 di forum pasti dapat pencerahan 😀

      btw makasih infonya mas, nanti dibetulkan, kebetulan dulu waktu kecil juga pernah pakai katana LWB tapi mobil dinas bapak ane 😀

  2. punya jimny long tapi yang 4 pintu (asli bukan modif) bekas punya cargo, dari ay SD klo ga salah ’95an smpe sekarang masi dibawa2,, kalah cuman di pipa knalpot aje 😀

  3. dulu punya jangkrik, rasanya seperti naik atv+stnk, ga takut mogok ditengah jalan, tinggal didorong sendiri saja mirip motor:D
    sekarang bawa taft, selalu berdoa, jangan sampai mogok ditengah jalann, dorongnya berat coy !

  4. katana gx 97 gan,di tol gara gara ngejar waktu sampe ke 140 kpj itu pas tol nya datar dan gak tanjakan asli kayak naik grobak loncat….. tapi kata siapa katana gak bisa ngebut , semua standar cuma knalpot ja yang diganti kayak corong minyak…… (bangga dengan katana)

  5. pernah punya thn 87 trs ganti thn 97, yg thn 97 ban besar knalpot racing bawa mudik jembrana-malang penumpang 4 orang tambah barang bawaan.. lewat gumitir-bukit piket nol – gunung kawi, alhamdulillah lancar..
    walaupun pinggang terasa kaku, tapi sensasi nya beda bgt di bandingkan bawa suv, serasa lebih gimana gitu..

    • suzuki katana,jimny super,jimny jangkrik ataupun jimny lainnya gak bisa disetarakan dgn SUV lainnya.keluarga jimny dijalan raya selalu menyapa dgn kerlingan DIMMERnya.itu yg bikin sensasinya lain.ibarat tante dgn kerlingan matanya.hehehe..kelilipan khalii..hehee.jimny gak ada matinya.BRAVO JIMNY

  6. jimny baru masuk malaysia harganya 350 jutaan, jadi harga bekas diatas itu murah banget, satu lagi harga taft baru juga sudah sempat 600 jutaan dan mesti pesan dulu build up jepang hahaha.

  7. saya juga pake jimny Siera (masih SJ410 tapi yg kanvas) sama Caribian juga, mereka kuat kok kalo di pake kenceng di tol, tergantung sama final gear nya dan mesinnya, kalo Jimny saya sudah saya ganti final gear low (maklum biar kuat kalo di tanjakan), koel, busi dan kabel busi racing semua sudah oke..siap untuk offroad kok. 🙂

  8. saya punya katana 90, tapi sudah 4wd. Di stnk tertulis 2wd. Itu asli atau modif gan? Kata teman2 sih memang ada katana 90 yang 4wd, tapi special edition. gimana gan?

  9. Adi, Waringin Permai Jak. Timur- on 21 November 2014

    Kebetulan saya Suzuki Maniak, mulai jangkrik, Katana sampai Katana LWB dan paling nyaman Katana LWB pake ban Bridgestone All Terain Ring 15 dijalan aspal rusak nyaman tapi bila ada Polisi Tiduran siap terbang, syaratnya pake Schock Absober CJ 7 Made In USA yg warna putih. (di Atrium banyak). Seiring dgn usia makin menua, sekarang sy pake Karimun Wagon R hanya dengan ganti Velg + Ban eks. Brio lari di Toll120 Km nyaman & aman, mana Irit, parkir & pajak murah Bro.

    Mudah2an Suzuki cepat keluarkan Karimun Wagon yg Long dengan Mesin Splash. Kalau ada yang matic dan bodi ditambah lebar 10 CM aja –> Pasti bentuknya lebih manis, menarik dan saya akan ganti.

  10. Bro satu keburukan Katana GX 2002 yang pernah saya punya.

    KACA SPION ORINYA BLINSPOT BANGET

    lihat kiri kanan spion harus extra waspada, soalnya kaca spion ori nya mirip cermin biasa dirumah.
    saya heran, jelas ini membahayakan sering banget hampir nyerempet kendaraan lain, pernah saya adukan ke Suzuki waktu itu tidak ada tanggapan resmi, maklum jaman 2002 media internet belum seperti sekarang.

    Kalau ngga salah model kaca spion Katana GX juga sempat dipakai Karimun kotak gen awal.

    Mobil Suzuki Katana GX saya beli baru tahun 2002, 4×2, AC dan PS. selanjutnya dibeli sama saudara tahun 2012, 40 juta saja. Memang harga bekasnya gelap. Sekarang saya pakai Terios.

    puas pakai Katana 10 tahun, cuma itu saja yang mengganggu di spion yang Blinspot, solusinya harus modif spion pakai punya mobil lain.

  11. wah ada foto mobil ane di paling akhir :))
    ane pemakai katana juga, sementara sih msh ganti velg doang ama ban ukuran 235/70.
    btw, ane pernah nembus 120 kok pake katana, tapi itu full 4 org sih cuma udh merinding disco gitu ngerasa goncangannya.

    msalah katana yg klasik kalo menurut ane sih overheat, sama peredam nya juga kurang sih wkwk, tp so far, msh lovable kok udh pake 3 taunan.

  12. memang joz gan katana, saya pengen minang dari dulu alhamdulillah keturutan.. pengen modif dana belum cukup heheee… banyak yg harus di oprek kalo mau lebih joz…

    ada recomended nggk ya dari agan2 toko online sparepart katana…

Leave a reply to nbsusanto Cancel reply