Honda CB150R, Good Moment for Rising of the CB Clan [Second Round]

Dari sisi fungsionalitas, Honda CB150R Streetfire ini memang bisa diandalkan sebagai partner. Tapi bukan sebagai motor bertalenta khusus, tapi sebagai motor serba bisa.

Yak kembali lagi penuliz menyambung cerita tentang CB ini, tadi kan sudah melihat realita soal tampilan. Sekarang mari kita bahas soal riding position, mesin dan sasis-suspensi yang menjadikan CB sebagai best value. Apa saja thooo? oke kita kupas satu persatu…..

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

yak sesi mesin kita kupas tuntas saja berooooooo…..

Coba kita nyalakan mesin, vruuuuuummm!! Suaranya lebih garing dibanding CBR dan CS1 sekalipun, cukup menimbulkan sensasi ketika dibejek. Yak coba pindah kopling dan wuttt…. tarikannya horror mzbroo…. mesinnya gampang mengkail rpm atas ala CBR tapi dipadu dengan gear yang lebih besar dibanding CBR. Wheelie tiba-tiba pun gampang saja, kerennya sasis yang sudah diracik sedemikian rupa ini membuat CB mudah dikontrol sehingga sekalipun bermain wheelie tetap bisa dicounter dengan mudah. Untuk suspensi, Prolink suspension ala CBR250R memang mantab untuk slalom kecil-kecilan, begitu rigid. Tapi kalau ketemu lubang atau retakan rasanya kayak mobil-mobil premium, begitu empuk dan moderat. Ahayyyyy….

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

rpm bisa mencapai 11.500 sampai 12.000, kualitas honda = kualitas overbore

Berlanjut ke impresi mengemudi, jalanan gunung kidul yang mirip jalanan gunung akina “Initial D” bisa dilahap dengan mudah. Untuk nanjak, CB sangat berbeda dengan saudaranya CBR dan CS1 yang paling alergi tanjakan, kendati mesin overbore tapi torsi tetap dapat dan siap melahap tanjakan sedemikian ekstrim.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

dengan boncenger pun motor ini terasa santai dibawa. position riding ala honda memang mantabbb

Prolink suspension dan Truss frame alias “teralis” ini juga bekerja sangat baik dalam melahap semua tikungan yang ada walaupun penuliz belum mencoba cornering ekstrim ala MotoGP. Pengendalian setangnya pun sangat sigap seakan mengaplikasi teknologi “drive by wire” ala mobil. Dalam hal kenyamanan berkendara, si CB selangkah lebih baik dibandingkan Vixion lama, dan poin ini memang selalu menjadi kartu as Honda selama ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

segitiga egronomi ala honda, menjamin kenyamanan pada kaki dan tangan saat touring jarak jauh

Saat mulai jalan ke Ringroad Barat Yogyakarta, rombongan sempat “nakal” dengan mengambil jalan mobil yang kosong demi test “Tunjukin Nyali Lo!” [ngalay dikit nggak pa pa kan?]. Saat aba-aba sweeper dimulai, sontak kami langsung bejek gas sejadi-jadinya. Walaupun penuliz sudah terbiasa dengan putaran atas ala overbore di CBR dan CS1 namun untuk putaran atas CB memang sangar di gigi 1 sampai 4. Saking cepatnya kadang penuliz tidak sadar bila si CB sudah mencapai redline.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

melakukan hal ini? penuliz cuma bisa bilang wawwwwwwwww!!!

Dari hasil ngalay akhirnya rombongan blogger memecahkan hasil topspeed berada di 137 km/jam dengan rider Adhani-horee yang biasa menunggangi CBR150R generasi pertama, selamat, podium gan! penuliz Cuma dapat 135kpj, yaahh mesaknee…. Sampai di AHASS Jombor pun kami merasa indikator digital 5 digit tidak mengalami perubahan berarti, padahal jarak yang kami lalui sekitar 66km. Sepertinya figur konsumsi bbm memang sekitar 1 : 36km, ini saja belum dicoba eco riding.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

begini nih mesin CBR dengan sedikit diakali bagian bukaan klepnya dan penggusuran sensor O2. jadi pengen ditempel di CS1

Overall ini memang motor yang bagus dan kebetulan moment yang pas untuk menyerang balik daerah sport yang dulunya pernah dikuasai honda. Dengan harga 22.3 juta, motor ini jelas punya sensasi ngebut di putaran atas dan sasis fleksibel seperti CBR150R, suspensi ala CBR250R namun dengan sensasi kenyamanan ala Tiger. Walaupun dari segi desain sebenarnya kurang mencirikan desain Honda pada umumnya namun CB150R menawarkan sisi fungsionalitas dibanding kompetitornya yang cenderung ke fashion. Cuma penuliz merasa ini bakal jadi mainan baru para DOHC mania yang memang suka kebut-kebutan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

dengan mesin, sasis dan suspensi yg superrrrr…. mengendalikan motor ini sangat-sangat mudah. seakan punya fitur drive by wire ala mobil

Dari segi fisik dan kelas doi memang saingannya V-ixion tapi dari segi performa doi jelas saingannya Satria FU. Semoga nggak banyak orang yang pecicilan pakai motor ini apalagi yang pakai ban cacing, penuliz cukup facepalm aja deh….

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

honda cb150r, tampilan biasa…. performa istimewahhhh…. saran aja semoga next CB buntutnya dibuat serupa CB500X atau CBR – NMP lah yaa….

Jadi pengen CS1 pakai mesin CB150R ini hehehe….

SPESIFIKASI HONDA CB150R STREETFIRE

  • Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 148 mm
  • Berat kosong : 129 kg
  • Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame) New Innovative Trellis Frame
  • Tipe suspensi depan : Telescopic
  • Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Prol-Link)
  • Ukuran ban depan :  80/90 – 17 M/C 44P – Tubeless
  • Ukuran ban belakang : 100/80 – 17 M/C 52P – Tubeless
  • Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
  • Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
  • Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
  • Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 149,48 cc
  • Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
  • Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
  • Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
  • Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
  • Kopling : Manual, Wet Multiplate with Coil Springs
  • Gigi Transmsi : 6 Kecepatan
  • Pola Pengoperan Gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 – 6
  • Starter : Elektrik Starter dan Kick starter
  • Aki : MF 12 V / 5 Ah
  • Busi :-
  • Sistem Pengapian : Full Transisterized

ulasan tentang tampilan bisa dilihat disini
Honda CB150R, Good Moment for Rising of the CB Clan [First Round]

Nyetir sehat pasti pintar, salam gendjooooooossssssssssssssssssssss . . . . . !!!

24 thoughts on “Honda CB150R, Good Moment for Rising of the CB Clan [Second Round]

  1. Pingback: Honda CB150R, Good Moment for Rising of the CB Clan [First Round] « Yudakuzuma's Automotive Blog

  2. Pingback: honda Cb150R, dohc bertorsi nyuss « PERTAMAX GAN_tapi belinya cukup premium ^_^

    • bener…. soalnya tema yg honda pakai dalam pembuatan motor ini superfast n superlight seperti lotus elise di r4.

      alhasil dibanding NMP dan tiger, motor ini jauh lebih aman dan bisa dikendalikan 😀

Leave a reply to Yudakuzuma Cancel reply