Ford Laser Champ, Astina USDM version. Polos tapi beringassss…..

Bila sedulur merasa tertantang memodifikasikan itik buruk rupa. Silahkan ditinjau….

post-152678-1301378268305044841

bokongnya memang polos, namun untuk diubah menjadi lebih cakep sebenarnya bisa saja

Bila ditiinjau dari kiprah ford jaman dahulu bisa dibilang Ford adalah Mazda USDM [United States Domestic Market]. Bagaimana tidak, Ford masih kesulitan untuk meriset seluruh produk untuk disesuaikan kepada kondisi masing2 negara di jamannya. Sehingga cara cerdik Ford adalah memanfaatkan akuisisi Mazda dengan mengambil line up Mazda dan merancangnya sendiri seperti Ford. Taktik berhasil? yeah setidaknya orang-orang bersahabat dengan Ford saat itu. Namun apakah hasil kembaran adalah senjata makan tuan. Bisa iya kalau kita tidak memberikan pembeda yang cukup besar. So bagaimana dengan Ford Laser Champ yang satu ini? mari kita bahas…..

post-152678-13013781862130881161a

bagian depan kalem, tidak seperti astina yang agresif dengan savanna face-nya

Ford Laser Champ yang lahir pada tahun 1991 sendiri adalah kembaran dari Mazda 323F Astina yang terkenal dengan lampu pop-upnya. Beda dengan Astina, Champ justru pede dengan american stylenya. Namun tampilan yang diberikan Ford kepada Champ sendiri terlihat datar sehingga orang masih tertarik melirik Astina. Namun sebagai model flagship dari Laser, tampilan Champ sendiri mengandung unsur sporty dan masih memiliki aura Ford Escort dari Jerman. Body kit dengan model elegant sporty menambah identitas kencangnya.

flc01

model orisinalnya dengan bodykit tambahan, sportynya sih muncul tapi belum ada karakternya

Soal mesin nih… doi dipersenjatai mesin serupa Astina yang memang mematikan, Mungkin mesin 1800cc DOHC EFI 4 cylinder 16 katup HLA bertenaga 140 hp @ 6500rpm terdengar biasa saja karena Toyota Corrola Altis dan Honda Civic sekarang juga bertenaga serupa., Namun tenaga seperti ini bisa didapatkan pada tahun 1991 sungguh melampaui jamannya. Oh ya torsinya juga 162 nm @ 4700rpm juga cukup beringas saat dibawa. Akselerasi dengan nyantainya 0-100kpj bisa didapat hanya dengan 10,12 detik saja dan figur konsumsi bbm terbaiknya bisa 13,6 kilometer per liter. Borosnya bisa 8 kilometer per liter.

1526617_20130307062236

mesin bp05 sama dengan astina, perawatannya sih gampang-gampang susah tapi kalo udah enak pasti puas lur

Karakter pengendaliannya seperti apa masbro? wooh doi ini bisa dibilang rajanya tikungan. Untuk cornering memang sigap, kuncinya ada pada suspensi yang agak firm dibanding dengan Laser lain. Namun Champ tetap nyaman dibawa perjalanan jauh. Kabinnya sendiri memang nggak waow tapi fungsional, kursi bisa diatur, setir juga bisa diatur [tilt steering], ada footrest bagi pengemudi, pandangan ke luar juga bagus karena kaca jendelanya lebar. Satu hal yang unik lagi adalah sabuk pengamannya yang bisa kencang kendur. Sabuk ini akan mengencang pada saat kita menikung dengan kecepatan 50 kpj lebih, mengerem [jelas lah], dan mendapat kondisi jalan jelek. Namun bila melewati jalan biasa saja sabuk akan mengendur kembali. Perlengkapan lainnya ada central lock, power window dan electric mirror. Bila sedulur mau meminangnya silahkan tinjau bagian-bagian tersebut agar lebih enak [soalnya kan kelistrikan lur].

flc02

3804_Ford_laserchamp_1994

kabinnya juga kalem tapi fungsional, ngga bikin capek, cocok buat touring

Tertarik dengan Ford Laser Champ?

harganya pun terbilang terjangkau di doku. Sekitaran 35 juta – 45 juta [tentu saja harga tertinggi adalah kondisi full ori]

namun bila dikomparasikan dengan Mazda Astina ternyata selisihnya sekitaran 5 jutaan. Namun ada baiknya bila menambahkan 10 juta dari uang belanja sedulur sebab bisa digunakan untuk repair mesin. Maklum, wis tuwo akeh sing rewel. Sukur kalo sisa bisa buat meremajakan part kaki-kaki juga.

flc03

Pengen nanya-nanya lanjut bisa di FLOCK [Ford Laser Community] atau Motuba aja [sukur sekalian gabung 😛 ]

So …….SEMOGA KEPINGIN [eh ini minjem katanya siapa ya? 😀 ]

Nyetir Sehat Pasti Pintar………… salam gendjoooooooooossss………!!!!!!!!!!!!

source from : majalah M&M 1991, brigade15.wp.com, bonsaibiker.com, temen2 FLOCK

Advertisements

21 thoughts on “Ford Laser Champ, Astina USDM version. Polos tapi beringassss…..

  1. ane pernah liat Ford Laser Champ yang di modifikasi, bodinya di kasih body kit, buritanya di kasih spoiler kaki2 mulai dari ban dan pelek di buat kecil dan ceper dan selulur badan mobil kena sentuhan airbrush,tapi ane belum pernah liat Ford Laser Champ yang bener2 ori,rata2 peleknya udah di ganti.

    • bener… takdirnya sama dengan astina. dulu mobil pesaingnya dengan kapasitas mesin yang sama cuma dapat 110 hp. 😛

  2. Pingback: Djeng Tina GT 1.8 DOHC , penghuni baru warung DOHC | Azizyhoree's Blog

  3. Image ford laser sebagai mobil taksi kadang bikin orang remehin ini mobil.. jadi inget dulu ada yg pernah remehin ni mobil lantaran gk percaya bisa lari 240kmh mesin std pnp doang.. mentang mentang doi pake eropa eropaan :v

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s